Senin, 13 Agustus 2018

Mau Pinter SEO? Ayo Belajar Mandiri Online



"Besok ada yang bisa diajak main?" Sebuah undangan via WAG saya terima. Undangan itu dari Key Medialogi yang intinya mau ngajak Blogger main-main ke Mandiri Inkubator Bisnis di bilangan Blok M, Jakarta Selatan sambil belajar SEO. Gayung bersambut. Siapa pula yang ga mau pinter SEO? Ayo belajar mandiri online, yok...

Btw, lucu ya nama gedungnya? Mandiri Inkubator Bisnis. Kalau kata teman saya Mude Mudrikah, nama inkubator jadi mengingatkan dia akan bayi yang baru lahir. Dipikir-pikir, masuk akal juga sih. Di dinding yang didominasi warna kuning ini, saya melihat berbagai doodle berpola mind mapping mengenai bisnis. Nah, rupanya Mandiri Inkubator Bisnis adalah tempat berkumpulnya calon-calon wirausahawan yang direkrut Bank Mandiri untuk mengembangkan usahanya tersebut. Dan kita (para Blogger) kali ini diajak belajar mengembangkan blog kita melalui SEO. Yeaaayy, sering-sering aja ya... :D


Tapi, sebelum belajar mengenai pentingnya optimasi SEO dalam blog, kita perlu tau juga nih terobosan apa aja sih yang sudah Bank Mandiri luncurkan untuk kenyamanan transaksi nasabahnya? Untuk itu Fushiko Binar Ardani selaku Transaction Banking Retail Sales Bank Mandiri menjelaskan serba serbi Mandiri Online.

Apa itu Mandiri Online?
Mandiri Online adalah layanan keuangan masa kini yang #mudahbeneran. Jujur, selama ini saya belum pernah merasakan langsung menggunakan layanan Mandiri Internet. Tapi, sejak memutuskan buka rekening di Bank Mandiri beberapa bulan lalu, saya langsung ditawari untuk mengaktifkan layanan Mandiri Online. Tujuannya, sih, apalagi kalau bukan untuk mengecek saldo? hehehehe... *tutupin_muka_pake_wajan

Fushiko Binar Ardani

Akan tetapi, Mandiri Online nyatanya bukan untuk sekedar ngecek saldo tanpa harus ke ATM aja, ya teman-teman. Kini, ragam layanannya pun semakin lengkap saja. Kita bisa memperoleh informasi seluruh produk perbankan yang kita miliki baik rekening deposit (tabungan, deposito) maupun rekening kredit (pinjaman, kartu kredit). Semuanya dalam satu layar.

Selain itu, kita pun bisa mengecek histori transaksi finansial kita diantaranya untuk ngecek saldo, ngecek histori transaksi, download mutasi rekening ataupun ngecek histori kartu kredit.

Selain untuk ngecek-ngecek, Mandiri Online pun memiliki fitur keunggulan lain sebagai alat transaksi kita. Mau transfer baik ke sesama nasabah Mandiri atau ke bank lain bisa. Bahkan untuk melakukan transaksi online pun bisa. Diantaranya untuk bayar listrik, tagihan kartu kredit, beli pulsa, bayar angsuran semuanya dapat kita lakukan secara real-time.

Masih kurang? tenang. Chiko mengatakan, Mandiri Online pun kini bisa digunakan untuk buka deposito, lho. Dan yang terbaru, fitur top op E-money juga dapat dilakukan dengan menggunakan layanan Mandiri Online ini. Jadi, seandainya kita sedang di jalanan ga usah kuatir lagi mikirin tinggal berapa sisa saldo e-money kita. Dan lagi kita juga tidak perlu melipir ke minimarket untuk top up, karena kita bisa mengikuti caranya si babang ganteng Reza Rahadian.


Chiko kemudian memutar video Mandiri Online terbaru yang diperankan babang Reza Rahardian. Caranya gampang banget yakni dengan tap bagian belakang kartu e-money (yang ada bar codenya) ke hape kita.

