Kamis, 30 November 2017

Nutriforce, Solusi Memenuhi Kebutuhan Harian Nutrisi Untuk Anak

November 30, 2017 16


Bicara tentang nutrisi untuk anak, sebagai org tua kita pasti ingin dong memberi nutrisi yang baik untuk anak kita.  Apalagi untuk anak-anak kita yang di usia sekolah. Yaitu di usia 5 – 12 tahun yang di masa tumbuh kembangnya ini mereka sudah bisa memilih apa yang diinginkannya. Memilih aktivitasnya sendiri mau ikut les ini itu; mau berteman dengan si ini dan si itu; bahkan di usia ini jadi lebih picky sama makanan.


Dega yang sekarang sudah kelas 5 juga begitu. Untuk bekal sekolah dia cenderung memilih makanan olahan daripada membawa lauk ikan, alasannya ada durinyalah. Kalau disuruh membawa daging, alasannya susah memotong-motongnya. Disuruh bawa membawa sayur tumisan atau berkuah, alasannya takut tumpahlah. Alasan terus.

Dengan mengkonsumsi makanan yang itu-itu terus, terlebih aktivitasnya yang terbilang padat dari pagi sampai sore terus terang saya kuatir dengan gizinya. Memang sih Dega berperawakan gemuk, tapi gemuk bukan jaminan bahwa dia sehat, kan?

ki - ka : Andrew Soendjojo, Roslina Verauli, Jansen Ongko, Artika Sari Devi


Kebetulan dalam talkshow mengenai nutrisi untuk dukung fokus, aktivitas dan ketahanan anak usia sekolah saya berkesempatan hadir bersama teman-teman Blogger dari komunitas KEB (Komunitas Emak Blogger). Acara yang berlangsung di Lewiss & Carol Resto Jalan Bumi Jakarta Selatan ini turut menghadirkan nutrionist Jansen Ongko, psikolog Roslina Verauli yang ngetop di layar teve dengan talkshow inspirasi wanita, juga Artika Sari Devi selebriti sekaligus ibu dua anak yang full activity.


Narsum pertama, Jansen Ongko, nutrionitst menyoroti mengenai masalah gizi di Indonesia. Menurutnya, masalah gizi di Indonesia dibedakan menjadi dua yaitu kekurangan zat gizi makro dan kekurangan zat gizi mikro.



Kekurangan zat gizi makro atau mal nutrisi meliputi 3 hal :
1.      kurang protein (kwashiokor) yang beberapa diantaranya dapat menyebabkan tinggi dan berat badan anak tidak berkembang, mudah mengantuk dan lelah, diare, juga mudah terkena infeksi.


2.      kurang energi (maramus). Jika kwashiorkor adalah malanutrisi karena kekurangan protein namun dengan asupan energi yang cukup, maka marasmus adalah kekurangan asupan energi dalam semua bentuk, termasuk protein. Gangguan Maramus dapat menyebabkan kerusakan hati, pernapasan, tuberkolosis dan HIV.


3.      masalah kurang gizi kronis yang disebabkan oleh asupan gizi yang kurang dalam waktu cukup lama akibat pemberian makanan yang tidak sesuai dengan kebutuhan gizi (stunting). Umumnya stunting terjadi sejak bayi masih dalam kandungan yang disebabkan oleh ibu hamil tidak mengkonsumi makanan bergizi.


Kekurangan zat gizi mikro seperti zink, zat besi, vitamin B dan vitamin C sangat dibutuhkan anak usia sekolah. Karena mereka membutuhkan zat tersebut sebagai energi dalam menjalankan kegiatan harian di sekolah dan aktivitasnya di luar sekolah. Selain itu, mereka juga membutuhkan zat tersebut untuk mendukung fokusnya saat belajar dan membantu imunitas tubuhnya. Kekurangan zat gizi mikro pada anak dapat menyebabkan Anemia, GAKY (Gangguan Akibat Kurang Yodium), dan KVA (Kurang Vitamin A).

Anemia atau kurang darah adalah suatu kondisi tubuh yang terjadi ketika sel darah merah (eritrosit) dan/atau hemoglobin (Hb) yang sehat dalam darah berada di bawah nilai normal.  


Jansen mengatakan, anemia defisiensi zat besi pada anak usia sekolah yaitu 5 – 12 tahun cukup mengkuatirkan, yaitu 26,4%. Untuk itu kita sebagai orang tua harus jeli memperhatikan gejalanya. Karena pada fase awal, tidak ada gejala yang dapat dilihat akan tetapi pada fase lanjut, gejalanya adalah sebagai berikut :



Gejala anemia bila dibiarkan maka yang terjadi pada penderita akan mengalami lemah, mudah mengantuk dan lesu karena organ-organ tubuh tidak mendapatkan apa yang mereka butuhkan untuk berfungsi dengan baik, yaitu oksigen. Dampaknya berpengaruh sekali pada pertumbuhan dan perkembangan anak juga perkembangan otaknya.



