Sabtu, 08 Desember 2018

Kulineran di Bebek Bentu Serpong Jaya ; Bukan Hanya Soal Rasa Tapi Perasaan


Happy wiken, teman-teman! Mau mengisi wiken kemana rencananya, nih? Kalau saya, kebetulan minggu kemarin timeline Instagram saya isinya melulu tentang kuliner. Dan sepertinya ini belum segera berakhir karena saya lagi ketagihan bebek kecombrang. Jadi buat teman-teman yang belum merasakan endeusnya kulineran di Bebek Bentu Resto Serpong Jaya, maapkeun ya. Selamat ngunyah meja aja, halagh...

Sabtu pagi, 1 Desember 2018 silam satu demi satu teman-teman saya sampai juga di resto Bebek Bentu Serpong Jaya. Yeayyy. Lokasinya boleh dibilang strategis yakni di bilangan BSD. Bagi saya yang sama-sama tinggal di BSD (baca : bukan Bumi Serpong Damai tapi Bogor Sonoan Dikit alias Cileungsi) *minta_dilempar_bebek* untuk menjangkaunya gampang sekali. Tinggal naik bis Patas jurusan Kampung Rambutan ke Plawad Tangerang lalu minta turun di Rawa Buntu saja. Dari sini saya tinggal naik ojol yang jaraknya hanya kurang lebih 3 kilometer aja untuk sampai di Resto Bebek Bentu ini. Gampang kan, kan, kan, kan.



Sepanjang ingatan saya, wilayah BSD awalnya dikenal sebagai hutan pohon karet yang luas. Istilahnya tempat jin buang anak. Namun sekarang boleh dibilang lokasi ini tumbuh menjadi kota mandiri yang pesat sekali perkembangannya. Takjub saya. Bukan saja banyak perumahan yang berdiri tapi juga berbagai fasilitas umum dan komersil.

Namun sayangnya, dari begitu banyak tempat kulineran yang ada,  bagi pecinta bebek tidak banyak resto yang menawarkan menu bebek yang empuk dan ga amis yang juga asik dijadikan tempat hangout. Kriteria asik di sini, kalau buat saya, mengarah ke lokasinya yang instagramable, makanannya enak, harganya terjangkau dan cocok untuk jadi poskonya emak-emak yang nunggu anaknya sekolah. Waini penting banget. Soalnya selama nunggu anak saya sekolah apalagi pilihannya selain bolak balik ke warung bakso? Dan, FYI aja, si dekat resto ini, sewaktu saya naik ojol tadi saya melihat ada sekolahan juga. Cakeeppppp...

Manis, Hangat, Adem
Begitu langkah kaki menjejak di depan Bebek Bentu Resto suasana manis dan hangat langsung saya rasakan. Tatanan interiornya terlihat begitu artistik. Dinding berwarna putih dengan salur-salur bata dan meja-meja kayu berbentuk bulat yang disusun berkelompok-kelompok mengesankan kehangatan dan keakraban.

Tapi tunggu dulu. Pandangan saya kemudian terhenti saat melihat susunan pot-pot tanaman dan sepeda antik di sudut bagian depan. Alamak cantik nian nuansa alam di spot ini. Otak keganjenan kemudian kumat. Siapa ya yang mau dimintai tolong memotret saya? hihihih...



So far, kesan vintage, manis dan hangat semakin saya rasakan saat memperhatikan elemen-elemen penunjang interior di resto Bebek Bentu ini. Ada lampu lampion yang terbuat dari anyaman bambu, ada aneka tampah yang dijadikan hiasan dinding, juga ada deretan jendela krepyak dan pajangan bebek-bebekan dari kayu di tangga menuju lantai dua.

Oiya, teman-teman percaya tidak, di resto Bebek Bentu sempat ada dua nuansa kontradiktif yang saya rasakan, lho. Duh gimana ya bilangnya. Rasanya itu hangat tapi adem. Hangat karena suasana interior yang terbentuk. Dan ademnya ga lain berasal dari hembusan AC yang terasa menyegarkan untuk ukuran suhu Jakarta dan sekitarnya :P

Menurut Pak Bangkit Kuncoro, pemilik Bebek Bentu Resto Serpong Jaya, resto ini merupakan cabang ke-lima Bebek Bentu Resto. "Awalnya Bebek Bentu berdiri di Cempaka Putih Jakarta Pusat tahun 2008."

Pelan-pelan keberadaan resto Bebek Bentu menyebar di berbagai penjuru. Buat penyuka kuliner bebek yang tinggal di bekasi silakan mampir di Jatiasih dan yang tinggal di wilayah Bogor bisa ke Dadali. Sedangkan untuk wilayah Tangerang ada dua pilihan,  buat yang di daerah Pondok Aren dan sekitarnya bisa ke cabang Bintaro dan untuk yang di daerah BSD bisa ke Serpong Jaya ini.



