Colour To Life, Asyiknya Mewarnai Games Seru Faber Castell



Setiap hari Jumat Dega pulang sekolahnya lebih cepat. Jadi bisa sholat Jumat di mesjid dekat rumah. Tapi tumben-tumbenan kemarin dia pulangnya selepas Jumatan. Mukanya klihatan berengut.

Secara naluri saya masuk ke kamarnya. Tadi sewaktu makan siang, saya lihat alisnya bertaut terus. Sepertinya ada masalah. 

Di kamar, saya lihat dia lagi main games di hapenya. Pancing-pancing sedikit, lalu keluarlah ceritanya. Jadi ceritanya dia lagi bingung. Kelasnya lagi mengumpulkan uang tabungan untuk bikin kaos kelas untuk perpisahan SD. Sebagai ketua kelas dia kebingungan memutuskan (meskipun sudah voting suara) memilih kaos berlengan panjang, pendek atau model raglan. Warnanya biru, abu-abu atau putih. Designnya seperti ini atau itu.

Saya paham, sih, betapa susahnya membahagiakan semua pihak. Cape hati pastinya. Tapi cape hati koq malah main games, sih, De? 

Ahaaa... kemudian saya menemukan ide. Kebetulan kemarin saya mendapat kiriman paket Colour To Life Faber Castell dari Kumpulan Emak Blogger.



"Ya udah daripada bete, mewarnai ini aja berdua sama ibu, yuk, De?" Saya ulurkan kotak Colour To Life dari Faber Castell ke hadapannya.  

"Ngga, ah. Lagi tanggung!" sergahnya, cemberut. 

"Ya udah kalau ga mau. Ibu numpang mewarnai aja ya di tempat tidur kamu." 

Hening. 

Bahaya Bermain Games di Gadget 
Sebelum membahas mengenai produk Colour To Life saya mau tanya dulu, ya. Selama ini siapa hayo yang anak-anaknya kerap lupa waktu ketika bermain games di gadget? Waspada. Bermain gadget terus menerus dapat menyebabkan kecanduan. Selain itu berbagai masalah kesehatan pun kerap terjadi pada anak yang hobi main game sampai lupa waktu. Diantaranya : 
  • jadi obesitas karena kurang aktivitas fisik 
  • mengalami kelelahan mata yang dapat menyebabkan rabun jauh 
  • hobinya jadi marah-marah terus karena stimulus di otaknya memaksa dia untuk memenangkan games. Kalau kalah dia jadi uring-uringan
  • Sakit punggung, keram di jari-jari, bahkan ada yang sampai kena serangan jantung
Sebagai orang tua tentu saja saya harus bijaksana menyeimbangkan hobinya anak jaman sekarang yakni bermain gadget. Saya tidak mau Dega jadi kecanduan dong. 

Dan saya setuju bahwa mewarnai adalah kegiatan yang menenangkan hati sekaligus melatih konsentrasi. Melalui kegiatan mewarnai anak jadi terlatih untuk tidak melulu bermain gadget. Saat mewarnai ia akan berusaha tetap konsentrasi menjaga agar arsiran warnanya gimana supaya tidak keluar dari bidang warna. Itu adalah latihan untuk menjaga emosinya tetap stabil. 


Keunggulan Colour To Life
Saya buka kotak berukuran 26 cm x 19 cm x 2 cm Colour To Life Faber Castel. Nah, pas melihat kemasannya, belum-belum saya sudah jatuh hati. Kemasannya ini sangat ekslusif dengan sealed yang rapi menutupi empat sisi. Kertas covernya pun tebal, jadi ga gampang penyok. Saya raba permukaan kemasannya juga halus. Dijamin cocok untuk dijadikan kado, deh. 

Produk Colour To Life Faber Castell menjadi solusi atas kegundahan para orang tua seperti saya terhadap kebiasaan anaknya bermain gadget terus menerus. Di dalam produk Colour To Life ini kita akan menemukan inovasi baru dalam mewarnai. Berikut keunggulannya :
  • Teknologi AR (Augmented Reality) 
Augmented Reality adalah sebuah teknologi yang menggabungkan benda dua dimensi (gambar yang diwarnai) menjadi benda 3 dimensi (lebih nyata). Sehingga gambar yang diwarnai nantinya akan lebih nyata dan hidup.
  • Ada Gamesnya
Selain mewarnai secara konvensional dan memiliki teknologi AR, Colour To Life juga ada gamesnya. Dengan begini, selain mewarnai anak-anak pun tetap bisa bermain games melalui gadgetnya. Dan jadi lebih spesial lagi karena karakter dalam games diciptakan oleh dia sendiri dengan warna yang disukainya.