Oleh sebab itu dengan menerapkan pola makan yang baik dan memilih bahan pangan yang tinggi akan zat besi, asam folat, vitamin B12 dan vitamin C merupakan tindakan pencegahan agar terhindar dari anemia. Jansen mengingatkan piring makan rainbow, yaitu dalam satu piring tersedia beragam warna yang mencakup 4 sehat 5 sempurna.




Di kesempatan ke dua, Roslina Verauli, psikolog, menyoroti mengenai perubahan yang terjadi pada anak usia sekolah sehingga pola pengasuhannya juga tidak bisa disamakan. Ia mengatakan, "yang harus diketahui orang tua, seiring bertambahnya usia anak, peran orang tua berubah. Ketika anak berusia 0-2 tahun, orang tua kayak babysitter anak. Mulai dari ganti popok, nyuapin makan, nemenin tidur sampai seterusnya.”


Untuk anak usia 3 – 5 tahun atau balita, peran orang tua berubah lagi. Terlebih di usia ini akan sudah mulai mengeksplorasi lingkungan sekitar melalui warna, bentuk, ukuran dan sebagainya. “Nah, kalau umur anak sudah di atas 5 tahun kan sudah ada yang sekolah. Oritentasinya bertambah deh yaitu berupa akademis, pertemanan, kegiatan dan aktivitas fisik.”



Vera mengingatkan, ketika anak sudah mempunyai banyak kegiatan di luar rumah, mereka bisa mempunyai gaya hidup tidak sehat. Misalnya, karena kebanyakan les anak jadi tidak punya waktu lagi untuk melakukan aktivitas fisik seperti bermain sepeda. Dan, untuk menyiasati waktu yang sempit pun kadang mereka jadi jajan snack yang empty calori. Apalagi saat pagi hari, untuk mengejar waktu supaya tidak terlambat sekolah anak jadi malas sarapan dan lebih memilih jajan saja.
Vera juga mengatakan, ketika anak memasuki usia sekolah, pola pengasuhan orang tua harus dibedakan dengan anak usia pra sekolah. Dengan menekankan kepada teknik diskusi dan memberi reinforcement atau penguatan yang logis dan menerapkan tenik co-regulation atau aturan bersama anak tidak merasa disuruh ini itu tanpa tahu alasannya.




Misalnya, saat menyuruhnya makan kita tidak bisa menyuruhnya dengan kata-kata, “ayo nak, makan ini, minum itu.” Kita harus jelaskan kenapa dia harus minum ini kenapa harus makan itu.
Untuk memberikan nutrisi yang baik untuk anak mau tidak mau kita harus mengajak anak untuk makan makanan sehat. Data menunjukkan bahwa masuknya konsumsi zat besi dan asam folat yang tidak memadai berkolerasi dengan performa test yang sedikit lebih rendah.


Nah, dampak jangka panjang malnutrisi karena tidak tercukupinya gizi anak yaitu pertumbuhan fisik yang rendah, stunting, IQ rendah, koordinasi motorik rendah, dan kurang fokus. Sedangkan dampak negatif dari malnutrisi pada kemampuan belajar dan perilaku akan semakin intens saat anak memasuki tantangan akademis dan sosial yang baru di sekolah yang ditandai dengan peningkatan hormon kortisol atau hormon stress dan detak jantung.





Nah, sekarang apa yang bisa kita lakukan? Vera kemudian memberikan 5 tips untuk orang tua agar masa depan anak lebih baik. Caranya adalah menerapkan metode ABC’s Behavior Modification.
A = Antecendant. Di sini kita harus mengingatkan bahwa hidup bukan untuk sekarang tapi nanti.
B = Behavior. Jadi, kita tidak boleh main perintah anak saja untuk makan tapi kita sendiri tidak.
C = Consequences. Untuk itu diperlukan aturan bersama, satu makan sayur semua makan sayur. Dengan menjadi role model yang tepat, konsekwensinya jelas jika tidak makan sayur akan berdampak pada kesehatan. Jadi ada sebab dan akibat. 




Perkara menyiapkan makanan sehat untuk anak bisa kita lakukan dengan beberapa cara misalnya dengan selalu menyediakan dan hanya memberi makanan sehat di rumah, juga mengajak anggota keluarga untuk makan malam bersama dan mengikuti program sarapan dan makanan sehat di sekolah bila diperlukan.


