Rabu, 28 November 2018

Become Perfect With Pear and Supear Girl




Diam-diam mata saya memperhatikan sambil mengunyah potongan buah di depan saya. Kulitnya tipis dan warnanya hijau seperti buah jambu biji. Ukurannya seperti alpukat berukuran sedang. Rasanya, eimmm, gimana ya? Mungkin seperti campuran rasa antara apel dan jambu biji. Manis, garing, krences-krences. Hmmm, buah apa itu, ya? 

"Ini buah apa sih, Mbak?" tanya saya penasaran kepada kakak saya yang masih mengupas buah ini untuk anaknya. 

"Buah Pear, San. Kenapa emangnya?" tanya mbak Tutik. 

"Ngga. Ngga papa," saya tersenyum malu-malu. Ketahuan norse-nya ya? hihihi...

Sampai sekarang, setiap mendengar atau melihat buah pear saya langsung ingat kejadian itu. Gimana ga ingat, dalam perbendaharaan perbuahan di rumah, saya hanya mengenal pisang, jeruk, mangga dan pepaya. Itupun tidak selalu ada di rumah. Buat saya, buah pear adalah kemewahan kala itu karena orang tua saya tidak selalu punya uang untuk beli buah. Nah, momen Sincya selalu ditunggu-tunggu. Saat itulah tetangga yang sebagian besar orang Tionghoa kerap mengantarkan buah tangan khas Imlek yaitu kue keranjang (dodol cina) dan buah pear ke rumah. Indahnya berbagi ya :)

Terkait momen Imlek ada fakta menarik nih soal buah pear. Dalam kepercayaan Cina, kalau lagi makan buah pear rupanya kita tidak boleh membagi separuhnya kepada orang terdekat kita. Kita harus memakannya sendirian. Utuh. Kenapa begitu? 



Menurut Pak Kafi Kurnia yang saya temui kemarin, buah pear dalam bahasa Cinanya Xiang Li artinya keabadian. Kata 'Li' berarti kedua pir dan pemisahan. Sehingga dikatakan bahwa untuk menghindari pemisahan, teman dan kekasih tidak boleh membagi pir diantara mereka terutama ketika tahun baru Cina."

Ditambahkannya, di Cina kuno orang percaya bahwa bahwa buah pir mewakili keabadian dan kemakmuran. Sedangkan di Korea buah pir juga melambangkan banyak hal positif. Diantaranya melambangkan rahmat, kebangsawanan, kenyamanan, kesuburan wanita, kebijaksanaan dan kesehatan. Boleh percaya atau tidak sih, tapi saya memang percaya kalau buah pir itu baik untuk kesehatan. 

Berikut 9 manfaat buah pir untuk kesehatan

1. kandungan antioksidan lawan radikal bebas. Disebutkan dalam penelitian yang dilakukan University of Innsbruck, Austria, kandungan klorofil dalam buah pir yang matang mampu berubah menjadi antioksidan aktif yang baik bagi tubuh. Jika kita rutin mengkonsumsi buah pir yang matang pohon khasiatnya pada tubuh dapat melawan radikal bebas.

2. Memperkuat sistem imun. Sebagaimana kita tau buah-buahan memiliki kandungan vitamin yang diperlukan tubuh. Pakar kesehatan menyebutkan buah pir ternyata sangat kaya akan kandungan vitamin C dan vitamin K. Tingginya kandungan vitamin C sangat baik bagi sistem imun tubuh dan membantu tubuh menyerap zat besi dengan lebih baik sehinga produksi sel darah merah menjadi lebih baik.

3. Mengurangi resiko terkena kanker. Di dalam satu buah pir terkandung vitamin K yang bila dikosumsi bisa memenuhi 8 persen asupan vitamin K harian. Dengan begitu resiko terkena kanker turun hingga 45 persen lebbih rendah. 


4. Melancarkan pencernaan. Buah pir kaya akan serat. Pada satu buah pir asupan serat larut dan tak larut bisa mencapai 5 gram atau sekitar 20 persen kebutuhan harian serat tubuh kita. Selain melancarkan pencernaan adanya serat ini juga membuat sistem imun tubuh semakin kuat dan menurunkan kadar kolestrol jahat penyebab berbagai macam penyakit. 

5. Menyehatkan otak. Dalam satu buah pir yang kita konsumsi terkandung asupan copper (mineral minor) harian sebanyak 15 persen. Dari penelitian di University School of Medicine di Missouri Amerika Serikat dikatakan bahwa kandungan copper ini bisa memperbaiki kekuatan sistem syaraf dan membuat kinerja otak menjadi lebih baik. 

6. Menurunkan berat badan. Buah pir kaya akan serat sehingga membantu kita merasa lebih kenyang lebih lama dan juga rendah kalori. Hal ini dapat membantu kita yang sedang dalam program penurunan berat badan. 

7. Mengatasi penyakit kardiovaskular dan kolesterol. Sebuah tinjauan dari 67 uji coba terkontrol terpisah menemukan bahwa peningkatan 10 gram asupan serat dalam buah pir perhari dapat menurunkan kadar LDL (Low Density Lipoprotein - kolestrol jahat) dan kolesterol total. Dan studi terbaru menunjukkan bahwa serat makanan dapat berperan dalam pengaturan sistem kekebalan tubuh dan peradangan. Dengan mengkonsumsi buah pir resiko kondisi terkait peradangan seperti penyakit kardiovaskular, diabetes, kanker dan obesitas jadi berkurang. 