Ada 5 games yang bisa dimainkan dalam aplikasi Colour To Life dimana masing-masing permainan mempunyai manfaat dalam tumbuh kembang anak yaitu sebagai berikut :

Untuk melatih konsentrasi dan motorik koordinasi tangan dan mata bisa memilih games Giddy Up!, Pogo Boy, atau Safe Flight. 

Sementara games Dress-Up Challenge dan Balance Your Brain bermanfaat untuk melatih keseimbangan otak kanan dan kiri dan melatih daya ingat.
  • Harga
Produk Colour To Life dibandrol dengan harga sekitar Rp 100.000-an di Tokopedia, Gramedia dan toko buku terdekat. Mahal ga? Masuk akal-lah ya mengingat produk ini lain dari produk mewarnai biasanya karena menggunakan teknologi AR.

Disamping itu kalau melihat isinya, ada 15 gambar Augmented Reality yang dapat kita warnai sesuai keinginan. Nah, kelima belas gambar tadi berisi tokoh karakter dari 5 games yang nantinya dimainkan. Jadi, setiap games memiliki 3 gambar tokoh karakter games yang semuanya menarik untuk dimainkan bergantian.


  • Two in One 
Oh iya, di dalam Colour To Life disediakan pula alat mewarnainya, nih. Namanya Connector Pens. Jumlahnya ada 20 warna sehingga membuat kegiatan mewarnai jadi lebih asik berkreasi, ya kan.



Nah, connector pens ini juga punya manfaat lain, lho, selain sebagai alat mewarnai. Ingat dengan permainan lego, ga? Nah, tutup connector pens ini berfungsi sebagai alat untuk bermain rancang bangun sehingga kreatifitas anak-anak jadi makin terasah. Dan lagi, connector pens juga tintanya mudah dicuci bila menempel di kaos dan aman pula untuk anak-anak karena tidak mengandung racun. Yeayyy...  

Cara menggunakan Colour To Life gampang banget : 


  • Download aplikasi Colour To Life di playstore
  • Buka kemasan produk Colour To Life yang masih disegel. 

  • Pilih salah satu dari 15 gambar lalu warnai sesuka hati dengan Connector Pens di dalam kemasan asalkan jangan di bagian framenya, ya. Karena dapat menyebabkan proses gagal saat scanning.
  • Setelah diwarnai lalu scanning. Caranya : 

posisikan gambar kurang lebih sekitar 30 cm jaraknya dari kamera hape.
Atur sedemikian rupa supaya bidang gambarnya tepat berada di tengah kamera hape.
Tunggu sebentar sampai bereaksi (apa sih namanya? :D)



Bila kesulitan saat scan, arahkan kamera ke obyek lain sebentar lalu segera kembalikan untuk scanning. Pasti bisa, deh.  
Taraaaaa, setelah berhasil, gambar yang diwarnai tadi jadi tampak lebih nyata dalam bentuk 3D.


Setelah gambar berubah wujud jadi terlihat nyata, kita bisa menyentuh karakter gambarnya. Nah, ini udah mulai asik nih. Bisa diatur mau menghadap kemana. Penasaran, kan? Cobain sendiri deh hihihi...
  • Pengen selfie dengan karakter ciptaan kita? Bisa banget. Sentuh saja ikon bergambar kamera nanti dengan sendirinya akan masuk ke mode foto. Perbesar, perkecil, atau diputar-putar karakternya suka-suka aja deh. Selanjutnya, klik deh dengan kamera depan atau belakang. Sama aja, semua bisa, koq!

  • Selanjutnya juga seru nih yaitu main games. 

Berikut cara mainnya :




Saat saya asyik mewarnai, dari sudut mata saya melihat Dega mulai tertarik. Betul saja. 

"Udah jadi, bu?"

"Udah dong. Sini, De, bantuin scanning, ibu, yuk!" ajak saya. 

Oh, rupanya tadi Dega sengaja. Dia sebenarnya tuh cuma malas mewarnai saja. Dikiranya, Colour To Life sama saja dengan mewarnai seperti biasa hahahaha...



Tidak lama, setelah asyik main-main games Safe Flight dia kemudian bertanya. "Ada games apa lagi, bu?"

"Itu, masih banyak. Pilih aja, De. Tapi warnain dulu kaya ibu tadi, ya!"

Yess... yess.. yess... pancingan saya sukses bikin Dega lepas dari hapenya. Terimakasih Colour To Life Faber Castell, saya ga perlu kuatir lagi sekarang. Me time saya dan Dega sukses banget ini untuk memperkuat bonding dengannya sekaligus tetap mengedukasi dia secara halus.
















Komentar