Untuk mencukupi kebutuhan nutrisi kedua anaknya, ada kebiasaan unik yang dilakukan nara sumber ke tiga, Artika Sari Devi. Jika biasanya orang makan buah setelah makan makanan utama, tapi Artika lain lagi. Ia memilih menyuapi anak-anaknya buah-buahan saat sedang santai di rumah. Menonton televisi misalnya. Jadi, buah dijadikan cemilan. Boleh juga idenya nih J


Tapi bagaimana jika anak-anak tidak sempat atau tidak suka makan buah? Minute Maid Nutriforce solusinya. Artika mengatakan, “kini saya ada pilihan memberikan minuman bernutrisi dengan kebaikan jus buah yang mampu memenuhi 1/3 kebutuhan gizi harian anak saya. Untuk itu, saya sekarang memasukkan Minute Maid Nutriforce ke dalam bekal sekolah anak saya.”


Sebagai anggota keluarga baru Minute Maid, Nutriforce adalah minuman jus kemasan penuh nutrisi yang rasanya enak dan diperuntukkan untuk ibu dan anak. Mengandung 11 vitamin dan mineral Nutriforce yang berisi 8 vitamin dan 3 mineral membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian (vitamin B12, C, D dan Zink).

Mengapa 11 gizi bermanfaat tersebut penting untuk anak-anak?


Andrew Soendjojo selaku Marketing Manager Minute Maid mengatakan, “fokus, aktivitas dan ketahanan fisik merupakan tiga pilar dari Minute Maid Nutriforce. Dengan gizi bermanfaat yang terkandung dalam Nutriforce dapat membantu pembentukan sel darah merah untuk mencegah anemia, energi untuk kebutuhannya saat beraktivitas dan antioksidan sehingga anak tidak mudah terserang penyakit.


Berikut perbandingan Nutriforce dengan merk lain.



Jadi,  mulai sekarang jadikan Nutriforce minuman untuk bekal sekolah anak kita yuk. Karena, Nutriforce sangat praktis diminum kapan saja, baik sebelum atau sesudah beraktivitas maupun sebagai pelengkap makanan utama. Selain itu, Nutriforce juga aman dikonsumsi karena mengandung jus buah asli yaitu jeruk dan yang akan segera keluar varian barunya yaitu rasa mangga diformulasikan tanpa pengawet, pemanis buatan dan pewarna. Nutriforce pun diproses dengan teknologi aseptik untuk menjaga sterilitasnya.





Rabu, 29 November 2017

Pentingnya Edukasi Menyenangkan Untuk Anak

November 29, 2017 0

Katanya, masa kecil adalah masa yang paling indah. Bener banget itu. Akan tetapi, indahnya masak kecil anak jaman old dengan anak jaman now tidak sama. Jaman old, waktu saya main di luar rumah sampe ga ingat waktu dan dicariin ibu adalah surga banget. Jaman now lain lagi, anak lebih suka main games di gadget daripada main di luar. Sampe disuruh main ke luar aja susah banget.


Dalam soal pendidikan juga tidak bisa disamakan. Jika dulu, anak ibarat cangkir air yang hanya pasif menerima air (baca: ilmu) ke dalam cangkir (baca : otak)-nya sampai penuh sementara anak jaman sekarang lain lagi. Dengan inisiatifnya mereka justru mencari berbagai info dan pengetahuan dari berbagai sumber. Bisa dari tokoh di luar rumah yang menginspirasinya bisa juga berselancar di dunia maya melalui gadgetnya.
    bareng sosok humble Mr. Hernan Barbieri (Perwakilan Head Quarter KidZania Mexico). Baju kita kembar ya pak :)


Sifat kids jaman now yang sering disebut-sebut dengan generasi milenial lainnya memang tidak sama dengan jaman dulu. Mereka kreatif, kritis dan mudah beradaptasi pada setiap perubahan. Membuat orang tua mau tidak mau, suka tidak suka harus ikut beradaptasi juga terhadap pola pengasuhan pada anaknya.


ki  ka : Vera, Syahrul Gunawan, Arzettu Bilbinna, Zaskia Adya Mecca, Revalina S. Temat, dr Reisa Kartikasari 


Dalam talkshow mengenai pentingnya edukasi yang menyenangkan untuk anak di Kidzania Jakarta 24 November 2017 lalu hadir Nagita Slavina, Revalina S. Temat, Arzetti Bilbinna, Sogi, Desta, Syahrul Gunawan, Zaskia Adya Mecca, Melannie Ricardo dan lain-lain untuk sharing mengenai pola pengasuhan anak-anaknya. Dipandu oleh Vera Itabiliana seorang psikolog, seluruh selebriti yang hadir dalam talkshow tersebut mengatakan setuju sekali bahwa pendidikan untuk anak harus menyenangkan. Dan sebaliknya, hiburan pun harus mengedukasi.



