Tak Perlu Risi Kala Menstruasi, Kan Ada Betadine Feminine Hygiene



Teman-teman, kalau bicara soal menstruasi ada yang masih ingatkah kala pertama kedatangan tamu bulanan ini? Saya sendiri masih ingat banget. Kala itu saya masih duduk di bangku SMP kelas satu (sekarang kelas 7). Beruntung saya mempunyai tiga kakak perempuan yang umurnya berjarak selang dua tahunan. Makanya saya tak kikuk lagi ketika akhirnya si merah ini datang.

Namun lain lagi dengan Rini teman saya. Waktu itu saya sampai ketawa ngakak ketika Rini menceritakan gimana kelirunya dia saat pakai pembalut. Bagian perekat bukannya ditempelkan di celana tapi justru diletakkan ke arah atas. Taukah apa yang selanjutnya terjadi? Dia kesakitan ketika waktunya ganti pembalut karena rambut kemaluannya menempel di perekat 😂

Waktu terus berlalu. Ga terasa anak perempuan saya, Nala, kini sudah SMA. Masih segar dalam ingatan kala putri saya ini pertama kala kedatangan menstruasi. Waktu itu dia baru kelas enam SD. Setahun lebih cepat dari tamu saya. Namun itu adalah hal wajar. Anak jaman now memang pubertasnya lebih cepat, koq. Sudah bukan hal yang aneh kalau di usia 9 tahunan sudah ada yang mengalaminya.

Remaja sekarang juga jauh lebih kritis dibandingkan jaman old. Pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan kerap bikin orang tua terkejut. Begitupun Nala. Namun kalau pertanyaannya seperti begini misalnya, "kalau lagi menstruasi katanya kalau ML sama pacar ga bisa hamil. Bener ga sih, dok?"

Ngookkk...Saya bakal kejang-kejang deh... 😱


Ada Rasa Tabu Membahas Menstruasi
Pertanyaan kritis dari pelajar SMA yang cukup bikin saya meringis ini sungguh nyata teman-teman. Saya menyadari, sampai saat ini masih banyak yang belum memahami informasi mengenai menstruasi dengan benar. Terlebih masih beredar mitos di masyarakat mengenai menstruasi sehingga rasanya tabu membicarakannya dengan lugas.

Saya sendiri pernah mendengar mitos-mitor seperti soal larangan makan daging saat menstruasi, larangan berenang saat menstruasi, atau larangan keramas saat menstruasi. Padahal itu salah besar. Makan daging justru baik untuk kesehatan karena saat menstruasi tubuh kita lagi butuh-butuhnya zat besi yang berasal dari daging yang dimakan, kan? Berenang saat menstruasi juga ga dilarang. tapi yang ditakutkan biasanya saat menstruasi kontraksi otot-otot perut dapat menyebabkan kram. Kram otot itulah yang dikuatirkan dapat membahayakan keselamatan kita. Begitupun keramas. Mosok menjaga kebersihan diri aja ga mau. Hayo kalau ga mau mandi dan keramas bukan hanya bau tapi kuman dan bakteri jadi seneng nempel lho 😌

Terkait dengan mitos dan adanya rasa tabu membahas menstruasi di kalangan masyarakat peringatan Hari Menstruasi 2019 menjadi sebuah momentum untuk mengedukasi perempuan mengenai menstruasi hygiene management. Tak dapat dimungkiri masih banyak perempuan yang belum mendapat informasi yang cukup mengenai menstruasi mengingat remaja putri yang tidak sekolah pun masih banyak. Padahal manajemen kebersihan menstruasi juga punya kontribusi pada kesejahteraan ekonomi juga pada pendidikan kesehatan anak-anaknya di masa mendatang.

Ga kepikir kan?



Sebab itu dalam kampanye #KarenaKitaPerempuan #SalingMenjaga yang dihelat di Beka Resto, Balai Kartini, Jakarta pada 30 April 2019 silam ajakan untuk para Blogger dan Influencer yang hadir dimaksudkan untuk meningkatkan kesadaran akan kebersihan dan kesehatan area kewanitaan.