8. Detox. Siapa sangka gerakan peristaltik usus yang teratur dan adekuat sangat penting untuk eksresi racun harian melalui empedu dan tinja yang kita keluarkan. Sebagai buah yang mengandung 84 persen air buah pir bermanfaat membantu menjaga kotoran lembut dan menyiram sistem pencernaan dari racun yang mengendap akibat terhambatnya sistem pembuangan. 

9. Diabetes. Dengan mengkonsumsi buah pir secara rutin resiko terkena diabetes akan berkurang dan agi penderita diabetes kadar gula darah jadi lebih stabil. 

Hidup Sehat Bersama SEMBUTOPIA 

Mengingat begitu besarnya manfaat buah pir bagi kesehatan, sejak setahun lalu pak Kafi Kurnia meluncurkan sebuah gerakan kemasyarakatan "SEMBUTOPIA". Gerakan ini bertujuan untuk memotivasi dan menginspirasi masyarakat Indonesia untuk memberdayakan kemampuan diri sendiri untuk menyembuhkan diri masing-masing dari segala gangguan baik berupa masalah jiwa maupun masalah raga. 

Sebagai info aja, meskipun baru berdiri setahun tapi SEMBUTOPIA telah memiliki 2 apotek, satu sekolah catur dan perusahaan penyembuh lingkungan (Cleaning Service dan Pest Control) dan tercatat jumlah karyawannya ada 100 orang. 

Dalam perkembangannya, SEMBUTOPIA terus berinovasi dengan mengadakan berbagai aktifitas dalam pemberdayaan sumber daya diri masyarakat. Diharapkan masyarakat dapat hidup lebih produktif dengan gaya hidup sehat yang bermanfaat bagi bangsa dan negara. 

Nah, salah satu kegiatan yang digelar SEMBUTOPIA kampanye kreatif SUPEAR.  Terkait dengan kampanye ini  saya dan teman-teman Blogger juga diperkenalkan dengan gadis SUPEAR dalam bincang-bincang seru bareng pak Kafi Kurnia di Cinta Rasa Restoran, Jakarta Selatan kemarin. Siapa dia? 



Supear Girl Si Gadis Super 

Supear Girl adalah julukan yang diberikan untuk sosok perempuan super yang cantik, tangguh dan pandai. Dia tau sekali serba serbi buah pir. Untuk itu dia mengemban tugas untuk membantu masyarakat mengenal lebih dekat dengan buah pir Washington dan membantu mencari solusi seputar kesehatan. 

Kenapa harus buah pir Washington? 
Sebagai info saja, buah pir terdiri dari beragam varietas sesuai dengan letak geografisnya. Namun dari sekian banyaknya varietas buah pir di dunia saat ini varietas dari wilayah Northwest Pacific (Washington dan Oregon) menghasilkan buah pir terbaik di dunia. Hal tersebut disebabkan wilayah ini memilik campuran iklim yang ideal, tanah vulkanik yang subur dan air yang berlimpah.

Namun kita tidak perlu kuatir. Untuk menemukan buah pir terbaik di dunia ini ada cara yang paling gampang untuk mendeteksinya. Cari aja buah pir yang sudah ada label Pir USA. Dan fyi aja, buah pir ini didatangkan langsung oleh SEMBUTOPIA lho. 

"Buah pir kami berasal dari Washington dan Oregon. Setiap buah yang datang sudah melalui proses penyortiran terlebih dulu dan matang pohon," ~ Kafi Kurnia.

Dalam rangka menyambut hari pear sedunia yang jatuh setiap tanggal 1 Desember Supear Girls akan hadir di beberapa kota di Indonesia seperti Jakarta, Surabaya, Semarang dan Yogyakarta. Sebagai contoh, di Jakarta tepatnya di Senayan City tepat tanggal 1 Desember 2018 dan 6 Desember 2018 di AEON Mall BSD Supear Girl akan hadir dengan beragam acara menarik. Untuk menarik minat anak akan buah pir Supear Girl akan hadir membagi sampling buah pir secara gratis untuk pengunjung. Bahkan ada senam bersama dan flashmob menarik yang sayang banget kalau dilewatkan. Nah, gimana teman-teman, masih mau menunda-nunda hidup sehat? Saya ngga mau ah. 


6 komentar:

  1. Super memang cantik dan jelita . Mengajak makan buah betapa akan senangnya.

    Karena kesehatan perlu di jaga untuk masa depan

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kesehatan perlu dijaga selalu ya mpo dan tugasnya supear girl inilah yg selalu membimbing kita kembali kejalan yang benar utk selalu mengkonsumsi buah di keseharian kita

      Hapus
  2. Ahh buah pear memang enak banget selain banyak manfaatnya untuk kesehatan tubuh kita rasanyaa jugaaa yummy kriuk ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. sehat yummy kriuk kriuk jadi ga ribet makannya ya hihihi

      Hapus
  3. Wah ada pahlawan bertopeng hihihi kreatif ya demi mengajak untuk.hidup sehat lewat mkn buah pir , keren lah buat SUPEAR girl

    BalasHapus
    Balasan
    1. mengena banget ya melalui sosok supear girl ini kita jadi tau banyak mengenai buah pear ini hehe

      Hapus