Cara Top Up E-Money dengan Mandiri Online
Pertama, login ke mandiri online lalu pilih menu e-money/isi ulang. Untuk bisa mengakses layanan ini terlebih dulu kita harus mendaftarkan kartu e-money dengan cara tap kartu di belakang hape kita. Nah, supaya dapat terkonek maka pastikan dulu kita sudah mengaktifkan fitur NFC di hape kita, ya.

Pertanyaannya, seberapa amankah menggunakan layanan Mandiri Online mengingat hape adalah barang yang mudah berpindah tangan, ya kan?

Chiko menandaskan, ada beberapa lapis keamanan yang dibuat Bank Mandiri terkait soal keamanan.

1. Untuk menikmati layanan Mandiri Online kita hanya perlu mengunduh aplikasi mandiri online di playstore. Selanjutnya kita membuat password dan user ID yang digunakan setiap kali mau login. Akan tetapi, aplikasi Mandiri Online hanya berfungsi pada satu kartu SIM yang telah terdaftar dan satu ponsel yang telah digunakan untuk mengunduh aplikasi Mobile Online saja. Dengan begitu, keamanan dan privasi transaksi keuangan kita hanya kita sendiri yang tau. Tidak bisa diduplikat seperti kunci pagar hehehe...

2. Tapi sayangnya di tahapan ini cakupan akses Mandiri Online hanya sebatas pada fitur daftar, kurs dan suku bunga, Mandiri Call 14000 dan fitur bahasa saja. Agar bisa mengakses semua layanan yang terdapat dalam Mandiri Online kita harus mendaftar SMS Banking Bank Mandiri.

sebelum belajar, makan siang asik bareng teman-teman Blogger

Caranya, kita harus bertatap muka dengan pihak Bank Mandiri terlebih dulu, nih. Jadi kita harus datang untuk mendaftarkan ke kantor Bank Mandiri terdekat. Di sini, pihak Bank akan mencocokkan data pribadi kita misalnya foto KTP sama ga nih dengan aslinya hehehe... Tujuannya tidak lain untuk meminimalisi resiko keamanan finansial kita.

3. Setelah layanan Mobile Online selesai diproses kita bisa bebas mengakses semua fitur transaksi keuangan kita. Tapi, masih ada tapinya nih. Setiap mau login kita selalu diminta memasukkan kembali user ID dan password-nya. Kalau tiga kali salah memasukkan pasword terblokir dengan sendirinya. Kita diminta untuk mengaktivasi ulang layanan Mandiri Online.

4. Untuk menghindari terjadinya resiko keamanan, setiap transaksi finansial juga diotorisasi dengan PIN. PIN ini sama dengan MPIN SMS. Untuk itu, Chiko menyarankan kita untuk menghapalkan tiga hal yakni nomor MPIN, user ID, dan password. Dan sarannya, jangan pernah menggunakan nomor yang (misalnya) sama dengan tanggal lahir sehingga mudah ditebak orang.

Wah, asyik-asyik. Sekarang saya jadi ga kudet deh dengan layanan Mandiri Online di hape saya. Dan terkait dengan kudet, berikutnya hadirlah yang ditunggu-tunggu yakni babang Doroii, yeaaayyyyy *Drumroll :D

Pentingnya Optimasi SEO Blog
Meski sama-sama ganteng tapi babang Doroii bukan kembarannya babang Reza Rahadian, ya. Catetttt. Babang berlesung pipit yang full smile terus (sengaja mamerin lesung pipit kali ya hihihi) ini berkecimpungnya juga ga main-main, lho. Bahkan sebelum rang-orang akrab dengan internet dia sudah curi start duluan berkecimpung di radio online. Untuk itu, kali ini beliau khusus meluangkan waktunya untuk memaparkan kiatnya mengenai SEO biar kita-kita ga kudet lagi.

SEO itu artinya apa sih? Ada yang tau?
SEO singkatan dari Search Engine Optimatization. Artinya adalah pengoptimalan di mesin telusur.

