Senin, 26 November 2018

Sekretariat Kabinet Gelar Lomba Media Sosial Menuju Indonesia Maju

Teman-teman, ada yang masih ingat ga dengan program Nawa Cita? 




Nawa Cita berasal dari bahasa sansekerta yang berarti sembilan harapan. Sembilan harapan ini merupakan prioritas pembangunan digulirkan pada masa awal kepemimpinan Presiden Joko Widodo dan Jusuf Kalla. Program Nawa Cita merupakan visi misi agar Indonesia berdaulat secara politik, mandiri secara ekonomi dan berkepribadian dalam kebudayaan.

Selama empat tahun masa pemerintahan Joko Widodo - Jusuf Kalla satu demi satu agenda pokok dalam Nawa Cita sudah terealisasi. Wujudnya dapat kita lihat di berbagai daerah. Yang paling menonjol adalah pembangunan infrastruktur transportasi massal. Mulai dari jalan tol, bandara, pelabuhan termasuk rel kereta dibuat demi mengembalikan paradigma Indonesia Sentris.



Soal keberpihakan pada terhadap ekonomi rakyat pun dapat kita lihat wujudnya. Di bidang pertanian misalnya. Lahan sub optimal (rawa, pasang surut, lahan kering dan tegalan) di luar pulau Jawa telah disiapkan menjadi lahan sawah dengan ikut dibangunnya irigasi dan bendungan. Usaha makro, mikro dan menengah (UMKM) dengan berbagai paket kebijakannya juga terus dipacu dengan berbagai paket kebijakan yang digulirkan.

Apa lagi, ya?

Wuihh masih banyak deh informasi yang dapat kita temukan di Sekretariat Kabinet. Lembaga pemerintah ini selain bertugas memberikan dukungan pengelolaan manajemen kabinet kepada Presiden dan Wakilnya dalam penyelenggaraan pemerintah juga berperan aktif dalam menyebarluaskan informasi tentang kinerja pemerintah, lho!

Selain memanfaatkan media cetak dan televisi peran media sosial juga dimanfaatkan tim kepresidenan untuk menyebarkan informasi kepada masyarakat. Ini merupakan terobosan strategi komunikasi yang sangat humanis mengingat kebutuhan masyarakat jaman now yang tak bisa lepas dari gadget dan sosial media di kesehariannya. Dan benar saja, adanya media sosial nyatanya dapat menyentuh hingga ke pelosok pedalaman terutama di kalangan generasi muda. Ga nyangka kan?! hehehee....



Mendekatkan Diri Dengan Masyarakat Melalui Lomba Media Sosial 
Terkait dengan sosialiasi kinerja pemerintah, sejak Maret 2018 Sekretariat Kabinet mengajak masyarakat untuk lebih mengenal lebih dekat dengan kabinet kerja dengan menggelar lomba Media Sosial. Adapun bentuk upaya mendekatkan diri dengan masyarakat ini juga dilatarbelakangi keinginan presiden bahwa di tahun 2019 pemerintah akan fokus pada peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia.



Lomba Media Sosial dengan hastag #MenujuIndonesiaMaju digelar di kanal media sosial Sekretariat Kabinet. Kita tinggal pilih mau ikut lomba di Twitter, Facebook, Instagram, Nge-Vlog ataupun Nge-Blog. Hadiahnya, woow menggiurkan, deh. Bayangkan, total hadiahnya Rp 107 juta yang sudah dipotong pajak dalam bentuk tabungan dari Bank Mandiri.

Lomba Media Sosial #MenujuIndonesiaMaju digelar dari April hingga Desember 2018. Setiap bulannya ada tiga jenis lomba yang bisa kita ikuti di kanal media sosial Sekretariat Kabinet. Mekanisme lombanya juga cukup mudah. Kita hanya diajak kenal lebih dekat kinerja kabinet kerja sekarang dan capaiannya. Lalu kita diminta menyalurkan opini dan aspirasi kita.

Berikut Variasi Lombanya :

Blog
Diselenggarakan satu kali saja dari Juli - September 2018. Setiap Blogger diminta menulis blog tentang Menuju Indonesia Maju.

Youtube
Diselenggarakan dari Mei - Juli dan Oktober - Desember 2018. Jadi total ada 2 kali penyelenggaraan. Untuk mengikuti lomba vlog ini bisa perorangan bisa juga berkelompok (maksimal lima orang) dimana setiap vlog berisi mengenai pembangunan infrastruktur di Indonesia dan manfaat pembangunan tersebut bagi masyarakat. Atau bisa juga membuat film pendek yang menceritakan program pencapaian pemerintah di bidang maritim, energi, pangan dan pariwisata dalam durasi lima menit.

Twitter
Diselenggarakan dari April - Desember 2018. Diadakan satu kali dalam sebulan tepatnya di minggu ke dua setiap bulannya. Jadi ada total 8 kali dimana setiap pengguna twitter diminta mengetwit hal-hal yang berhubungan dengan seberapa jauh dampak kebijakan yang telah dilakukan pemerintah terkait program otoritas. Atau bisa juga mengikuti kegiatan lomba isi Teka Teki Silang seperti yang baru saja berakhir pada 16 November 2018 kemarin.



Instagram
Diselenggarakan dari April - Desember 2018. Diadakan satu kali dalam sebulan tepatnya di minggu ke dua setiap bulannya. Jadi ada total 8 kali penyelenggaran dimana setiap pengguna Instagram bisa mengikuti beberapa variasi lomba di kanal ini. Misalnya diminta membuat video reportasi / vlog dalam satu menit. Atau bisa juga mengikuti permainan asah otak dengan menemukan kata yang hilang dalam kotak. Atau bisa juga membuat meme pahlawan masa kini versimu seperti yang diselenggarakan pada periode 9 - 16 November 2018 kemarin.

Facebook
Diselenggarakan dari April - Desember 2018. Diadakan satu kali dalam sebulan tepatnya di minggu ke dua setiap bulannya. Jadi ada total 8 kali penyelenggaraan. Setiap pengguna Facebook dapat mengikuti lomba dengan cara mengisi TTS dengan jawaban yang benar atau mengisi kata yang hilang dari pidato presiden ataupun Sekretariat Kabinet.

Nah, teman-teman penasaran dengan pemenang lomba medsos di periode terakhir ini? Pantengin yuk ah website Sekretariat Kabinet siapa tau kamu atau orang terdekat kamulah yang jadi  pemenangnya 😍😍






1 komentar:

  1. Saya ikutan yang teka-teki silangnya mba Diah dan ngarep dapat hadiah tabungannya, tapi gak menang..hihii

    Semoga next kalau Setkab ngadain lomba sosmed lagi, bisa ikutan disemua medsosnya ah.

    BalasHapus