Jumat, 11 Mei 2018

Kerja Di Danone Indonesia, Apa Kelebihannya?


Kerja di Danone Indonesia, apa kelebihannya? Memasuki kantor pusat Danone Aqua di gedung Cyber 2 Rasuna Said Jakarta Selatan, dari luar tampak biasa saja. Orang-orang lalu lalang tanpa keramaian yang berarti sepanjang mata saya memandang. Akan tetapi saya langsung dapat membedakan, yang mana karyawan dan yang mana tamu. Setiap tamu harus menukarkan ID Card nya dulu untuk ditukar dengan free pass sebagai akses memasuki gedung. Sementara untuk karyawan langsung masuk dong karena sudah memiliki kartu akses masuklah ya hihihihi... 

Kaki saya kemudian melangkah ringan menuju ruangan Danone Academy di lantai 9. Ada apa sih di lantai 9 ini? Undangan dari Danone Indonesia untuk acara Blogger gathering ini membuat rasa penasaran saya makin memuncak. 

beberapa peserta umum yang sempet kenalan dengan saya. 

Sesampainya di lantai 9, selain teman-teman Blogger yang sudah saya kenal baik tampak beberapa peserta yang tidak saya kenal. Saya pikir awalnya mereka adalah Blogger juga. Tanya punya tanya,  rupanya mereka berasal masyarakat umum yang mendaftar ke acara ini setelah mengikuti kuis di sosial media @dancommunityID @nutrisibangsa dan @aqualestari.

Mereka penasaran ingin tahu lebih mendalam mengenai acara hari ini yang bertajuk 'Discovering Talent Management at Danone'. Disamping itu,  katanya, mereka juga sekalian cari info lowongan pekerjaan di Danone Indonesia. Jadi siapa tau dari acara ini impian mereka dapat terwujud untuk bisa kerja di Danone Indonesia.  Aamiin. 

Sebersit pertanyaan kemudian menguak. Memangnya,  apa menariknya sih kerja di Danone?

Bapak Arif Mujahidin, Corporate Communication Director Danone Indonesia 
Sabar dulu ya teman. Sebelum membuka pembahasan mengenai tempat kerja menyenangkan di Danone Indonesia,  Bapak Arif Mujahidin Corporate Communication Director Danone Indonesia menjelaskan terlebih dulu mengenai perusahaan Danone di Indonesia.

Tentang Danone
Bapak Arif menceritakan kala Aqua diluncurkan pertama kali di tahun 1973. Saat itu masyarakat masih terbiasa mengkonsumsi air yang direbus sampai mendidih dulu. Nyatanya,  sebagai pelopor air minum dalam kemasan Danone berhasil mengubah pola kebiasaan di masyarakat. Bahwa dengan minum air minum dalam kemasan Aqua sama sehatnya dengan meminum air mentah yang direbus untuk mematikan kumannya. Tapi lebih praktis saja.





"Sebagai perusahaan yang berkomitmen untuk membawa kesehatan melalui makanan dan minuman terbesar di dunia, kami ingin misi Danone dapat memberikan dampak positif kepada orang banyak, dari segala usia, lingkungan sosial dan budaya yang berbeda, termasuk karyawan Danone," tuturnya. 

Dipaparkannya, ada lebih dari 15 ribu karyawan Danone Indonesia yang bekerja di tiga unit bisnis kategori yaitu air minum dalam kemasan (Aqua dan VIT) dan minuman karbonasi (Mizone), nutrisi untuk awal kehidupan atau lebih dikenal dengan early life nutrition (Nutrilon) dan nutrisi medis (Nutrini). Bahkan yang terbaru, Danone pun mengeluarkan varian minuman teh dengan merk 'Teh Cahaya'. Teh Cahaya dapat kita konsumsi kapan saja tanpa takut kebanyakan mengkonsumsi gula. Karena keunggulan teh ini memiliki kandungan gula 25% lebih rendah dari produk lainnya.


Danone percaya kesehatan lingkungan sangat berpengaruh pada kesehatan manusia. Dengan visi  #OnePlanetOnehealth yang diusungnya kita harus memahami bahwa keseimbangan hidup di planet ini haruslah dijaga senantiasa. Oleh sebab itu, sebaiknya  tanamkan di hati bahwa apapun yang kita konsumsi bila berasal dari sumber daya alam yang berpotensi merusak alam maka kita berkontribusi akan rusaknya planet ke depannya. Noted.

Komitmen Danone Dalam Bisnis Yang Bersinergi Dengan Sosial
Terkait dengan visi #OnePlanetOneHealth, Pak Arif kemudian menjelaskan mengenai dual project Danone. "Danone percaya, kesuksesan bukanlah dimanifestasikan dengan pencapaian bisnis yang maju saja tapi juga kemajuan sosialnya," jelasnya. 

