Rabu, 27 Maret 2019

Dukung Masa Depan 33 Juta Anak Bareng SGM Explor Melalui Aksi Nutrisi Generasi Maju



Teman-teman, kalau bicara soal aksi, apa sih yang muncul di kepala? Jangan bilang aksi tuh unjuk rasa yang dilakukan sekelompok orang sambil meneriakkan tuntutan di titik-titik konsentrasi massa, ya? Karena aksi yang saya bahas kali ini lain, teman-teman. Aksi yang saya ulas kali ini berkaitan dengan masa depan anak bangsa. Sebab itu, yuk ah dukung masa depan 33 juta anak bareng SGM Eksplor melalui aksi nutrisi generasi maju. 

Dalam peluncuran gerakan sosial AKSI NUTRISI GENERASI MAJU pada 20 Maret 2019 silam SGM Explor mengajak seluruh masyarakat Indonesia memberikan dukungan bagi 33 juta anak Indonesia. Dukungan yang dimaksud agar anak-anak Indonesia dapat tumbuh menjadi generasi maju dan mampu bersaing di sengitnya era revolusi industri 4.0 yang sudah ada di depan mata.

Tentu kita tau, untuk mewujudkan bangsa kita menjadi bangsa yang maju tidaklah mudah. Sumber daya manusia yang unggul adalah kunci yang membentuk negara kita agar mampu bersaing dengan negara lain. Nah, untuk mempersiapkan terciptanya generasi maju, unggul dan berkualitas di masa depan maka asupan penuh gizi dan bernutrisi menjadi hal yang tak bisa ditawar lagi. Untuk itu, dukungan penuh dan komitmen kuat dari seluruh lapisan masyarakat untuk bersama-sama mempersiapkan sejak dini bibit-bibit unggul di masa depan menjadi sebuah harapan yang menggembirakan.

Gerakan Sosial - Aksi Nutrisi Generasi Maju 
Bertempat di Hermitage Hotel, Cikini, Jakarta dalam peluncuran gerakan sosial Aksi Nutrisi Generasi Maju hadir sebagai pembicara :

1. Meida Octarina, MCN selaku Asisten Deputi Ketahanan Gizi, Kesehatan Ibu dan Anak, dan Kesehatan Lingkungan Kemenko PMK.

2. Astrid Prasetyo, Marketing Manager SGM Eksplor.

3. dr. Nurul Ratna Mutu Manikam, M.Gizi, SpGK selaku Dokter Gizi Klinis

4. Daisy Indira Yasmine, S.Sos., M.Soc., Sci. selaku Sosiolog dari Universitas Indonesia

5. Alyssa Soebandono, seorang aktris dan ibu dari dua anak.


Sebagai seorang ibu, aktris yang akrab dipanggil Icha memiliki harapan sebagaimana para ibu lainnya yang menginginkan anak-anaknya tumbuh sehat, cerdas, dan kreatif. Istri dari Dude Harlino ini sangat menyadari pentingnya asupan nutrisi yang baik dimulai sejak awal kehamilan. Karena tumbuh kembang otak anak (berkaitan dengan kecerdasan dan respon motorik) dimulai sejak dalam kandungan. "Nah, tugas kita sekarang adalah memastikan agar anak-anak Indonesia bisa tumbuh menjadi generasi maju yang dapat meneruskan pembangunan bangsa sehingga mereka nantinya bisa menikmati kehidupan yang lebih baik."

"Oleh karena itu, mari bersama-sama kita memperkuat pondasi utama utnuk mencapai kemajuan itu dengan memberikan akses nutrisi yang baik bagi anak-anak Indonesia. Kita bisa mulai ikut dengan menunjukkan aksi dukungan kita melalui gerakan Aksi Nutrisi Generasi Maju dari SGM Eksplor untuk mendorong anak-anak Indonesia tumbuh menjadi Anak Generasi Maju yang dapat membangun masa depan negara ini menjadi lebih kuat dan maju," ajak Alyssa.