Semua resto Bebek Bentu ini dimiliki Pak Bangkit sendiri bersama istrinya Bu Siti Zulfa. Sempat juga saya menanyakan kemungkinan joint partner dengan system franchise. Tapi Pak Bangkit menggeleng saja sambil tertawa. Sosok humble ini bilang, "ga semua orang suka makan bebek seperti saya dan istri. Kami tau sekali citarasa bebek yang enak seperti apa karena kami doyan wiskul bebek di pinggir jalan." 

Beliau melanjutkan, "Sementara ini kami sudah puas memiliki ini demi menjaga citarasa olahan bebek di resto kami. Kami tau sekali bagaimana mengolah daging bebek supaya ga amis. Kami juga memilih bebek tua karena teksturnya lebih liat dan padat dagingnya. Tapi jangan kuatir, dengan proses perebusan berjam-jam dengan paduan bumbu dan rempah yang kuat cita rasa Bebek Bentu kami pasti bikin ketagihan. Namanya aja Bentu. Singkatan Ben Tuman alias biar ketagihan," selorohnya. 

Kening saya berkerut. Mosok iya sih bikin ketagihan? Kuylah kita buktikan. Satu demi satu menu kemudian diantarkan waiter ke setiap meja,  siap diserbu saya dan teman-teman. Semua taste ada. Mau tradisional taste,  Asian taste dan bahkan western taste semua ada seperti bebek, ayam,  gurame, kepiting, cumi, udang, nasi goreng, hot plate,  cap cay, cah kangkung, kebab, roti maryam, dan lainnya. 



Menurut pak Bangkit, ragam menu yang disajikan tidak lain demi memanjakan lidah pelanggannya. Tidak hanya orang dewasa, anak-anakpun diharapkan akan betah menikmati masa quality time bersama keluarganya. Konsep family resto yang diusung resto ini dengan jeli diperhatikan pak Bangkit dan Bu Siti Zulfa dengan menyediakan baby chair. Buat pelanggannya yang muslim di resto ini juga disediakan musholla di lantai dua. Apalagi ya? Oh iya,  di lantai dua ini juga disediakan ruang outdoor. Jaringan wifi juga kencang. 

Btw, range harga di sini sangat terjangkau. Buat yang mau ngemil syantik aja di resto ini juga menyediakan aneka roti manis handmade dengan harga Rp. 10 ribu dapat tiga macam. Cocok deh untuk dompet saat kocek lagi mepet. 

Pedas, Asam, Dingin 
Dari beragam menu yang saya cicipi ada beberapa menu rekomendasi saya.



Bebek Kecombrang harga Rp 24 - 25K 
Satu porsi menu bebek kecombrang berisi nasi, satu potong bebek (paha atau dada) yang dibaluri sambal kecombrang dan lalapan.  

Saat mencicipinya, rasa sambal yang diberi irisan rempah kecombrang khas sekali aromanya. Citarasanya gimana ya, unik gitu. Lagipula ada sedikit wangi menguar saat mengunyahnya. Jadi bikin napsu makannya, deh. Dan semua rasa tersebut dibungkus dengan sensasi pedasnya cabai yang digunakan membuat saya ketagihan.



Bebek Cemeng harga 24 - 25K
Satu porsi menu bebek Cemeng berisi nasi, satu potong bebek (paha atau dada)  yang dibaluri sambal Cemeng dan lalapan. 

Nah, kalau bebek Cemeng saya penasaran mencobanya karena mendengar namanya yang menggelitik. Cemeng itu artinya hitam. Oalaah, sehitam apa dia? 

Jujur,  menu ini juga juara buat penyuka bebek yang doyan pedas. Soal level kepedasan antara bebek cemeng dan bebek kecombrang menurut saya, sih,  so so aja. Alias fifty fifty. Alias pedes sekali.  Ga tau ya kalau menurut kamu hehee


Bebek Cabe Hijau harga 24 - 25K
Satu porsi menu bebek cabe hijau berisi nasi, satu potong bebek (paha atau dada) yang disiram dengan sambal hijau dan lalapan.  

Saya tertarik dengan menu ini karena warna cabai hijaunya terlihat segar sekali. Sensasi cabai hijau segar yang ditumbuk kasar lalu disiram minyak panas sehingga warnanya tetap segar juga sama nikmatnya. Namun menu ini lebih sederhana rasanya. Perpaduan rasa asin dan pedasnya justru kunci utama dalam kelezatannya.  Buat yang ga terlalu suka pedas, ini rekomendasi saya. 