Sebagai Blogger, volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju blog kita adalah hal penting. Untuk itu peran SEO adalah penting agar posisi blog kita ada pada posisi teratas. Ya, setidaknya ada di halaman-halaman pertama deh di hasil pencarian. Logikanya, blog yang menempati posisi teratas pada hasil pencarian memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung.

Tidak berlama-lama, mas Doroii mengatakan, sebagai seorang content writing-termasuk menjadi Blogger-terkadang kita harus menuliskan dua hal yang berbeda. Contohnya ban dan pantai. Lantas ide apa yang bisa diambil dari dua kata tersebut?

Gimana kalau perjalanan jauh ke pantai? Sah!

Kalau ban dan makanan? Heeem, apa ya, Mobil sampah, gimana? Yelah, lempeng banget hihihi...

Lelaki dengan akun twitternya @doroii ini kemudian mengajak saya dan teman-teman untuk mencari ide lagi seperti berikut  :

Makanan yang dapat dimakan sebelum perjalanan jauh. Tips menghilangkan bau dari kabinmu. Bisa kan?

Menurut Mas Doroii ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk mengoptimasi SEO dalam tulisan blog. Apapun platformnya, baik Blogspot maupun Wordpress. Berikut tipsnya :

1. Fokus Keyword.
Dalam artikel pada gambar, fokus keywordnya adalah Kredit Pendidikan Bank Mandiri. Jadi, mulai sekarang kita lebih cermat menempatkan fokus keyword ada di paling awal judul supaya mudah terindeks Google.


Slug (bagian dari url yang menjelaskan konten). Slug dapat kita edit lagi lho dengan menambahkan setiap kata yang dipisahkan dengan tambahan tanda das (-). Jadi judulnya nanti akan terbaca full.

Nah, dalam artikel tersebut mas Doroii sudah memasukkan langsung dua triknya dalam SEO. Menempatkan Fokus keyword di judul sekaligus fokus keyword di slug.

2. Naked Domain.
Nah, adakah diantara teman-teman yang sudah menghilangkan www? Sebenarnya ini sih terserah saja. Mau dipake boleh, mau dihilangkan pun tidak mengapa. Tidak ada efeknya sama sekali koq. Cuma, dulu, orang-orang merasa ga sreg saja kalau tanpa www, padahal jaman masih canggih. Sekarang ini ada opsi yang bisa menghilangkan www untuk memperpendek url.

3. Stop Words
Kita cukup sering menemukan kata-kata yang umum digunakan di dalam fokus keywords, kan? Misalnya saja kata-kata 'the', 'a', 'dan', 'adalah', 'yang' dan lain sebagainya. Itu sebenarnya mengganggu di fokus keyword, lho. Mulai sekarang, yuk ah kita hindari kata-kata yang lazim seperti itu di fokus keyword.


4. Heading
Heading ini penting juga sebagai cara untuk menaikkan indeks di google. Untuk itu, mungkin teman-teman justru sudah ada kali ya yang meletakkan fokus keyword di heading? Menurut Mas Rendi Doroii, "meletakkan fokus keyword di heading itu penting, karena oleh Google dianggap sub judul.



5. Periksa Suggestion.
Untuk memeriksa suggestion yang disarakan mas Rendi adalah menggunakan Yoast. Kenapa? kalau pake yoast nanti setiap kalau sudah selesai nulis dia akan mereview semuanya. Yoast akan menemukan kesalahan fokus keyword bila tidak muncul di paragraf pertama. Paragraf pertama ya teman-teman, bukan di kalimat pertama.




Untuk estetikanya aja sih. Ga enak kan kalau kalimat pertama di paragraf pertamanya kita sudah menulis nama Brand duluan misalnya. Sarannya, buat empat kalimat pertama sebagai kata pengantar lalu kalimat terakhir baru masukkan fokus keywordnya. Biar lebih jelas, boleh dibaca ulang deh paragraf pertama saya di atas, deh.

Keunggulan menggunakan Yoast diantaranya juga dapat menemukan kesalahan keyword density. Persentase normalnya di kisaran 0,5 - 2, kalau di atas 5 bisa dianggap spam oleh Google.