Caranya bagaimana?



Mudah sekali. Kita hanya perlu meng-upload foto di media sosial Instagram dan Facebook menggunakan pledge (di Faebook menggunakan frama profile foto dan di Instagram menggunakan sticker gift) yang sudah tersedia templatenya. Satu aksi melalui foto yang diupload sama dengan satu dukungan nutrisi berupa 1 kotak susu SGM Explor untuk anak generasi maju. Periode kampanye ini berlangsung pada 1 Maret - 10 Juli 2019 yang berdekatan dengan Hari Anak Indonesia.

Dalam penjelasannya, Astrid Prasetyo, Marketing Manager SGM Eksplor mengatakan, "aksi nutrisi generasi maju memiliki misi yang besar. Dengan semangat kemajuan dan prestasi yang sudah banyak dicapai bangsa kita saat ini, kami ingin mengajak berbagai pihak bersama-sama mendukung 33 juta anak-anak Indonesia menjadi generasi maju."

Aspirasi kami adalah agar masyarakat menyadari bahwa ke depannya nanti anak-anaklah yang nantinya akan menguasai bidang ekonomi, teknologi dan berbagai sektor penting lainnya. Di tangan merekalah nanti yang menentukan masa depan Indonesia ke arah yang lebih baik. Tentunya untuk mencapai cita-cita tersebut dukungan dalam pemenuhan nutrisi menjadi faktor penting bagi kemajuan mereka di setiap tahap tumbuh kembangnya.

AKSI NUTRISI GENERASI MAJU mentargetkan 33.000 dukungan dari berbagai pihak yang akan diwujudkan dengan pemberian 33.000 kotak susu SGM Eksplor untuk anak-anak di atas usia satu tahun sebagai gerakan sosial yang nantinya didonasikan untuk anak-anak Indonesia di berbagai kota atau kabupaten di seluruh Indonesia. 


Untuk mendukung gerakan sosial AKSI NUTRISI GENERASI MAJU, SGM Eksplor juga menggelar kegiatan edukasi di 5 kota besar, yaitu Yogyakarta, Jakarta, Surabaya, Bandung dan Medan. "Melalui rangkaian kegiatan tersebut kami ingin terus memberikan edukasi tentang nutrisi yang lengkap dan stimulasi yang tepat serta mengajak masyarakat untuk bersama-sama mendukung 33 juta anak Indonesia agar dapat tumbuh optimal sehingga mendorong terciptanya generasi yang berkualitas dan progresif yang memotori kemajuan Indonesia di masa depan," ungkapnya lagi.


Pondasi Tumbuh Kembang Optimal Berawal Dari Kecukupan Nutrisi 
Anak adalah harta berharga bagi setiap keluarga. Orang tua manapun pasti ingin memberikan yang terbaik dan mempersiapkan bekal di masa depan untuk anak-anaknya.Tak hanya perhatian, soal kesehatan, lingkungan, pendidikan, asupan makanan dan pola asuh yang baik merupakan andalan optimal orang tua untuk memberi bekal anak-anaknya menapaki masa depan dengan lebih baik.




Dari data profil kesehatan Indonesia yang diterbitkan Pusat Data Informasi 2017 Kemenkes tercatat ada 33 juta anak usia dini yang mendominasi piramida penduduk Indonesia saat ini. Untuk itu, dukungan seluruh masyarakat diperlukan mengingat negara kita diprediksi akan menjadi negara maju di tahun 2045. BTW, prediksi ini bukan tanpa perhitungan lho teman-teman. Riset terbaru menunjukkan Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia diprediksi mencapai US$ 10 Trilyun pada 2030 dan berada di peringkat ke-4 sebagai negara dengan perekonomian terbesar di dunia. Wooowwww... 😍

Meida Octarina, MCN selaku Asisten Deputi Ketahanan Gizi, Kesehatan Ibu dan Anak, dan Kesehatan Lingkungan Kemenko PMK mengingatkan, "sebagai kelompok populasi yang besar, lebih dari 33 juta anak Indonesia nantinya yang akan menjadi penggerak roda kemajuan bangsa kita di masa depan. Dapat kita bayangkan, seperti apa majunya Indonesia jika setiap anak dari jumlah tersebut memberikan ide, inovasi dan karya sesuai kemampuan terbaik mereka?"