Dan menariknya, dalam setiap menu bebek yang disajikan semua potongan bebeknya berukuran besar. Ben puas, ben marem yo hehee..  

Dan lagi,  di setiap gundukan nasi putihnya ada taburan bumbu kremesnya.  Rasanya gurih-gurih kress gitu dan ada aroma harum yang bila lumat di dalam mulut dengan daging bebek rasanya, eimmmm, siap siap ketagihan, deh.  Btw, bumbu cocolan ini merupakan ciri khas utama dari resto ini, lho. 



Pizza
Jujur saya penasaran mencicipi pizza dengan kulit yang tipis ini berdasarkan ulasan orang-orang mengenai menu andalan di Bebek Bentu Resto. Wah rupanya benar. Meski terlihat biasa aja taburan toppingnya tapi rasanya, eimmm, kejunya berasa banget dan empuk banget. Satu slice saya habiskan dalam dua gigitan.



Spagheti 
Selain nasi, spagheti juga sama mengenyangkan perut dan sama enaknya. Nah yang saya suka pasta spageti dimasak dengan tingkat kematangan yang pas. Ga kematangan sehingga kelembekan dan ga keras juga karena kurang matangnya.  Salut buat chef bebek bentu yang pandai mengolah aneka menu di sini. Kemudian bila biasanya saus yang digunakan adalah saus tomat tapi yang ini lain dong.  Coba perhatikan,  ada irisan cabe dan taburan lada hitam yang berasa banget hotnya.  Potongan daging smoked beefnya juga melimpah.  Wuihh sedappp... 


  
Jus Kedondong
Untuk minuman saya merekomendasikan jus kedondong. Rasa asemnya mantep banget. Seger banget minum jus kedondong untuk membilas rasa di lidah saya.  Dan ketika saya aduk,  saya menemukan potongan manisan kiamboy di dasar gelas.  Waah, saya yang lagi ga ngidam aja ngeces ngeces lagi nih hihihi..  

Kesan saya ketika kulineran di Bebek Bentu bukan lagi soal rasa tapi perasaan. Kenikmatan daging bebek yang rasanya meresap sampai ke tulang  juara deh. Adalagi perasaan enggan pulang meskipun sudah berjam-jam di sini membuat saya merencanakan lagi untuk datang ke sini bareng keluarga saya.  Kamu mau temanin?  Kuy saya tunggu ya. 

Untuk info lebih lanjut : 

Bebek Bentu Cempaka Putih
Jl.  Cempaka Putih Barat XXVI No. 10 Jakpus 
Telp. 021 - 421 3010, 0858-9143-8484, 0838-9819-8543

Bebek Bentu Jati Asih Bekasi
Jl.  Wibawa Mukti II Raya, Jatiasih, Bekasi
Telp. 021-8240-6893, 0812-1105-5902

Bebek Bentu Bintaro
Ruko Acasia Arcade 2 Blok M1 No.9 Bintaro
Jl.  Raya Jombang Ciledug, Pondok Aren Tangsel
Telp. 021-745-6308, 745-7770, 7487-0864, 0896-4999-3391

Bebek Bentu Bogor
Jl.  Dadali No. 10 Bogor
Telp. 0251-754-5009, 0895-3386-37305

Bebek Bentu BSD (Serpong Jaya) 
Ruko Orlin Arcade No. 8 perum Serpong Jaya
Jl.  Puspiptek Raya Serpong Tangsel
Telp. 021-7567-5316, 0812-8685-8746 

Atau mampir dulu ke sosmednya : 
Facebook : bebek bentu
Instagram : @bebekbentu14
Twitter : @bebekbentu14


44 komentar:

  1. Kayaknya menarik nih. Yg jelas, harganya gak bikin orang takut nyoba masuk ke situ

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul, mungkin kalau liat dari bangunannya yang sebegini cantiknya orang ragu ya mau masuk. padahal kalau udah di dalem betah lho, ga mau pulang hahah

      Hapus
  2. Mumer, yo,cucok memang buat resto keluarga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya selain tempatnya ramah anak, makanannya juga dijamin disukai anak-anak mba.

