Selasa, 31 Juli 2018

Kontingan Kebaikan Upaya Danone Aqua Terus Tebar Nilai Kebaikan Pada Sesama



Belum lama ini saya menonton video di beranda sosial media saya. Isinya mengenai buah manis dari kebaikan seorang pasangan suami istri. Mereka sebenarnya sudah memiliki 5 anak tapi koq ya masih mau mengadopsi 3 anak tetangganya sebelum ia wafat karena kanker. Tidak disangka-sangka, stasiun televisi kemudian merenovasi rumahnya yang penuh sesak berisi 10 orang tersebut sehingga menjadi nyaman dihuni. Finally, they are happily ever after.

Saya percaya berbuat kebaikan itu sifatnya seperti air mengalir. Bila satu orang berbuat kebaikan di sekelilingnya pun akan tertulari. Oleh sebab itu Danone - Aqua sebagai pelopor air minum dalam kemasan dan makanan ringan di Indonesia berinisiatif untuk mengajak masyarakat Indonesia tebarkan nilai-nilai kebaikan dalam ajang Asian Games 2018 dengan menjadi #KontingenKebaikan.



Nah, mengapa dinamakan kontingen kebaikan? Pasalnya nama kontingen jadi mengingatkan kita akan pesta olahraga yang sebentar lagi akan kita hadapi yakni Asian Games 2018. Terlebih, negara kita selaku tuan rumah perhelatan akbar ini pun dianjurkan pula oleh Presiden Jokowi untuk mendukung penuh event olahraga 4 tahunan tersebut dari semua elemen. Untuk itu, Danone - Aqua tidak mau ketinggalan. Kampanye Kontingen Kebaikan resmi di-launching di JCC, Senayan, Jakarta pada 25 Juli 2018 silam yang dihadiri Vera Galuh Sugijanto selaku VP General Secretary Danone Indonesia, Jeffri Ricardo selaku Marketing Manager Danone - Aqua dan perwakilan dari INASGOC selaku panitia pelaksana penyelenggaraan Asian Games 2018.

Dalam sambutannya, Vera Galuh Sugijanto, VP General Secretary Danone Indonesia menuturkan, "sebagai bagian dari Danone, kami meneruskan visi one planet one health di Indonesia yang melihat bahwa tubuh yang sehat didapatkan dari makanan dan lingkungan yang sehat pula."

Hal tersebut ditunjukkan oleh pelopor perusahaan Air Minum Dalam Kemasan dengan bukti nyata bahwa Danone - Aqua telah berhasil mengubah kebiasaan masyarakat untuk memasak air terlebih dulu sebelum diminum. Selain menghadirkan dehidrasi sehat, Danone - Aqua pun dikenal dengan merk yang identik dengan nilai-nilai kebaikan untuk kelestarian alam. Misalnya saja menggunakan bahan plastik untuk kemasan botol plastik yang ramah lingkungan supaya mudah diurai. Bekerjasama dengan sebuah desa di Yogyakarta untuk mensuplai minyak jelantah dari desa tersebut untuk digunakan sebagai bahan bakar mesin-mesin besar di pabriknya. Dan berupaya mendaur ulang sampah botol kemasan untuk dijadikan barang berdaya guna sehingga menaikkan ekonomi dengan sendirinya. Jadi, kebaikan itu seperti air mengalir, kan? :)

Dalam rangkaian kegiatan kampanye Kontingen Kebaikan ini ada beberapa kegiatan dengan nilai-nilai kebaikan yang diluncurkan yaitu :

Danone - Aqua bekerjasama dengan komunitas lokal aktif membagikan air mineral bagi peserta dan masyarakat yang hadir meramaikan pawai obor Asian Games 2018. Dalam hal ini Danone - Aqua berpartisipasi di 5 kota besar yakni Yogyakarta, Bali, Palembang, Bogor dan Jakarta dan memastikan sampah kemasan plastik dikumpulkan untuk didaur ulang menjadi barang bermanfaat.

Selain membagikan air mineral gratis pada pawai obor, Danone - Aqua juga akan hadir di beberapa stadion pertandingan untuk menginformasikan pentingnya memilah sampah dan membuangnya ke tempat sampah. Nantinya, sampah-sampah kemasan plastik yang terkumpul akan dibawa ke Recycle Business Unit (RBU) untuk dijadikan barang-barang bermanfaat dan mempunyai daya jual.

