Relaunching MHDC Clinic Kalibata City Perkenalkan Medikids Agar Anak-anak Mencintai Kesehatan Gigi



"Ibu Diah Woro Susanti..."

"Iyaaa..." Bergegas saya beringsut memasuki ruangan. 

Nuansa ruangan yang dicat putih gading dan senyum hangat dokter gigi Irvan menyambut saya. Barisan giginya yang rapi dan terawat seketika membuat diri saya kotor sekotor-kotornya. Lidah saya, ibarat wiper, kemudian bergerak menyapu permukaan gigi. Ke kanan lalu ke kiri. Sedikit menyesal kenapa tadi ga gosok gigi dulu di toilet sebelum bertemu dokter hahahah...

"Waah, tambalan giginya yang ini sudah lepas, bu. Ini tinggal sisa makanan yang ibu kira tambalan," Dibantu asistennya yang sigap, dokter Ivan membersihkan gigi gerahan atas saya yang sudah tinggal sebelah. 

"Jangan ditunda lagi ya, bu. Ini harus diselamatkan segera. Harus dibuatkan crown atau dicabut sekalian. Kalau ngga, bisa-bisa nanti infeksi giginya." 


______

Bicara soal waktu, pergi ke dokter gigi sama seperti pergi ke salon buat saya. Ga bisa sebentar prosesnya. Antriannya panjang, pelayanannya lama, dan ga mungkin dalam sekali kunjungan masalah selesai seperti kalau ke pegadaian. Saya yang tipe sag-seg mana bisa anteng nunggu lama? 

Anak-anak juga sama. Kesibukan setiap hari di sekolahnya jelas ga memungkinkan mereka bolos sehari untuk ke dokter gigi. Bisanya ya malam hari atau wiken. Masalahnya, mana ada dokter gigi yang bukanya wiken? 




Pertanyaan saya terjawab waktu diajak main-main ke Kalibata City Square. Di lantai Ground C -05 ada sebuah klinik kesehatan yang menawarkan one stop service. Ada poliklinik dokter umum, poliklinik kecantikan dan akupuntur, juga poliklinik gigi spesialis. Asyikk nih, jam bukanya jelas mengikuti jam buka mal. Dari pagi sampai malam, dari Senin sampai Minggu. Yeaaayyy!



Wajah Baru MHDC
Dan rupanya saya memang kudet. Sebenarnya MHDC termasuk klinik yang sudah ada sejak tahun 2011 di Kalibata City. Beruntung saya dan teman-teman Blogger diajak menghadiri relaunching MHDC pada 19 Oktober 2019 silam sekaligus mengenalkan Medikids. Medikids adalah layanan poliklinik kesehatan gigi spesialis gigi anak. Waah, selamat, jadi nambah satu lagi nih fasilitas layanan di MHDC. 




Namanya relaunching, begitu memasuki pintu kaca MHDC atau Mulia Health and Dental Care, mata saya langsung terkagum-kagum. Ruang tunggu yang diletakkan berhadapan dengan meja Customer Service dan Kassir ambiencenya memberi kesan kehangatan dan keceriaan. Tembok ruang tunggu diberi hiasan walpapper bata ekspose. Rak tinggi dari kayu bercat hitam dan sofa empuk di sudut dengan bantal-bantalnya seketika membuat mood saya membaik. Sepintas saya cek dari youtube, memang beda banget design interior dulu dan sekarang. Kali ini tema ruangannya mengambil konsep London industrial. 

Di sini ada tiga ruang periksa setelah melewati lorong yang colorful merah. Ruang untuk dewasa dibedakan dengan nuansa ceria mencolok untuk ruang periksa anak-anak. Nuansa afrika, katanya. Warna hijau segar
mendominasi. Ada jerapah, ada gajah, ada singa. Lucu deh. 






Playstival 
Kebetulan sebagian teman-teman mengajak anaknya, jadi bisa sekalian memeriksakan gigi. Tentu ini adalah pengalaman berkesan buat teman-teman yang kesulitan mengajarkan anaknya untuk menjaga kesehatan gigi. Salut buat Medikids yang punya solusi menarik. Anak-anak akan mendapatkan layanan berkesan yang ga akan dilupakan. Anak-anak ga akan takut deh karena ruang perawatannya ga serem. Bahkan ada mainan-mainannya. Raport lucu perihal kesehatan giginya juga akan diterima selesai diperiksa dokter. Asikkkkk...  