Zaskia Adya Mecca menceritakan, sewaktu masih kecil dulu, ia seringkali menunggu-nunggu jam pulang sekolah usai. Dan ia merasa apa yang dipelajarinya waktu sekolah dulu tidak mempunya manfaat  sama sekali di kehidupannya sekarang. Ia juga tidak malu dan jaim bila anaknya tau kelakuan masa kecilnya dulu. Dengan bersifat terbuka pada anak layaknya sebagai teman ia mengharapkan pendidikan anaknya kalau perlu tidak usah melewati pendidikan formal seperti anak pada umumnya. Dengan bermain sekaligus belajar dan memberi contoh secara langsung menurutnya lebih efektif untuk mengedukasi dengan cara menyenangkan.

happy birthday song to Kidzania yeayyyy.... 

Nagita Slavina yang turut hadir dengan suaminya, Raffi Ahmad mengatakan, ia tidak bisa berkelit sama sekali bila A’a panggilan Raffa anaknya ikut-ikutan bermain gadget sebagaimana tren sekarang. Meski A’a masih kecil, ia mengambil jalan tengah dengan memilihkan tontonan yang baik untuk A’a. Caranya, pertama ia harus menonton terlebih dulu untuk melihat layak atau tidaknya ditonton untuk anak usia A’a, selanjutnya mama yang kerap dipanggil Mamsye ini mendonload di youtube dan selanjutnya baru bisa ditonton A’a. Dengan cara tersebut, paling tidak ia berusaha meminimalisasi supaya anaknya tetap mendapat pengetahuan informal melalui tontonan yang mengedukasi.

ki - ka : Ibu Uchu Riza Advisor Kidzania, Kerry Riza Presiden Kidzania

Talkshow yang diselenggarakan berbarengan dengan ulang tahun Kidzania yang ke-10 ini merupakan bagian dari misi Kidzania selama ini untuk memberi pendidikan dengan cara menyenangkan. Sebagaimana dikatakan ibu Uchu Riza selaku Advisor Kidzania Jakarta bahwa, “masa depan sebuah bangsa tergantung dari pendidikan anak-anak di masyarakat. Untuk membuat dunia menjadi lebih baik adalah suatu tujuan mulia yang harus diwujudkan. Sebuah tempat dimana anak-anak mendapatkan haknya secara adil. Tempat dimana anak-anak bisa belajar dan bermain dengan gembira, mencapai mimpi tanpa batasan dan halangan.”

Mr. Hernan Barbieri (Perwakilan Head Quarter KidZania Mexico)

Sebagai pelopor tempat hiburan anak-anak yang berkonsep edutainment, Kidzania merupakan sebuah kota bagi anak usia 2 – 16 tahun  dimana mereka seolah tinggal dalam sebuah kota yang disebut dengan kota malam. Dirancang dan dibangun seperti layaknya kota sungguhan, replika kota di Kidzania dibuat seperti kota sesungguhnya namun dalam skala anak-anak. Ada jalan raya, hotel, perkantoran, minimarket, rumah sakit, bank, mesin atm, taksi, dan lain-lain. Di kota ini setiap anak dapat bermain peran atau profesi orang dewasa. Misalnya menjadi pilot, dokter, polisi, juru masak, ilmuwan, hakim, penjaga toko, karyawan parbik dan lain sebagainya.

45 partner bisnis Kidzania 

Sebagaimana profesi orang dewasa pada umumnya, di kota malam Kidzania setiap orang anak yang bekerja juga akan mendapat uang gaji. Uang gaji dengan mata uang Kidzoz tersebut bisa digunakan untuk membeli berbagai keperluan di minimarket atau ditabung di ATM. Sangat menyenangkan sekali.

ki - ka : guru Rina Marlina, Ratih Ibrahim Psikolog, Effendy Ghazalie tokoh politik, Suhartono Chandra pakar marketing


Dalam perayaan ulang tahunnya yang ke 10 ini, Kidzania selain mengadakan sesi sharing dengan selebriti mengenai pendidikan menyenangkan untuk anak, hadir juga para tokoh yang memiliki kepedulian sama yaitu bapak Effendi Ghazalie yang memberikan pandangannya dari kacamata politik, ibu Ratih Ibrahim melalui kacamata psikolog dan ibu Rina Marlina sosok guru yang memberikan pandangannya mewakili sisi sekolah dan murid-murid yang dibinanya.


Dalam perayaannya ini, turut hadir tamu-tamu perwakilan Kidzania mancanegara seperti dari Meksiko, Jepang, Singapura, Malaysia dan Filipina. Hadir pula 45 tamu dari partner industri Kidzania yang semuanya memiliki visi yang sama yaitu education for all dapat terwujud dengan melakukan penandatanganan prasasti marmer.

salah satu partner bisnis Kidzania setelah menandatangani prasasti 

tanda tangan 45 partner bisnis kidzania

Saya tertegun sekali mendengar kata-kata ibu Uchu Riza, “education is the beauty of human being. Education save lives. Education is the door for succes.” Selamat ulang tahun ke 10 Kidzania. Semoga tetap dapat menginsipirasi dan mewujudkan mimpi anak-anak Indonesia menjadi nyata.