      Hapus
  3. Kalau dibandrol segitu sih gak mahal, gak bikin takut untuk masuk nyicipin. Hehehe, bentu ? Opo to iku ? Ealaaaaah, jebul ben tuman to

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahaa aku kirain bebek bentu ini sodaraan sama bensu yg punya selebritis itu lho jebule lain hahah

      Hapus
  4. Waw makanannnya semua menggugah selera mba diah ..
    Jadi pengen coba nih menu2 di Bebek Bentu cuzz ahh ksnaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. enak-enak, porsinya besar dan harganya itu ga bikin dompet kecekek yan haha

      Hapus
  5. Yumm! Aku masih terbayang menggigit daging bebeknya dengan bumbu yang menggoda. Pedes tapi nagih. Beneran bentuman yaa :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihi, iya sama. empuk banget sampe ke tulang ya way rasanya. Duuh aku jd ngeces lagi nih

      Hapus
  6. Wah aku suka banget makan bebek nih. Murah amat harga segitu ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. murah lah neng. kuy ke bebek bentu cobain pizzanya deh

      Hapus
  7. Balasan
    1. ukurannya gede gede mel. kaget lho eike kirain bebeknya kecil potongannya haha

      Hapus
  8. Ngebayanginnya sambil ngeces-ngeces ini, pedes gurih, terus minumnya jus kedondong

    BalasHapus
    Balasan
    1. eimm kan kan kan, akupun jadi ngeces ngeces lagi nih hihihi

      Hapus
  9. Menu bebek salah satu menu favorit aku mbak, kayaknya harus cobain menu bebek yang satu ini apalagi cabangnya ada terjangkau dari rumah tuh��

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ries, aku juga suka. pernah aku enegh enegh makan di kaki lima karena bau banget dan minyaknya juga sampe tumpah di nasinya trus sempet aku trauma makan bebek huhuhu

      Hapus
  10. Boleh dicoba nih... makasih infonya mba Woro 🤗

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama, alamatnya udah ada, cari yang terdekat aja yes hehee

      Hapus
  11. wah makkk, ajak ajak dongg, enak bener kayaknyaa 😋😋

    BalasHapus
  12. Senapsaran mo nyicip nih.. semoga nasi uduknya juga tersedia yess..

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh iya nasi uduknya belum ada, ya. endeus kali ya *Ngeces

      Hapus
  13. Dari parung bogor tinggal lurus aja..deket banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyap, dari parung bogor tinggal pilih tuh mau yang ke dadali apa ke bsd, ikut dong hehee

      Hapus
  14. Wih mau coba bebek yang ini deh :)

    BalasHapus
  15. Infonya lengkap banget mba. Aku ngga berhenti 'ngiler' ngebayangin varian bebek sama yang lainnya, hihii.. Pedazz lover banget kan aku ni..

    Semoga next time kita bisa makan bareng di sana ya.

    Eh, di situ ada space buat diskusi kelompok gitu ga sih? Mini cowork space gitu..? Kabari ya kalau ada..

    BalasHapus
    Balasan
    1. waaww sama dong kita han doyan pedes. kuylah kita hangout ngebebek han hehe

      kalau ruang terpisah ga ada sih han, tapi kalau mau buat acara diskusi aja bisa tuh pake ruang outdoor atau indoornya kan tinggal digabungin aja meja-mejanya. asik koqq :)

      Hapus
  16. Ada yg mau traktir nih sptnya... 😁😀

    BalasHapus
  17. Aku suka ke restoran Bebek Bentu yang di Bogor mba, enak memang dan harganya bersahabat.
    Aku juga suka beli kue jadulnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh gitu ya mba? arahnya kemana sih kalau ke jalan dadali mba?

      Hapus
  18. Jadi aja laper pengen bebek goreng kremes heuheu

    BalasHapus
    Balasan
    1. gandeng misua dong melipir ke bebek bentu jangan mainnya di cibinong mulu vit haha

      Hapus
  19. Pengen nyobain Bebek Bentuk di Bogor, lebih Deket sih dari Depok. Bikin paper aja nih mba Woro. .

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya rul di bogor lebih deket kalo dari depok mah. bikin baper dan laper ya hihihih...

      Hapus
  20. Menggoda buangeeettt ini kulineran bebeknyaaa
    Kindly visit my blog: bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
    Balasan
    1. bebek bentul mantul jeung hehe.. mantap betul hehee

      Hapus
  21. Nek kalo dari sekolahan Al Azhar jauh ga sih? Mau kocok arisan sama macan ternak kayanya asik nih di bebel bentu

    BalasHapus
    Balasan
    1. deket neeek.. pas gw lewat dari rawa buntu naik ojol gw lewatin koq.. ga jauh itu, sekolah al azhar adanya di kanan jalan

      Ntar kalo elo narik arisan inget jatah reman buat gw yak, di bebek bentu aja kitaaaaa hahaha

      Hapus
  22. Waah ini deket ga sih sama sekolah al azhar nek? Pengen kocak arisan sm grup macan ternak kayanya asik nih di bebek bentu 😍

    BalasHapus