Menyadari hal itu, SGM Eksplor yang telah berpengalaman selama lebih dari 60 tahun melalui penyediaan produk bernutrisi dan edukasi berupaya mewujudkannya sebagai bentuk dukungan bagi kemajuan bangsa. Melalui gerakan sosial Aksi Nutrisi Generasi Maju SGM Esplor yang rasanya enak dan harganya terjangkau serta berstandar Internasional mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk mempersiapkan masa depan anak yang tentu tidaklah mudah dilalui. Tidak instant. Harus dipersiapkan sejak dini, bahkan sejak bayi masih dalam kandungan.

Sosiolog dari Universitas Indonesia Daisy Indira Yasmin, S.Sos., M.Soc., Scl pun menambahkan, dalam upaya menciptakan generasi maju pengembangan kualitas hidup seseorang dimulai sejak dini dan didukung lingkungan sekitar secara masif. Dukungan kolektif masyarakat untuk memberikan akses pemenuhan nutrisi bagi anak sejak dini dapat mendorong terciptanya generasi yang berkualitas dan ikut menentukan masa depan bangsa ini."

"Dengan adanya sinergi antara pemerintah, pihak swasta, akademisi dan masyarakat akan membentuk support system bagi lebih 33 juta anak Indonesia untuk tumbuh menjadi generasi maju dan memberi kontribusi terhadap pembangunan bangsa ke depannya," ujar Daisy.



Bicara soal kualitas generasi maju tidak salah kalau kita kembali lagi mengingat bahwa nutrisi punya peran penting di dalamnya. Anak yang berkualitas datang dari orang tua yang berkualitas pula, setuju? Maka pemahaman mengenai gizi terutama bagi kita para wanita sebagai calon ibu adalah hal yang tak bisa ditawar-tawar. Bagaimana anak mau doyan makan sayur kalau kita sendiri enggan memakannya. Bagaimana anak mau doyan makan ikan kalau tidak mau diancam ditenggelamkan oleh ibu Menteri Susi?

dr. Nurul Ratna Mutu Manikam memaparkan, sungguh sempit sekali kalau kita berpikir bahwa nutrisi hanya dikaitkan dengan makanan aja. Meskipun kita tak bisa pungkiri bahwa nutrisi yang terkandung dalam makanan yang dikonsumsi sangat berperan pada masa tumbuh kembang anak. Apalagi saat ini kita dihebohkan dengan masalah stunting yang menyebabkan terhambatnya pertumbuhan anak akibat kurang gizi. Sedih bukan?






dokter Ratna mengingatkan, makan bukanlah sekedar kegiatan memasukkan makanan saja ke dalam mulut, lalu dikunyah dan ditelan. Banyak anak-anak melakukan gerakan tutup mulut karena menganggap makan adalah kegiatan yang menakutkan. Nah, membiasakan budaya makan bersama keluarga rupanya bisa menjadi sebuah momen yang mengasikkan buat anak. Melalui makan bersama kita bisa sekaligus mengedukasi dengan cara fun memperkenalkan fungsi dan manfaat wortel di piring makan anak misalnya. Dengan demikian secara tak langsung kita telah turut menciptakan bibit-bibit unggul bangsa di masa depan.

Jadi, yuk ah mulai dari sekarang kita perbaiki pola kebiasaan makan keluarga. Karena tubuh yang sehat dengan nutrisi lengkap merupakan salah satu pondasi tumbuh kembang optimal anak yang menentukan kualitas mereka di masa depan nanti seperti apa, betul apa betul? 😍




Tidak ada komentar:

Posting Komentar