Jumat, 24 November 2017

Tidak Suka Makan Ikan, Albusmin Solusinya

November 24, 2017 4


Kehamilan merupakan sebuah moment yang paling punya nilai historis bagi setiap ibu. Begitu juga dengan saya. Saya masih ingat sekali masa-masa kepengen makan yang asem-asem di trimester pertama. Saya juga masih ingat masa-masa mengalami sensasi ditendang perutnya oleh janin. Aneh tapi mengasyikkan gitu deh.


Selain kenangan akan yang indah-indah, akan tetapi kehamilan juga mengingatkan akan moment sedih dalam hidup saya. Misalnya saja, saat saya pernah mengalami bedrest berulang kali karena bleeding terus menerus setiap cape sedikit. Dikuatirkan, saya bisa keguguran. Seandainya pun bisa dipertahankan, resiko bayi lahir prematur terus menghantui saya selama hamil.



Saya tidak sendiri. Permasalahan selama kehamilan juga dialami banyak ibu hamil lainnya. Umumnya, perubahan hormon menjadi penyebab kenapa banyak ibu yang mengalami mual hebat sampai muntah-muntah di trimester pertama. Akibatnya, ibu jadi kekurangan asupan gizi karena memilih-milih makanan.


Hihihi... makan bakso tuh memang enak sih ya. Akan tetapi kebutuhan nutrisi yang diperlukan selama kehamilan tidak cukup hanya dengan makan bakso saja. Selama hamil, kita tidak boleh egois memilih makanan yang kita suka dan kita mau saja. Karena selama hamil ibu membutuhkan lebih banyak protein supaya tidak kekurangan albumin dalam darahnya.


Menurut hasil riset, sebanyak satu hingga dua ibu hamil di Indonesia mengalami kurang darah (kadar Hb rendah)


Apa sih albumin itu?
Albumin adalah salah satu bagian dari protein plasma darah yang mempunyai banyak peranan. Sebagai salah satu unsur terpenting dalam struktur plasma darah, banyak atau sedikitnya kadar albumin di dalam tubuh dapat mempengaruhi fungsi dan kerja plasma darah.
Peran albumin dalam darah yaitu mengatur tekanan osmotik darah dan menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Albumin juga berperan sebagai pengangkut nutrisi dalam tubuh dan membantu memperbaiki kerusakan jaringan sel dalam tubuh.


Sebegitu pentingnya peran albumin sebagai pengangkut nutrisi maka bila orang sudah makan makanan sehat dan baik tapi kadar albumin dalam tubuhnya rendah  maka tetap saja nutrisi tidak dapat terangkut untuk didistribusikan ke seluruh tubuh secara maksimal. Jika terjadi pada anak, bisa menghambat proses tumbuh kembang dan kecerdasannya. Sementara bagi ibu hamil, bisa menghambat tumbuh kembang pada janin dalam kandungannya. Pada beberapa kasus, kekurangan albumin juga dapat menyebabkan bengkak-bengkak di tangan dan kaki pada ibu hamil itu sendiri.


 
ki - ka : Daniel Thian, Chikita Rosemarie, Dr. Taufik Jamaan


DR. Dr. Taufik Jamaan SpOg, ahli Obstetri dan Ginekolog dalam talkshow mengenal manfaat albumin untuk kesehatan tubuh memaparkan, bahwa albumin diproduksi sendiri oleh tubuh melalui asupan makanan mengandung protein. Ada dua sumber protein yang dapat ibu hamil dapat mengkonsumsi melalui protein nabati dari olahan kedelai seperti tahu dan tempe. Untuk mendapatkan protein hewani kita bisa konsumsi telur, daging merah dan ikan.


Kalau tidak mencukupi juga dengan mengkonsumsi makanan berprotein saja, suplemen bisa jadi solusi untuk meningkatkan albumin. Tapi masalahnya, banyak ibu hamil yang kurang suka makan ikan karena bau anyirnya itu. Padahal untuk mencukupi kebutuhan rata-rata protein dalam sehari kita memerlukan protein sebanyak 60 gram yang setara dengan 6 butir putih telur. Banyak ya?


Dalam talkshow yang berlangsung pada 21 November 2017 di Frasser Restaurant, Setiabudi Jakarta Selatan dari kacamata ginekolog dokter Taufik mengatakan, albumin diperlukan bukan untuk ibu hamil saja, akan tetapi untuk pasangan suami istri yang sedang program kehamilan juga. Bagi istri bila kekurangan albumin dapat terjadi endema atau akumulasi jaringan di dalam jaringan yang menyebabkan bengkak-bengkak di beberapa bagian tubuh, sedangkan untuk suami kualitas spermanya sangat berpengaruh sekali.