Sehubungan dengan relaunchingnya, MHDC juga menggelar kegiatan playstival yang berlangsung di lobby utama Kalibata City Square. Ini berisikan spot mewarnai anak-anak, talkshow perawatan kesehatan gigi bersama dokter MDHC Clinic Kalibata City, sesi sharing pengalaman merawat gigi anak bersama Risty Tagor dan kuis yang hadiahya bikin kemecer. Siapa yang ga pengen dapat hadiah paket perawatan gigi di MHDC hihihih... 

Perawatan Kesehatan Gigi
Mulut adalah gerbang masuknya makanan dan minuman ke dalam tubuh sebelum dicerna. Itu sebabnya mulut menjadi habitat yang disukai bakteri. Makanya kita harus memperhatikan makanan yang dikonsumsi serta telaten menjaga kebersihan gigi dan mulut. 

Namanya bakteri, dia akan membentuk plak di gigi. Plak ini mulai menggerogoti gigi dan dapat menimbulkan infeksi. Kalau sudah infeksi, orang jadi susah konsentrasi, nyut-nyutan dan malas makan. Kasihan kalau ini terjadi pada anak-anak. Bisa-bisa sekolahnya jadi terganggu akibat sakit gigi. 

Nah, untuk itu sejak dini kebiasaan merawat kesehatan gigi sudah harus ditanamkan sejak dini. Ayo sejak kapan, tanya dokter Irvan? Sejak tumbuh gigi atau sejak bayi? Yup, sebenarnya sejak bayi kita sudah bisa mengenalkan pembiasaan merawat gigi meskipun giginya belum nongol. Gusinya bisa diseka lembut dengan kain kassa setiap selesai menyusui. Lidahnya juga digosok lembut. 

Semakin besar, ketika sudah terbiasa menggosok gigi, biasakan untuk menggosok gigi sehari dua atau tiga kali, tepatnya setelah makan. Dan pastikan sebelum tidur gigi sudah bersih dan ga ada makanan yang menempel. 



Kita juga dihimbau untuk rutin mengunjungi beliau, eh maksudnya berkunjung ke dokter gigi. Setiap enam bulan sekali. Hal ini sekedar untuk perlindungan aja. Kalau-kalau ada bolong, bisa segera diatasi sejak dini. Ga perlu sampai harus dicabut. Kan sayang, organ tubuh ini ga ada gantinya lagi, lho hehehe...

Oh iya rupanya sikat gigi juga punya pengaruh terhadap kesehatan gigi dan mulut. Please sikat gigi kalau sudah mekar kaya bunga mawar segera diganti ya bu-ibu. Setidaknya tiga bulan sekali kita harus ganti sikat gigi baru. Pilih yang lembut bulu sikatnya agar email gigi tak mudah tergerus. 

Dan jangan lupa, makanan dan minuman manis itu bahaya buat kesehatan gigi. Jadi, hindari yang manis-manis juga minuman bersoda dan asam. Karena apa, minuman jenis ini sifatnya korosi. Sehingga gigi jadi mudah rapuh kalau keseringan. Air putih tetap terbaik sarannya. 

8 Kelebihan MHDC
Bicara soal sakit gigi, jangankan anak-anak, hati saya juga sering ciut membayangkan suara bor mulut yang ngiung-ngiung kalau pergi ke dokter gigi. Dan kadang mendapat pelayanan yang seadanya bikin saya makin senewen. Tapi setelah merasakan langsung pelayanan di MHDC berikut kesan saya : 

1. Spesialis gigi dan mulut
Ada 6 bidang spesialisasi dokter gigi yang dapat membantu mengatasi masalah gigi dan mulut, yakni : 

- Spesialis Periodonti atau perawatan gusi dan jaringan penunjang gigi  meliputi pembersihkan karang gigi, perawatan penyakit gusi (kuretase dan bedah flap), juga perawatan gigi goyang (splinting) 




- Spesialis Konservasi atau penambalan, perawatan syaraf meliputi penambalan sewarna gigi direk, pembuatan inlay/onlay/crown, pembuatan veneer, perawatan syaraf gigi. 

