Mau Yang Same Day Service? Kirim Barang Melalui Paxel Aja!




Urusan kirim paket barang jadi mengingatkan saya akan kenangan di beberapa tahun silam. Waktu itu, hampir setiap hari saya mampir ke outlet jasa kirim barang untuk mengirimkan pesanan pelanggan saya. Waktu itu, untuk mengecek biaya ongkir yang dibebankan ke pelanggan saya harus mengecek dulu ke website-nya biar dapat yang terjangkau aja harganya.  Waah, dinamikanya itu pokoknya seru, deh! Mulai dari mengerjakan pesanan, menerima orderan, membungkus pesanan hingga mengirimkan pesanan :D

Bisnis online selama beberapa tahun terakhir memang tidak dinyana menjadi booming. Transaksi berbagai pembayaran dan tagihan apapun dilakukan melalui online. Namun, soal pengiriman barang mau tidak mau masih manual.

Sebagai pelaku bisnis online saya harus datang ke tempat pengiriman barang sebelum jam empat sore. Karena bila saya datang setelahnya barang saya bakal nginap dulu dan baru dikirimkan esok harinya. Kata petugasnya, setiap hari  jadwalnya memang seperti itu. Bagian kurir pengantaran akan mengambil semua paket di jam-jam tersebut untuk dibawa ke pusat, baru dikirimkan ke tempat tujuan. Waah, bisa dibayangkan deh gimana hecticnya saya saat harus kejar-kejaran waktu supaya pesanan saya bisa diterima customer tepat waktu. Andai ada gitu ya jasa ekspedisi barang online, kan, jadi saya ga perlu ke counter jasa kirim barang lagi *sigh.

Jawabannya ada. Namanya PAXEL.

#AntarkanKebaikan 
Jadi, beberapa hari lalu saya berkunjung ke kantor pusat jasa pengiriman PAXEL di daerah Jatinegara Jakarta Timur dalam rangkaian acara Blogger Gathering. Dalam kesempatan tersebut pak Djauhari Zein sebagai salah seorang pendiri PAXEL menceritakan asal muasal berdirinya Paxel. Dilatarbelakangi perjalanan religinya beliau meyakini bahwa hanya dengan satu kebaikan niscaya balasan yang akan didapat sebesar 700 kali lipat dari-Nya.

Atas dasar nilai kebaikan dan berharap keberkahan beliau kemudian mendirikan jasa kiriman berbasis aplikasi dengan rekan-rekannya yang memiliki pemahaman sama yakni pak Bryant Christanto dan Zaldy Ilham Masita. Nama Paxel yang merupakan gabungan dari kata 'PAX' yang artinya parcel atau paket dan 'XEL' atau sel yang berarti unit penyusun mahluk hidup menjadi perwakilan visi misi yang diusungnya yakni #antarkankebaikan.

Pak Djauhari yang lama berkecimpung di jasa pengiriman PT Tiki Jalur Nugraha Ekakuri (JNE) meyakini kalau jasa pengiriman Paxel yang mengusung konsep sameday delivery service dengan harga flat akan menjadi solusi jasa pengiriman terbaik untuk masyarakat.

Disamping itu, fokus Paxel tidak sekedar mencari keuntungan dalam berbisnis aja namun juga peduli dengan unsur sosial. "Jadi, dari 20 pengiriman, kami akan jamin 1 anak penderita kanker sebagai bagian dari fokus kami membangun Paxel. Jadi ini bukan bagian dari charity atau CSR Paxel," jelas pak Djauhari.




Paxel juga membuka lebar-lebar bagi siapapun yang ingin mengirimkan bantuan untuk kegiatan sosial. Dan, karena keinginan untuk selalu #antarkankebaikan perusahaan juga kerap menambah kemitraan dengan yayasan. So, bila teman-teman ingin delivery barang berupa mainan atau baju tak terpakai ke yayasan sosial tidak ada biaya ongkos kirim yang dikenakan. FREE.

Ibu Valencia Miranda yang dikenal dengan akun twitter @Justsilly mengakui bahwa visi misi Paxel sejalan dengan yayasan yang didirikannya. Sebagai pendiri yayasan Rumah Harapan Indonesia beliau menyampaikan, "semua paket pengiriman melalui Paxel tidak dikenakan biaya sama sekali. GRATIS."

Beliau merasa terbantu dengan Paxel yang telah berpartisipasi mengirimkan barang ke kawasan bencana seperti Palu secara gratis. Jam 4 pagi barang bantuan dikirimkan pihak Paxel ke orang-orang yang membutuhkan di daerah bencana, tuturnya.

Keunggulan dan Cara Menggunakan Paxel
Btw ada empat jenis model bisnis yaitu door to door, door to locker, locker to home dan locker to locker. Namun untuk sementara ini yang baru tersedia adalah door to door. Untuk membuktikan keunggulan layanan same day service dan tarif flatnya saya pun mencoba menggunakan aplikasi Paxel. Caranya sederhana banget, donlod dulu aplikasinya nanti kita diarahkan untuk melengkapi sejumlah data setelah mengklik fitur CREATE SHIPMENT yang ada di bagian bawah.



Berikutnya lengkapi Pickup Location dan Destination Location lalu klik continue.

Di sini kita diarahkan untuk memilih ukuran paket mau yang small, mediam, large lengkap dengan masing-masing harganya.



Selanjutnya, lengkapi bagian identitas pengirim dan penerima dan jenis barang lalu klik continue.

Terakhir, cek shipping details, selesai deh.


Setelah ini yowes santai-santai aja ya. Kita tinggal menunggu kedatangan mitra kurir terdedikasi untuk mengambil barang dan menaruhnya di feeder Paxel terdekat. Nah dari sini nanti akan ada mitra dedicated lagi yang disebut Happines Hero yang akan mengirimkan paket ke tujuan. Dia adalah orang yang hapal dengan kondisi di wilayah tersebut sehingga memudahkan durasi pengiriman dalam pengiriman paket ke tempat tujuan.

Nah, ini saya sudah coba. Dari historinya saya bisa tau secara real time posisi paket kita setelah diterima oleh mitra kurir sampai diterima penerima paket. Jadi, first mile dan last mile bukan dilakukan oleh orang yang sama. Ini jadi kekuatan Paxel karena orang yang hapal jalan di wilayahnya pasti tau di mana aja jalan pintasnya. Kereeeennn.




Selain menawarkan same day delivery service dan tarif flat Paxel juga menawarkan keunggulan yang lain daripada jasa logistik lain yaitu jadwal penerimaan yang dapat diatur dan money back guarantee. Waini, jadi kalau kurir datang terlambat untuk pick up barang Paxel akan memberikan garansi uang kembali dan juga memberikan asuransi jika terjadi kehilangan atau kerusakan paket hingga Rp 10 juta. Ckckckckkc....

testimoni dari pedagang online yang telah menggunakan Paxel untuk mengirimkan frozen food ke konsumennya. "Pake Paxel aman," katanya. 

Gimana, kamu mau coba menggunakan jasa Paxel? Yuk ah unduh aplikasinya dan jangan lupa masukkan kode refferah DiahWoro ya :)



Komentar