Nah, tanda-tanda orang yang mengalami kekurangan albumin seperti apa?
Bagi orang normal,  jika kekurangan albumin akan berdampak pada rasa lemas, tenaga berkurang, dan mudah sakit. Kriteria kekurangan albumin adalah bila kadarnya kurang dari 3,4 g/dl yang biasanya ditemukan pada pasien dengan kondisi medis kronis seperti penderita kanker, luka akibat pembedahan, luka bakar, gagal ginjal, penyakit hati, penyakit saluran cerna kronik, radang atau infeksi dan diabetes melitus.


Untuk memenuhi kekurangan protein yang tidak cukup didapat dari makanan sehari-hari, sekarang ada suplemen tambahan albumin produksi PT. Pharos Indonesia yaitu Albusmin. Dengan bahan utama dari ikan gabus yang memiliki kadar albumin paling tinggi dibandingkan jenis ikan lainnya Albusmin juga dilengkapi dengan mineral penting lainnya.


Bapak Daniel Thian, General Manager PT. Pharos Indonesia mengatakan, hasil riset dari fakultas perikanan Brawijaya Malang mengungkapkan, kandungan albumin pada ikan gabus paling tinggi dibandingkan sumber albumin lain yaitu 62,24 g/kg sedangkan pada ikan lain atau daging dan telur hanya rata-rata 10 g/kg saja.


Untuk mensiasati orang yang tidak suka atau malas makan ikan karena baunya yang anyir atau takut durinya tercekat di tenggorokan Albusmin menjadi solusi praktis. Bapak Daniel Thian mengajak seluruh masyarakat indonesia khususnya kaum ibu untuk lebih peduli pada kesehatan diri sendiri dan keluarganya.


Mengenai PT. Pharos Indonesia
Sebagai salah satu perusahaan farmasi terbesar di Indonesia, PT Pharos telah berdiri sejak 40 tahun yang lalu. Dengan menggandeng perusahaan-perusahaan besar Eropa seperti Grunenthal, Grifols PT Pharos juga menjalin kemitraan dengan perusaah korea dan Jepang seperti KUP (Korean United Pharm), T&L Korea, Naris Cosmetics Japan dan Takeda Japan. 

Minggu, 05 November 2017

Ingin Sehat Dan Bahagia? Hargai Diri Sendiri, Yuk!

November 05, 2017 19


Sepertinya waktu berjalan cepat sekali. Tidak terasa sudah memasuki bulan November aja. Artinya, sebentar lagi tahun 2017 akan kita tinggalkan. Hari demi hari, bulan demi bulan, sibuk terus. Sampai-sampai waktu untuk diri sendiri hampir tidak ada. Saya lelah tapi bahagia. Saya bahagia tapi seperti ada yang hilang. Ada yang salah tampaknya. Apa kabarnya dengan resolusi tahunan saya? Huhuhuhuhu...

Bicara soal resolusi, dalam perjalanan waktu mencapai goal target saya, ada hal-hal yang saya sesali, pun ada yang tidak. Jadi baper deh ya bila ngomong soal penyesalan. Menyangkut hati soalnya. Saya tidak pernah menyesali perjuangan saya untuk jadi ibu ketiga anak-anak saya yang kini sudah besar-besar. Pun saya tidak menyesali lingkar perut saya yang semakin gede karena melahirkan. Akan tetapi, saya baru menyadari bahwa tidak selamanya saya sehat terus. Itulah penyesalan saya. Andai waktu bisa diputar kembali.

Flash back ke beberapa hari yang lalu soalnya saya baru menerima kiriman berkas dari RS. Kanker Dharmais. Dokumen tersebut adalah hasil laboratorium setelah saya melakukan test mamografi di unit mobil Mamografi milik YKPI (Yayasan Kanker Payudara Indonesia). Campur aduk perasaan saya membaca hasilnya. Membuat saya jadi stress. Saya ingin sehat :’(

Keterkaitan Stress Dengan Penyakit Masa Kini
Besarnya pengaruh stress terhadap kesehatan menjadi sesuatu yang menarik untuk dibahas dalam Blogger Gathering dengan tema The Secret Recipe Of Healthy And Happy Woman. Beruntung sekali saya bisa hadir dalam event yang diselenggarakan oleh Kalbe H2 Health and Happiness ini pada 28 Oktober 2017 di The Maja Restaurant, Mayestik, Jakarta Selatan.


Sampai sekarang, apresiasi terhadap pekerjaan ibu rumah tangga masih kurang. Ini fakta lho. Di tengah banyaknya tekanan dan pekerjaan yang harus dilakukan setiap hari, stigma kerjaan rumah tangga adalah kerjaan Babu alias ART membuat ibu rumah tangga rentan mengalami stress.

Akan tetapi sebagai perempuan kita harus bangga karena memiliki otak kanan dan kiri yang bisa digunakan berbarengan dengan maksimal. Ini yang sering kita dengar namanya “kemampuan multitasking”. Sudah banyak cerita kalau perempuan memiliki peran ganda dalam kehidupan pribadi maupun keluarga. Disamping harus menjaga kesehatan dan gaya hidup seluruh keluarga, peran lainnya adalah juga membantu finansial keluarga karena tuntutan kebutuhan yang meningkat.