Ya memang, alangkah baiknya sedari dini setiap perempuan sudah diajarkan pengetahuan mendasar untuk menjaga kebersihan dirinya sendiri. Dan diperlukan sinergi semua pihak baik dari si perempuan itu sendiri, pemerintah, swasta dan organisasi seperti yang telah dijalankan Kemenkes RI dan PT. Mundipharma Healthcare Indonesia.

Kemenkes RI selama ini tak henti mensosialisasikan pentingnya program edukasi di tengah masyarakat melalui UKS dan GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat). Kemenkes RI juga terus mensosialisasikan ajakan agar perempuan aktif bertanya pada tenaga kesehatan terdekat terlebih bila ditemukan gejala menstruasi yang tidak biasanya.



Dalam pemaparannya drg. Wara Pertiwi O, MA - Kasubdit Kesehatan Usia Sekolah dan Remaja, Dit Kesga - Kemenkes RI mengatakan,"kami sangat mengapresiasi dukungan PT. Mundipharma Healthcare Indonesia sejak tahun 2017 lalu. Edukasi yang sudah berhasil kami laksanakan adalah kunjungan ke sekolah-sekolah lanjutan atas dan peluncuran buku saku 'Sehat dan Bersih Saat Menstruasi' yang telah didistribusikan ke lebih dari 1000 sekolah dan para ibu."

Sisi-sisi Menstruasi
Menstruasi merupakan proses biologis yang normal dialami setiap perempuan. Ditandai dengan keluarnya darah dari dalam rahim, luruhnya lapisan dinding bagian dalam yang banyak mengandung pembuluh darah dan sel telur yang tidak dibuahi akan berlangsung selama 3 - 5 hari dengan siklus normalnya setiap 28 hari sekali.

Dipaparkan dr. Merry Sulastri - Educator & Trainer Mundipharma, "menjaga kebersihan area kewanitaan saat menstruasi merupakan hal yang penting dilakukan."



Alasannya jelas, saat menstruasi resiko infeksi semakin meningkat akibat pH area kewanitaan yang berubah. Normalnya pH area kewanitaan adalah 3,5 - 4,5 dan dapat meningkat hingga 7,4. Kondisi tersebut alih-alih menurunkan jumlah bakteri baik tapi malah meningkatkan jumlah bakteri jahat. Dengan begitu bakteri baik tak mampu lagi melindungi dari serangan bakteri jahat yang mungkin masuk ke dalam vagina.

Selain faktor meningkatnya pH, pada saat menstruasi kondisi lembab di area kewanitaan membuat kehadiran kuman baik bakteri ataupun jamur pun semakin berkembang. Kondisi tersebut semakin diperparah lagi dengan kebiasaan  jarang mengganti pembalut atau pakaian dalam.

INFO : Jarang mengganti pembalut bisa menyebabkan gatal-gatal dan iritasi pada alat reproduksi saat menstruasi dan meningkatkan resiko terkena infeksi saluran kencing atau infeksi saluran reproduksi. 

Tips Menjaga Kebersihan Area Kewanitaan 
Rumus sederhana yang perlu diperhatikan dalam menjaga kebersihan area kewanitaan mudah saja dilakukan. Sebaiknya setiap perempuan sudah diberikan pengetahuan ini sejak sebelum menstruasi untuk pertama kalinya. Nah, tugas kita sebagai ibulah yang pertama mengedukasi anak-anak kita.

Bagi yang belum mengalami menstruasi sebaiknya  :

1. Cebok atau membersihkan organ intim dari arah depan ke belakang supaya kumannya tak loncat berpindah dan masuk ke dalam vagina.

2. Setiap habis dari toilet biasakan untuk selalu mengeringkan permukaan area kewanitaan karena kuman menyukai kelembaban.

3. Cuci tangan sebelum dan sesudah memegang area kewanitaan.


Sedangkan bagi yang sudah mengalami menstruasi sebaiknya dibiasakan untuk :

1. Ganti pembalut setiap 4 - 6 jam sekali.

2. Rajin mengganti pakaian dalam setiap terasa lembab. Untuk praktisnya orang kerap mengganti pembalut sekaligus mengganti pakaian dalamnya.

3. Untuk mengurangi kelembaban yang mungkin disebabkan bahannya disarankan untuk memilih pakaian dalam berbahan katun yang dapat menyerap keringat.