Untuk mewujudkan nilai-nilai kebaikan Danone - Aqua mengapresiasi orang-orang yang dianggap berjasa atas prestasi atlet. Mereka adalah keluarga, pelatih, tenaga medis, ahli gizi dan pihak-pihak lain yang terkait yang rela berkorban apapun demi keberhasilan atlet mencapai prestasinya.

"Seperti air, kebaikan juga mengalir di mana-mana. Semua yang berada dibalik keberhasilan seorang atlet selayaknya mendapat pengakuan atas dukungan mereka yang baik. Kami mencoba mengangkat kisah mereka untuk menginspirasi dan menularkan tindakan kebaikan serta mengapreasi mereka dengan memberikan MEDALI KEBAIKAN," jelas Jeffri Ricardo, Marketing Manager Danone - Aqua.




Adapun tokoh-tokoh yang dimaksud ikut hadir dalam launching kampanye Kontingen Kebaikan yaitu Lilies Handayani seorang ibu dari atlet panahan Dellie Threesyadinda yang juga mantan atlet panahan peraih medali perak Olimpiade Seol 1988 dan Rosida seorang guru olahraga yang menemukan bakat lari Lalu M. Zohri yang baru-baru ini populer karena telah memenangkan lomba lari jarak pendek usia 20 di Finlandia.

Nilai-nilai kebaikan yang terus dilakukan secara konsisten oleh Danone - Aqua sejak berdirinya 45 tahun yang lalu tidak lain agar nilai-nilai warisan bangsa seperti gotong royong, tolong menolong, ramah tamah dan pandai bertenggang rasa akan semakin kuat ditebarkan seluruh komponen masyarakat selama Asian Games 2018 berlangsung.

Untuk itu, Danone - Aqua pun mengajak seluruh masyarakat untuk menemukan momen kebaikan selama berlangsungnya penyelenggaraan Asian Games 2018 dengan mengadakan lomba foto. Ada dua kategori lomba foto yakni  untuk profesional (fotografer profesional dan jurnalis) dan umum (untuk masyarakat umum). Karena dengan foto, momen kebaikan dapat terekam dan menjadi inspirasi bagi kita semua untuk terus berbuat baik dan saling menularkan nilai-nilai kebaikan.










































14 komentar:

  1. Bangsa kita memiliki warisan nilai-nilai kebaikan yang sudah seharusnya dilestarikan ya Mba.. Dengan semangat menebar kebaikan tentunya sudah membuat kita menjadi kontingen kebaikan.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, itulah makanya Danone - Aqua konsisten terus menjaga supaya jangan sampai nilai-nilai kebaikan bangsa kita tergerus dimakan jaman :)

      Hapus
  2. Jadi makin cinta sama AQUA pelopor minuman berkualitas. Nilai kebaikan dan gotong royong yang selalu dijaga Danone sudah terbukti.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ri, makanya jangan sampe ilang nilai nilai warisan kebaikan dan gotong royong yang sudah jadi ciri khas bangsa kita selama ini ya

      Hapus
  3. Semoga dengan adanya kampanye kontingen kebaikan dari Aqua nilai2 dan tata Krama bangsa Indonesia yg dulu terkenal santun bs kembali dilestarikan dan dijalankan ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin, semoga ga pudar dan makin hilang warisan budaya yg slama ini jadi ciri khas bangsa kita ya :)

      Hapus
  4. Aku yakin banget kontingen Indonesia jadi makin semangat dengan adanya Kontingen Kebaikan..,go Indonesia

    BalasHapus
    Balasan
    1. jebredd jebreeeddd... rata kau hahaha


      jadi syuka sama komen komen dari komentator selama Asian Games ini hahah

      Hapus
  5. Tahu aja kalau ke stadion sampah suka buang sembarangan yang akan merusak pemandangan stadion

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihi, makanya kudu disemprit biar jadi kebiasaan, kalo udah jadi kebiasaan jadi kebudayaan. Mantap kaan :)

      Hapus
  6. Aqua, dari dulu untuk misi sosial, lingkungan dan kebaikan sudah konsisten sampai sekarang. Semoga terus menebar kebaikan ~

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul, Aqua konsisten melestarikan alam dari dulu dengan menebarkan kebaikan

      Hapus
  7. Setuju menularkan kebaikan karena positif akan narik hal positif juga :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah kan, dari hal sepele aja dulu dimulainya ya vit yaitu dari diri sendiri yega hehe

      Hapus