Peran ganda ini membuat perempuan cenderung hanya memperhatikan orang lain ataupun keluarganya. Sementara penampilan dan kesehatan diri sendiri justru tidak sempat diperhatikan. Akibatnya, muncul masalah kesehatan seperti masalah obesitas yang kemudian menyebabkan kolesterol, nyeri sendi, diabetes, darah tinggi dan bahkan masalah yang kelihatannya sepele yaitu masalah kulit yang dapat menimbulkan hilangnya rasa percaya diri pada suami.

ki - ka : dr. Mely, Donna Agnesia, Kassandra Putranto, FX. Widiyatmo

Kesehatan Adalah Investasi
Ada banyak faktor yang membuat kulit menjadi tidak sehat. Bagi yang tinggal di perkotaan kemacetan di jalan adalah hal yang biasa. Akan tetapi, polusi akibat macet dapat menimbulkan radikal bebas. Nah, radikal bebas inilah yang dapat merusak kulit. Sehingga menimbulkan flek hitam, jerawat dan kulit kusam.

Kulit adalah investasi, jadi semakin dini dijaga akan semakin baik. Dr. Melyawati Hermawan, Sp.KK menegaskan, “jangan harap minum suplemen tiga hari hasilnya akan terlihat. Kita harus realistis. Untuk mendapatkan kulit yang sehat selain mengkonsumsi suplemen alangkah baiknya jika diimbangi dengan makan makanan yang bervariasi, sayuran hijau dan buah beraneka macam juga banyak mengkonsumsi air putih.”

Ciri-ciri wajah sehat seperti apa sih?

indikasi kulit sehat warnanya merata tidak belang baik di wajah maupun di leher. Terlihat segar dan bercahaya, kenyal, teksturnya halus, mulut dan lembut juga bebas noda. 


Don’t Worry Be Happy
Kulit sehat adalah investasi. Karena kecantikan akan terpantul dari kulit sehat dan itu bisa menambah rasa percaya diri. Untuk itu kita perlu menghargai diri sendiri dan sesekali merayakannya agar aura kecantikan terpancar dan mengurangi rasa cemas yang seringkali melingkupi diri kita.

Sudah kodrat memang bahwa perempuan itu sifatnya gampang cemas. Belum punya pasangan, cemas. Sudah punya pasangan, cemas kenapa tidak hamil-hamil. Sudah punya anak, cemas memikirkan anaknya nanti kenapa-napa. Begitu terus.

Menurut Psikolog Kassandra Putranto, mempunyai perasaan cemas adalah wajar. Akan tetapi kalau berlebihan baru tidak wajar. Misalnya, punya harapan tinggi tapi kenyatannya tidak sesuai dengan apa yang diharapkan. Dan yang dikhawatirkan, lantaran kecewa, maka perempuan sering melarikan diri ke makanan misalnya. Untuk itu, jika mengalami stress perlu adanya usaha untuk memanajemen stress atau kelola stress.

Karena kalau stress tidak dikelola dengan baik maka hormon stress (adrenalin, kortisol) akan meningkat dan menjadi racun pada saraf dan organ tubuh lain, kemudian mengakibatkan daya tahan tubuh menurun. Akibat stress dampaknya jadi susah tidur yang mengakibatkan masalah lain misalnya pada lambung, pernapasan dan kulit. Hal yang paling terlihat pada kulit adalah struktur kulit jadi menciut. Mengkerut. Jelek deh.

Untuk mendapatkan hidup sehat memang tidak gampang. Hal yang paling simple dilakukan adalah dengan mengubah pikiran di otak. Ciptakan terus pikiran bahwa stress itu menyenangkan, sarannya. Don’t worry be happy. Kuncinya, pencapaian goals harus diikuti dengan planning yang tepat.

Me Time
Pencapaian goals harus diikuti dengan planning yang tepat telah dijalankan Donna Agnesia seorang public figur yang banyak kesibukan. Sudah sibuk mengurus suami dan ketiga anaknya, dia masih harus mensiasati waktu agar fisiknya tetap sehat dan bugar. Menurutnya, menjaga kesehatan itu penting karena kesehatan adalah investasi. Kalau badan sehat tentu kita bisa beraktivitas maksimum.



Menghargai diri kita di tengah kesibukan memang susah sekali. Untuk itu Donna menerapkan ‘me time’ dengan cara sederhana. Tidak harus ke salon atau spa seharian, tidur siang tanpa gangguan adalah me time berkualitas ala Donna. Istri Darius Sinatrya ini menyarankan, lakukanlah apa yang disukai. Bila suka masak lakukanlah, bila suka menulis lakukankah. Karena apa yang dilakukan sesuai dengan passion tentu hasilnya akan ‘berbeda’ dibandingkan dengan yang tidak.