4. Jangan tukar pakai pakaian dalam dengan orang lain.

5. Setiap beli pakaian sebaiknya sih dicuci dulu sebelum dipakai.

6. Tidak dianjurkan menaburkan bedak atau minyak kayu putih  di sekitar area kewanitaan

7. Bagi yang aktif secara sexual juga dihimbau untuk menggunakan alat kontrasepsi yang cocok dan aman.

Betadine Feminine Hygiene
Yang perlu kita pahami, rajin membersihkan area kewanitaan jangan cuma dilakukan pas menstruasi aja. Sehari-harinya pun area kewanitaan juga harus mendapat perhatian khusus. Kalau perlu gunakan sabun pembersih area kewanitaan khusus.




Betadine diproduksi PT. Mundipharma Healtchare. Menyediakan rangkaian produk pembersih area kewanitaan yang terlengkap di dunia. Mulai dari pembersih kewanitaan sehari-hari yang mengandung prebiotik, pembersih kewanitaan yang mengandung daun sirih dan prebiotik, pembersih kewanitaan khusus untuk menstruasi dan untuk mengatasi infeksi area kewanitaan yang dilengkapi dengan aplikator.

Salah satu solusi yang terbukti secara medis dalam menjaga kebersihan kewanitaan saat resiko infeksi meningkat termasuk selama periode menstruasi adalah Betadine Feminine Hygiene. Kegunaannya untuk membunuh bakteri di area kewanitaan. Bedanya dengan sabun pembersih lain karena Betadine Feminine Hygiene tak mengandung sabun yang dapat merusak flora alami kewanitaan. Kandungan pH di dalamnya balance sama dengan pH normal area kewanitaan kita.

Keunggulan lain Betadine Feminine Hygiene adalah komposisinya yang mengandung povidone - iodine 10% yang terbukti mampu membunuh kuman (bakteri, jamur, virus) penyebab keputihan, gatal, iritasi dan bau tak sedap yang dapat mengganggu kenyamanan beraktivitas.


Salah satu ancaman pada area kewanitaan yang perlu diwaspadai adalah kanker serviks. Kanker yang menyerang serviks atau leher rahim perempuan Indonesia masih menempati peringkat terbesar sebagai pembunuh selain kanker payudara. Nah, salah satu gejalanya adalah gangguan pada siklus menstruasi tanpa diketahui penyebabnya. Untuk itu, tak ada salahnya bila pengetahuan perempuan mengenai ancaman penyakit ini dan pemahaman akan siklus menstruasi perlu ditingkatkan agar lebih waspada dalam menjaga area kewanitaan.

Menutup sesi talkhsow Adi Prabowo - Head of Brand Strategy & Category Development Mundipharma Indonesia mengatakan, "sejatinya masa menstruasi tak boleh menjadi halangan bagi perempuan untuk tetap melakukan aktivitas rutinnya. Kami berharap melalui kampanye ini penyebarluasan informasi melalui media sosial dan buku saku "Sehat Bersih Saat Menstruasi" dapat menjadi panduan di tengah masyarakat."










Komentar

  1. Edukasi dari Kemenkes sangat bermanfaat dan aku siap berbagi dengan anakku yang sebentar lagi beranjak remaja

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener ndri, edukasi sejak dini itu penting ya supaya kebersihan dirinya terutama bagian kewanitaan ga terabaikan

      Hapus
  2. Talk show menarik bangeg ya, kalau punya anak cewek harus saya bagi ilmunya neh. Hal kecil dan pentind dr cara membasuh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, cuci tangan misalnya ya mba ga cuma mau makan dan abis makan tapi ke toilet juga harus

      Hapus
  3. Hwoo, tips2nya okey dokey mantab banget mba
    Secaraaa, aku kalo mens, juga suka ribet gitu dgn urusan "bawah"
    Makasiii!
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama2 mba, semoga banyak yg teredukasi ya karena kita rentan penyakit nih kalau ga bersih huhu

      Hapus
  4. Wah,, boleh nih info yang bermanfaat banget buat istri, nanti dikasih tau ah :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga berguna ya, karena prempuan rentan penyakit di area kewanitaan yg amit2 deh kalau sampe kena serviks huhu

      Hapus
  5. cung tangan
    cung tangan
    aku dah pernah beli ini mbak
    bagus memang, aku suka meski tak sewangi produk sebelah sih