6. Meta Description
Meta description adalah barisan kata-kata yang muncul di bagian bawah title tag ketika kita membuka google dengan mengetikkan kata kunci. Jadi ini semacam bocoran supaya orang mau mengklik artikel tersebut dan membacanya. Masalahnya, menuliskan meta description yang karakternya hanya dibatasi sampai 160 karakter itu susah-susah gampang. Jadi mulai sekarang kita jangan abaikan meta description ya. Siyaapp.


Oiya, mas Rendi Doroii juga menyarankan teks konten idealnya itu 700 kata. Dan di dalam satu artikel boleh saja menggunakan satu fokus keyword yang sama. Tapiiii, cari deh persamaannya yang tidak mengurangi makna keyword itu sendiri.

7. Jangan Percaya Yoast!
Lho koq jangan dipercaya, bukannya tadi plugin yang terpercaya adalah Yoast? Heem gini, Yoast itu dibuat untuk konten berbahasa Inggris, jadi semua tulisan yang ejaannya bukan berbahasa Inggris secara otomatis akan ditandai dengan warna merah.



8. SEO Off Site.
Apa itu SEO OFF Site? SEO Off Site adalah proses membuat backlink dari luar situs web kita dengan cara yang natural misalnya dengan teman kita sendiri. Promosi secara halus gitu deh. Metode ini paling populer dan efektif untuk meningkatkan pencarian di search engine karena search engine lebih mementingkan 'user experince'.



9. Engagement.
Engagement atau kalau di Indonesiakan artinya perilaku pengunjung. Nyatanya engagement kini semakin dilirik sebagai cara untuk meningkatkan SEO selain isi kontent yang mempunyai manfaat sehingga menarik untuk dibaca dan pengaruh backlink.

Untuk menghasilkan tulisan yang berkualitas dan dapat dipertanggungjawabkan isinya kita harus mencari referensi dari website yang terpercaya, kan? Mas Rendi Doroii memberi contoh misalnya Wikipedia atau Qora. Website terus banyak dibuka orang.

Dengan menghasilkan tulisan yang bermanfaat, dengan sendirinya orang akan menshare kembali tulisan kita misalnya aja melalui Facebook atau Twitter. Artinya kalau begini, engagement kita sudah optimal, nih!

10. Measuring.
Untuk mengukur kesuksesan SEO dikembalikan lagi ke teman-teman sukanya pakai apa. Umumnya sih yang dipakai adalah Google Analytic, Mozrank, Ashref dan lainnya. Kalau teman-teman pake apa?



Nah, gimana? Sudah paham? Sudah punya gambaran, kan,  mengenai SEO? Yuk, mari kita coba ya mulai sekarang bikin artikel dengan menggunakan keyword dan SEO yang tepat.

Oiya, kebetulan Bank Mandiri sedang mengadakan lomba blog dan SEO nih. Hadiahnya bikin mupeng deh. Ada laptop, camera, smartphone, hardisk dam voycher belanja. Penasaran kan, ikutan yuk :)



33 komentar:

  1. Aku belum belajar SEO sama sekali nih. Huft huft huft, postinganmu jadi ngingetin diriku lagi. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihi, akupun setiap mau mempraktekkan, selalu lupa. Jempolnya selalu kebablasan publish duluan re hihihi

      Hapus
  2. Zaman serba digital apa2 dimudahkan ya. Juga urusan SEO ya asal rajin oprek oprek terdeteksi ya kak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya betul kak, rajin rajin aja ngoprek. Aku pun masih harus belajar banyak nih hehe

      Hapus
  3. Saya sudah pernah jadi pengguna bank mandiri, sayangnya atm saya hilang entah dimana. mau mengurus lagi mesti ke kantor polisi minta surat keterangan kehilangan itu.
    makasih sharing tentang SEO-nya ya mbak, sebagian sudah coba diterapkan nih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah sekarang ikutan lombanya yuk kak :)

      Hapus
  4. waaaah bermanfaat tuh tips optimasi SEO nya. Mau banget ih ikutan acara2 kek begini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kak, otak ngebul tapi penasarannya jadi ilang hehe