Melalui program CSR yang telah dijalankan selama ini Danone berkomitmen melaksanakan kegiatan sosial berkelanjutan untuk berkontribusi penuh dalam menjaga kelestarian alam. Kita bisa melihat sekarang ini kemasan air minum dalam kemasan Aqua botolnya terbuat dari plastik yang lebih tipis. Ini merupakan cara Danone untuk mengurangi limbah sampah plastik selain daur ulang atau recycling.

Sewaktu saya meninjau ke desa Panggung Hardjo contoh desa terbaik seIndonesia, yang mengelola Bumdes Panggung Lestari dalam pembudidayaan minyak jelantah sebagai bahan baku mesin besar di pabrik Aqua

FYI, di tahun 1998, di saat orang di seluruh dunia belum memikirkan mengenai program recycling, Danone telah melakukannya. Dan sekarang ini kita bisa lihat hasilnya jika mengunjungi desa Panggung Hardjo di Jogjakarta dengan kelompok yang dinamakan Panggung Lestari yang telah merecycle botol kemasan Aqua menjadi barang bernilai ekonomi tinggi. Kebetulan beberapa bulan yang lalu saya berkesempatan mengunjungi desa tersebut bersama Menteri Desa Bapak Eko Putro Sandjojo untuk melihat langsung pertumbuhan ekonomi di desa yang dinyatakan sebagai desa terbaik di Indonesia tersebut. Dan saya tidak menyangka, dalam upayanya menjaga alam maka minyak jelantah dari desa tersebut digunakan oleh pabrik Aqua untuk mengoperasikan mesin-mesin raksasanya.

Oke, balik lagi ke penjelasan pak Arif. Untuk program konservasi alam, Danone telah melakukan kegiatan penanaman pohon dan membuat lubang biopori atau sumur resapan, membuat embung air dan melindungi daerah aliran sungai. Sedangkan  dalam pertanian Danone disuport langsung oleh LSM dengan membuat beras sehat Orisa.  

Beberapa project sosial lain yang diadakan Danone dalam bidang edukasi anak diwujudkan dengan adanya fasilitas mainan edukasi anak di PAUD Barat dan PAUD Timur Taman Pintar Jogjakarta. Mengadakan lomba gizi piringku dan menggiatkan warung anak sehat dimana anak akan mendapat edukasi melalui warung ini dalam memilih makanan dan minuman sehat sebagai jajanannya. 

Di kalangan ibu rumah tangga, Danone mensupport penuh ibu rumah tangga untuk menambah perekonomian keluarga dengan menjadi agen Aqua Home Service yaitu jual Aqua galon di rumah.

Dalam bidang kesehatan, sebagai contoh dalam mengatasi mal nutrisi di Indonesia sehingga menyebabkan kondisi anak stunting Danone mengajak ibu pasca melahirkan untuk memperhatikan 1000 HPK (1000 Hari Pertama Kehidupan) anak. Dan di dalam kalangan intern Danone sendiri juga ada ambassador yang membantu menerapkan 1000 HPK ini pada staf karyawan perempuannya.

Danone Mendukung Penuh Perempuan Dalam Berkarir



Untuk lebih jelasnya Pak Evan Indrawijaya, HR Director Danone ELN Indonesia kemudian memaparkan bahwa, "1000 Hari Pertama Kehidupan Anak adalah masa emas pertumbuhan anak agar dapat tumbuh optimal. Parental Policy diluncurkan untuk mendukung upaya pemenuhan hak perempuan dan anak atas pengasuhan dan tumbuh kembang yang baik sebagai upaya mendukung kualitas generasi Indonesia di masa depan."

Ruang laktasi 

Parental Policy adalah program cuti yang dikeluarkan Danone agar karyawan perempuan dapat berkarir cemerlang namun tetap dapat mensejahterakan keluarganya. Melalui program Parental Policy ini setiap karyawan perempuan mendapat cuti melahirkan selama 6 bulan dan bagi karyawan lelaki bila istrinya melahirkan pun tetap mendapat cuti juga selama 10 hari. Dan, bila karyawan yang kerja di Danone adalah pasangan suami istri, dua-duanya tetap mendapat jatah cuti yang sama. Asik banget ya.

Nah, biasanya, secerlang-cerlangnya berkarir buat perempuan pasti tetap ada ganjalan untuk bisa menduduki posisi tertinggi, kan? Tapi nyatanya kerja di Danone Indonesia tidak seperti itu. Danone mendukung penuh perempuan dalam berkarir dengan mengupayakan budaya keberagaman #InclusiveDiversity yang dapat mendorong organisasi dapat maju lebih baik dan sehat. Tujuannya untuk meningkatkan jumlah representasi perempuan di tingkat direktur hingga presiden direktur untuk memimpin bisnis Danone Indonesia.