    BalasHapus
  6. Iya emang akupun masih menuruti mitos-mitos seperti soal larangan makan daging saat menstruasi, larangan berenang saat menstruasi, atau larangan keramas saat menstruasi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. padahal kalau pake logika rupanya emang ga berkaitan ya mama rara hehe

      Hapus
  7. Kemenkes makin jeli ya untuk kesehatan kaum wanita , tetep cuci tangan yg paling ampuh . Terimakasih sharing tips ny

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul, edukasinya bermanfaat banget ya nov, dan bener ya cuci tangan itu perlu banget. ga cuma mau makan dan abis makan tapi setiap ke toilet juga penting

      Hapus
  8. Ingat SMP dapat haid pertama risih banget rasanya nggak enak dan nggak nyaman terus nangis hahaha. Tapi ibu ingatin inilah saatnya jaga diri jaga kebersihan. Asyiknya ada produk ini ya pun belum pernah coba.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba, ngeganjel ya pake pembalut. trus jalannya jadi ga bisa lompat2 takut jatuh haha...

      coba mba, betadine ini pH nya sama dengan area kewanitaan kita jadi aman deh utk mencegah bakteri jahat makin berkembang

      Hapus
  9. Au suka banget pakai betadine mak, aku suka pakai yang foam di rumah, busanya lembut dan wangi.
    Tapi aku baru tau produknya yang kemasan bening itu, baru ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betadine variannya ada yang baru lagi pril, tissue basah. penting nih buat dibawa buat travelling kan kita ga bisa jamin air toilet umum gimana higinitasnya ye ga

      Hapus
  10. Penting banget nih buat jaga kebersihan area kewanitaan karena itu adalah aset hingga tua hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahah iya bener selain aset hingga tua yang pasti kita meminimalisasi resiko penyakit aja mulai dari yg ringan sampe kanker serviks mba.

      Hapus
  11. Talkshow yang bermanfaat banget bagus nih dianjurkan kebersihan harus cuci dulu pakaian yang beli baru dipake yah

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bener, pakaian yang baru dibeli juga harus dicuci dulu sebelum dipake, dan ga dianjurkan utk pinjem pakaian dalam orang hihihi

      Hapus
  12. Kesehatan area kewanitaan itu memang harus benar-benar diperhatikan ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul mba, ga kebayang kan kalau kita kena penyakit di area kewanitaan. Aku beberapa bulan lalu berobat ke dokter kulit dan kelamin karena ada jamur di area kewanitaaan. itu biayanya lebih dari lima ratus ribu huhuhu

      Hapus
  13. wah boleh juga rekomendasi produknya ini. Kadang2 suka kurang nyaman sih

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya apalagi kalau lagi bepergian mba, kan kita suka ga nyaman kalau di toilet umum yg kebersihannya ya gitu deh..

      Hapus
  14. Iya banget, dulu nyebut mens aja rasanya maluuu banget. Kalo mau beli pembalut, trus yang jaga tokonya laki-laki aku muter balik, ga jadi beli. Hahaha

    BalasHapus
  15. Berenang saat mens inii...
    Mungkin nyaman untuk kita yaa..tapi emm, gimana darah yang ikut terlarut di air?

    Huhuu..

    Oiaa..
    Kalau pakai cup gitu..aman gak, kak?

    Area kewanitaan ini membutuhkan produk yang pas. Betadine salah satu produk yang memahami wanita.

    BalasHapus
    Balasan
    1. setau aku, sebagian besar air kolam renang sudah dicampur dengan pembersih, klorin namanya kalo ga salah. itu bikin airnya keliatan bersih pdhl mah kotor. darah juga langsung ilang mba kalo pas keluar di dalam kolam renang.

      kalo cup aku ga tau deh. tapi teman aku ada yg pake katanya ngeganjel trus ada yg bocor juga karena ukurannya ga pas.

      Hapus
  16. Setuju kak, menstruasi harusnya bukan halangan dikala kita harus bekerja. Karena beraktifitas. Tapi aku baru tau kalau ada betadine yang variant tutup bening.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya Betadine terus berinovasi meluncurkan variannya yang disesuaikan dengan aktivitas dan kebutuhan kita mba

      Hapus

Posting Komentar