      Hapus
  5. Aku susah banget daftar mandiri online, terutama verifikasi no hape. Sampai sekarang belum bisa dan akhirnya pakai internet banking mandiri biasa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. gini kak. Nomor Simcardnya yang didaftarkan utk mandiri online harus ditaroh di slot pertama. Kalau perlu matikan kuota di simcard kedua. Semoga sukses kak. Aku sukses pake cara tsb hehe

      Hapus
  6. Bermanfaat banget mbak di, kalau ketemu langsung aku mau belajar lebih dalam tentang SEO ah, boleh kan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. siyappp dew, apa sih yang ngga buat kamu mah. ciyeee hahaha

      Hapus
  7. Wah nice info mbak, tapi aku belum tau cara menghilangkan www niy mau belajar ah...

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama kak, akupun baru belajar ini hehehe

      Hapus
  8. lengkap ya Mandiri online, banyak fitur yang memudahkan nasabah bertransaksi. btw, SEO aku masih basic banget nih mba hehhee.. sharing dari mba nambah ilmu banget :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah bila sedikit bisa mencerahkan ya Ai, hehehe

      Hapus
  9. Waaahhhhh... Pas banget nih lagi butuh pencerahan tentang SEO terus baca tulisan mbah Diah deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. ahahaha, semoga ngerti bahasa aku ya chie uhuhuhuu

      Hapus
  10. Foto juga penunjang SEO mba Diah. Klik foto dan klik lagi "properties". Masukin deh keyword yang relevan dengan artikel.

    BalasHapus
  11. akh seneng bisa nambah ilmu ngeblog belajar seo... makasih mbak diah
    btw aq blm jadi nasabah bank mandiri jadi belum bisa pakai mandiri online-nya, thanks juga infonya mbak

    BalasHapus
  12. Makasih mba Diah atas infonya,,saya masih awam banget sama SEO dans ekarang lagi belajar dikit2 heuheuu.

    BalasHapus
  13. Keren MB pembahasan detail bngt

    BalasHapus
  14. Bisa buka deposito lewat mandiri online, keren banget ini. Kan jadinya nggak perlu ngantri di bank, hemat waktu

    BalasHapus
  15. Paham paham. Dan sudah dipraktekkan beberapa. Tapi katany, template yang aku pake ini belum ramah SEO. Tapi ak belum sempat nih utak atik ganti template. Boookk itu bisa makan waktu lama ngutak ngatiknya.

    BalasHapus
  16. aku selalu penasaran dengan ilmu SEO deh mba, makasih yaa artikelnyaa...

    BalasHapus
  17. TFS! bermanfaat banget supaya SEO blog bisa jalan nih :)

    BalasHapus
  18. Pengen banget coba topup e-money. Tapi sayang hp tdk punya NFC

    BalasHapus
  19. Beberapa kali ikut kelas SEO, tapi bingung mau nerapinnya.
    Pernah saya coba, tapi tdk terlalu berpengaruh :)

    BalasHapus
  20. makasi mba diah info SEO nya, gak ikut acaranya pun akutetap bisa belajar dari blog nya mba diah :*

    BalasHapus
  21. Ajak2 mba diah kalo ada pelatihan seo lagi. Mau ikutan ih kemaren ini. Tapi gak bisa. Pengen bgt bisa dapet banyak ilmu soal seo ini kaya mba diah. Ini si yoast hanya untuk wordpress ya mba diah. Bukan untuk blogspot?

    BalasHapus
  22. Belajar SEO emg perlu supaya blog kita jadi lebih berisi ya. Tapi belajarnya ga cukup sehari deh,rada mumet juga nih buat saya hehehe.

    BalasHapus
  23. Wah, jd ikutan belajar SEO nih disini. Makasih banyak mbak ilmunya nih.

    BalasHapus
  24. Satu acara dapat dua ilmu. Aku punya rekening bank Mandiri tapi ga bikin Mandiri online padahal banyak fiturnya, harus bikin nih. Materi SEO-nya juga oke banget untuk diterapkan

    BalasHapus