Ibu Corine Tap, Presiden Director PT. Tirta Investama (Danone-Aqua)


Salah satu perempuan yang berhasil duduk di jajaran tertinggi Danone yaitu Ibu Corine Tap Presiden Director PT. Tirta Investama (Danone-Indonesia). Ia mengatakan, "saya adalah presiden direktur perempuan yang sangat merasakan dukungan yang diberikan Danone Indonesia dalam mengembangkan karir saya."

Gustavo Hildenbrand, General Manager Nutricia Sarihussada

Ditambahkan Gustavo Hildenbrand General Manager Nutricia Sarihusada, "Saya melihat dengan dukungan dan bimbingan, karyawan kami dapat bertanggung jawab untuk membentuk karir mereka sendiri dan berkontribusi terhadap kinerja bisnis. Selain itu, saya juga menyadari bahwa karyawan yang kerja di Danone Indonesia memiliki tujuan lebih daripada sekedar bekerja yaitu untuk belajar dan dan berkontribusi pada dunia yang lebih sehat. Saya berharap, dengan apa yang kami lakukan dapat menginspirasi karyawan untuk terus berkontribusi pada dunia yang lebih sehat serta berdampak juga pada terhadap masyarakat luas."

Itulah mengapa ketika pak Arif menjelaskan mengenai proyek volunteer Danone dimana seluruh karyawan yang melaksanakan dalam operasionalnya sama sekali tidak dibayar terjawab sudah setelah mendengar penjelasan Gustavo tadi. Lingkungan kerja di Danone yang positif tentu akan membangun semangat dan produktivitas sumber daya manusianya, yang kemudian akan bermanfaat bagi perusahaan seperti program Management Talent untuk seluruh karyawan yang kerja di Danone.


Berikut inisiatif yang dilakukan Danone Indonesia dalam talent management bagi karyawannya :

Jaguar Program : memberikan kesempatan bagi karyawan yang berada di tingkat manajer untuk terlibat dalam proyek antar negara.

Endeavor Program : program pengembangan karyawan untuk menduduki posisi manager.

International Asignment : secara reguler karyawan dikirim ke perusahaan Danone di negara lain untuk mendapatkan pengalaman kerja Internasional. Tujuannya agar ketika mereka kembali ke Indonesia dapat membangun karir yang lingkupnya lebih luas lagi.

MT Star Danone 
Wiiyyhh, asyik ya. Gimana, pingin ga kerja di Danone Indonesia? Kalau saya sih iyes, ga tau mas Anang hehhee...

Begini, ketika saya dan teman-teman diajak touring keliling kantor Danone, dalam hati saya berucap, "wah ini dia yang dinamakan kantor kekinian."

Sebagai rumah ke dua karena sebagian orang menghabiskan waktunya untuk berkarya dan menghasilkan ide-idenya di kantor, kantor Danone dibuat sangat nyaman. Ada berbagai fasilitas di kantor yang menempati lantai 9 hingga lantai 16 di Gedung Cyber 2 Kuningan Jakarta Selatan. Diantaranya ada ruang laktasi, klinik, beberapa ruang rapat, musholla, dan tempat kongkow yang dinamakan Danlounge.

DanLounge adalah tempat di mana karyawan bisa melepaskan sejenak dari beban kerja dengan melakukan berbagai aktivitas menarik di sini. Yang suka karaoke, main game, main fussball (sepakbola meja) semua ada di sini. Bahkan untuk Muaythai atau Zumba yang juga diadakan secara periodik dilaksanakan di ruangan ini. Bikin betah deh. Sayang, kesempatan saya sudah lewat untuk kerja di Danone Indonesia karena usia saya beberapa tahun lagi namanya jelita, jelang lima puluh, hehehe..

Jadi, bagi kalangan milenial fresh graduate yang memiliki kepribadian menarik silakan ikuti step by step skrining saat Danone membuka lowongan Management Trainee Danone Indonesia yaitu MT Star Danone. Karena peminatnya sangat tinggi untuk kerja di Danone Indonesia sebaiknya hati-hati terhadap penipuan. Misalnya ada yang minta sejumlah uang untuk biaya akomodasi atau minta transfer biaya untuk pembuatan seragam. Perusahaan besar sekelas Danone manalah mungkin memberatkan calon pelamarnya. Pakai logika deh, tadi sudah saya paparkan plusnya kerja di Danone Indonesia, apa kelebihannya tadi?
















1 komentar:

  1. Oh, SGM sama Nutrilon tu satu rumah to, sama Danone... Baru tahu aku mbakyu...

    BalasHapus