- Spesialis bedah mulut meliputi pencabutan gigi, operasi gigi geraham bungsu dan bedah endodontik. 

- Spesialis prostodonti meliputi pembuatan gigi tiruan lepasan, pembuatan gigi tiruan cekat, implant gigi dan night guard. 

- spesialis orthodonti (kawat gigi) meliputi orthodonti lepasan, orthodonti metal, orthodonti sewarna gigi dan orthodonti diamond. 

- Spesialis pedodonti (perawatan gigi anak) meliputi pengecekan dan pembersihan gigi berkala, edukasi cara menyikat gigi dan menjaga kesehatan rongga mulut, termasuk pola diet, aplikasi fluoride, penambalan, perawatan syaraf gigi, pencabutan dan orthodonti untuk pencegahan. 

2. Namanya juga spesialis, dokter gigi MHDC merupakan lulusan dari universitas terbaik di Indonesia dan terus meningkatkan ilmu dan skillnya dalam spesialisasi yang digelutinya. 

3. Peralatan medis yang modern dan lengkap dalam memberikan perawatan yang lebih nyaman dan hasil yang maksimal. 

4. MHDC hanya memberikan bahan-bahan berstandar internasional untuk perawatan gigi sehingga kualitas perawatan dijamin lebih optimal dan tahan lama

5. Mengutamakan keselamatan pasien dengan menghadirkan sistem sterilisasi yang baik, serta penggunaan alat disposable (satu kali pakai) yang mampu mencegah infeksi silang antar pasien. 




6. Memiliki peralatan penunjang seperti rontgen gigi sehingga waktu lebih efisien 

7. Suasana yang nyaman dan penuh keramahan yang ditawarkan dapat membuat pasien lebih nyaman dan rileks saat menjalani perawatan. 

8. Asiknya, MHDC juga telah bekerjasama dengan asuransi swasta sehingga ini memungkinkan kita untuk membayar dengan cashless. 




Benar-benar one stop service. Di MHDC Kalibata City Square kita bisa hangout di mal saat wiken sekaligus periksa kesehatan gigi keluarga. Layanannya berkualitas, servicenya ramah dan harganya hmmm, terjangkau koq. Yuk agendakan waktu kita untuk memeriksakan kesehatan gigi di MHDC. Jangan ngaku sayang kalau ga mau merawat #eh maksudnya apa nih hahahah...

Komentar

  1. Kalo bentuk klinik kayak gini, anak2 suka dan ngga bakal ogah2an periksa gigi dong ya

    Fasilitasnya ciamik, dan asik bgt udah kerjasama dgn asuransi

    BalasHapus
  2. Keren nih MHDC.. kalo anak2 udah suka sama tempatnya dan layanannya.. jadi gampang nih ajak anak2 perawatan gigi di klinik ya...

    BalasHapus
  3. Keren. Sekali klinik giginya. Deaain dan detail interiornya, fasilitasnya, alat alatnya dan juga hospitality nya. Cakep banget

    BalasHapus
  4. Fasilitasnya lengkap juga ya, jangankan anak-anak sayapun tertarik untuk perawatan disini.

    BalasHapus
  5. Kliniknya bagus, pelayanannya juga istimewa.
    Kalau mau bikin janji bisa by phone donk yaa..

    BalasHapus
  6. Aku paling takut ke dokter gigi nih, kayaknya mindset yang dibangun berdarah-darah mulutnya kalau abis dari dokter gigi. Jadi pengin coba ke sini utk cek kesehatan gigi dan mulut.

    BalasHapus
  7. Iya mba akutuh paling horor klo masalah Gigi ngeri Aja bawaanya makanya mesti bngt Jaga kesehatan Gigi dn mulut karena merupakan gerbang ya

    BalasHapus
  8. Lengkap ya, untuk segala macam perawatan/kesehatan gigi.

    Gak nyangka detailnya bisa sebanyak itu.

    BalasHapus

Posting Komentar