Lesson.id, Nikmati Pengalaman Belajar Layaknya Diajar Tutor Pribadi



Hari gini apa sih yang ngga digital. Mulai dari shopping, bayar listrik, nonton film sampai baca artikel paling asik dilakukan melalui online. Maka berbahagialah anak-anak jaman now. Dari bayi aja sudah kelihatan pintarnya swipe layar handphone mamanya, ye ga?

Jujur, sebagai orang tua, saya agak worried kalau anak-anak terpapar gadget terus-menerus. Kalau saya perhatikan Mas Tsaka hobinya main permainan yang mengasah kecepatan di game online. Kalau Dega lain lagi. Dia hobinya main permainan yang mengasah otak seperti main Sodoku. 

Namun banyak yang bilang anak hobi main game, sih, no what-what. Yang penting jangan sampai ketagihan. Makanya saya agak lega karena anak-anak masih bisa mengatur waktunya. Kapan waktunya untuk main, kapan waktunya untuk belajar. 

Pun, secara pribadi saya dan ayahnya anak-anak tak luput untuk mengarahkan mereka menggali potensi lain sesuai bakat dan minatnya. Makanya kalau mas Tsaka aktif di basket sedangkan Dega aktif di kegiatan yang diadakan sekolah seperti lomba OSN (Olimpiade Science Nasional) yo monggo. 





Untuk menunjang kegiatan belajar anak-anak dengan cara menyenangkan, syukur alhamdulillah saya mendapat pencerahan saat berkunjung menghadiri ulang tahun ke 29 Penerbit Grasindo di kantor Kompas Gramedia Palmerah, Jakarta Barat. Waah, dekat banget sama rumah ibu saya, nih. Bisa deh sekalian mampir hehehee... 

Grasindo atau Gramedia Widiasarana Indonesia merupakan pecahan divisi Gramedia Pustaka Utama yang didirikan pada tahun 1970. Awalnya Grasindo mengkhususkan diri di bidang edukasi dengan penerbitan buku-buku sekolah dan referensi pendidikan, juga buku-buku seperti seri buku cerita rakyat. Tapi kini, seiring berjalannya waktu, selain buku-buku tersebut, variannya kini makin meluas. Buku fiksi dan non fiksi baik lokal maupun terjemahan juga ada. Ssttt info aja, kalau kamu punya naskah kenapa ga dicoba aja dikirimkan ke Grasindo, siapa tau jodoh. 




Btw, saya sendiri sering membeli buku-buku pengayaan pelajaran yang diterbitkan Grasindo untuk anak-anak sejak mereka masih SD sampai SMA. Terlebih saat beberapa bulan ketika mba Nala mau ujian SMA, mas Tsaka ujian SMP dan Dega ujian SD. Saya ajak mereka ke toko buku Gramedia membeli buku-buku pendalaman materi, bank soal dan bidik UN pakai sodexo yang saya kumpulkan hasil ngeblog. Alhamdulillah, tak ada kerja yang sia-sia. Anak-anak diterima di sekolah favorit sesuai pilihan mereka padahal mereka ga ikut les ini itu. Mba Nala statusnya kini jadi maba Universitas Brawijaya fakultas teknik elektro melalui jalur SBMPTN. Kedua adiknya bisa masuk SMP dan SMK melalui jalur prestasi. 







Balik lagi ke Grasindo. Penerbit buku besar ini kalau kita perhatikan berfokus di bidang pendidikan. Seiring perkembangan jaman inovasi terus diluncurkan agar generasi muda Indonesia memiliki wawasan tinggi melalui produk-produk yang dikeluarkannya. Mungkin teman-teman ada yang pernah mendonload tablet pendidikan yang namanya "GramediaBooks"? Nah itu adalah salah satu inovasinya. Di ulang tahunnya sekarang kembali Grasindo berinovasi dengan mengenalkan "lesson.id". Apa itu? 

Dalam seremoni ulang tahun Grasindo ke-29 yang berlangsung sederhana, terlihat hadir Suwandi S. Brata - Publishing and Education Director PT Gramedia Asri Media dan R. Soehartono - General Manager Publishing Grasindo. 




Lesson.id merupakan tutorial belajar di rumah untuk peserta didik yang diadopsi dari Snap Ask dari Hongkong. Kalau dari penjelasan staf lesson.id yang saya temui, ini sebenarnya mirip dengan buku bank soal versi online. Jadi isinya tidak ada pembahasan materi, hanya soal-soal saja. Kalau tidak paham bagaimana menyelesaikan soal, pengguna lesson.id dapat berkonsultasi dengan kakak tutor di chatt room dan akan diajarkan sampai bisa. 

Pelajaran yang dihadirkan dalam aplikasi lesson.id cukup beragam tapi termasuk pelajaran sulit, mulai dari Matematika, Biologi, Fisika dan Kimia. Makanya saya tercerahkan banget dengan kehadiran lesson.id di Indonesia. Anak-anak saya bisa mendapatkan pengayaan materi melalui buku-buku fisik dan kumpulan soal yang ada di lesson.id. Kalau saya tidak bisa membantu, kan ada tutor pengajarnya. Asiikkkkk, jadi berasa diajarin tutor pribadi. 😍




Komentar