Fakta : tidur kurang dari 7 jam setiap malam akan mengurangi peluang hidup anda

Tips sehat ala Donna selain tidur cukup adalah olahraga seminggu kali dengan cara jalan pagi, minum air putih dan menjaga makan. Katanya, makan adalah caranya untuk menghayati hidup (*Tsaah, akhirnya ada teman juga saya hehheee). Yang penting makannya tidak berlebihan. Untuk mengontrol apa yang dimakan, Donna mengkonsumsi suplemen H2 Superba Krill Oil.

H2 Health And Happiness



Bicara soal suplemen, giliran Bapak FX. Widiyatmo Head of Business Development PT. Kalbe Farma, Tbk angkat bicara.  Menurutnya, penyakit jaman sekarang umumnya disebabkan oleh perubahan gaya hidup. Karena kesibukan yang menyita waktu sehingga kita asal saja memilih makanan misalnya makanan junk food. Melihat itu, seharusnya penyakit yang disebabkan oleh lifestyle maka pemberian obatnya jangan yang tipikal. Obat sederhana yang paling aman dan  murah adalah dengan mengubah lifestyle kita. Kenapa begitu? Yang Maha Pencipta telah menciptakan tubuh kita itu dahsyat sekali. Tubuh kita bisa menyembuhkan diri sendiri, lho.


Atas landasan itu, H2 Healthy and Happiness hadir mewujudkan mimpi Irawati Setiady PresKom PT Kalbe yang sangat concern pada penyakit yang sering terjadi sekarang ini. melalui campaign Anda Berharga – Anda Berhak Merasa Bahagia ini, H2 Health and Happiness mengingatkan kembali akan esensi hidup sehat melalui :



Asupan makanan yang seimbang disertai dengan olahraga dan penanganan stress yang baik merupakan kunci sehat dan bahagia. Apabila asupan makanan kurang mencukupi, maka konsumsi suplemen yang tepat dianjurkan sekali. Sebagaimana yang dikatakan bapak Widi, daripada mengkonsumsi obat tipikal untuk mengatasi penyakit, maka mengubah lifestyle adalah yang terpenting atau mengkonsumsi suplemen dengan bahan dasar alami yang mengandung dampak resiko seminimal mungkin bagi kesehatan.

Salah satu suplemen makanan yang baik dan penting untuk dikonsumsi adalah

H2 Superba Krill Oil

picture source by kalbestore


H2 Superba Krill Oil adalah produk import dari Amerika dengan kandungan minyak krill (sejenis udang kecil yang hidup di laut dalam di perairan Antartika) yang berisi omega-3 fosfolipid, EPA, DHA serta astaxanthin. Omega-3 fosfolipid dengan EPA dan DHA berguna untuk menjaga kesehatan jantung, menurunkan kadar kolesterol serta menurunkan inflamasi/bengkak pada persendian.




H2 Fair Skin

picture source by kalbestore

H2 Fair Skin adalah produk nutrisi untuk kesehatan kulit dengan kandungan L-Cystein, Hytolive dan vitamin C yang dari penelitian Jepang membuktikan bahwa kombinasi tersebut dapat mencerahkan kulit setelah dua minggu. Selain itu kandungan Collagen TM (collagen dan elastin) membantu memperbaiki kerusakan kulit akibat sinar UV seperti flek hitam dan kulit kusam dapat disamarkan.





PT Kalbe Farma Tbk atau lebih dikenal dengan KALBE berdiri sejak tahun 1966 dan merupakan salah satu perusahaan farmasi terbesar di Asia Tenggara. Melalui anak perusahaannya yang bergerak di bidang obat bebas, kita mengenal merk Fatigon, Promag dan brand H2 Health and Happiness untuk produk suplemen kesehatan tubuh dan kecantikan kulit.

Didukung lebih dari 17.000 karyawan, kini Kalbe telah tumbuh menjadi penyedia layanan kesehatan terbesar di Indonesia, dengan keunggulan keahlian di bidang pemasaran, branding, distribusi, keuangan serta riset dan pengembangan. Kalbe Farma juga merupakan perusahaan produk kesehatan publik terbesar di Asia Tenggara, dengan nilai kapitalisasi pasar Rp71,0 triliun dan nilai penjualan Rp19,4 triliun di akhir 2016.


Kesimpulan
Tidak ada kata terlambat untuk memulai hidup sehat. Untuk resolusinya, saya harus memulai menata hidup dan prioritas. Bagaimanapun hidup harus berjalan seimbang. Karir, penhasilan dan kekayaan tidak ada apa-apanya jika kesehatan mental kita terganggu. Dengan menerapkan FENUS semoga masalah kesehatan saya dapat teratasi. Doakan baik-baik saja ya, aamiin.