Kamis, 29 Maret 2018

Bermain Warna Ala Profesional Bersama Faber Castell

... Oh warna warna, pada dunia
Ku terpesona, kau teristimewa
Oh warna warna, bagai bicara
Menyeli hati sanubariku ...


Sambil bersenandung, tangan saya bergerak pelahan menyapu setiap bidang yang saya warnai dengan dua gradasi warna senada. Dari kiri saya menggunakan warna muda, lalu makin ke kanan menggunakan warna yang lebih tua. Aha, rupanya inilah cara paling asik buat membangkitkan mood. Bernyanyi dan mewarnai. Yeayyy....

Dalam workshop mewarnai bersama Faber Castell, Sabtu lalu, nyatanya mewarnai merupakan satu cara yang sering dilakukan orang untuk melepas kepenatan. Melakukan gerakan berulang-ulang, harus fokus pada pola dan detil membuat kerja otak jadi lebih fokus dan itu berefek menenangkan.



Ibu Fransiska Remilla, Brand Manager PT Faber Castell Internasional Indonesia memaparkan, "mewarnai bukan saja disukai oleh anak-anak, akan tetapi orang dewasa pun sama. Bedanya, selain melatih kesabaran, mengasah kreativitas dan membuang stress, mewarnai pun bisa menjadi sebuah profesi yang menjanjikan. Diantaranya menjadi seorang pelukis, pembuat sketch, pembuat hand lettering atau menjadi seniman lainnya."

Mungkin selama ini kita sudah mengenal produk-produk yang ditawarkan Faber Castell misalnya pensil dan penghapus yang sering digunakan untuk ujian sekolah anak-anak. Selain itu, perusahaan merk ternama dari Jerman juga  memiliki tiga rangkaian produk mewarnai yang memiliki kelebihannya masing-masing.


Yang pertama adalah Faber Castell Classic Colour Pencils. Pensil warna dengan kemasan merah ini diciptakan khusus untuk anak-anak. Terdiri dari kemasan berukuran 12, 24 dan 36 warna, semuanya dapat menghasilkan goresan warna yang halus dan cemerlang serta merata menutupi bidang warna.

Karena diperuntukkan untuk anak-anak yang masih mengembangkan motorik halusnya, kelebihan bentuk pensil yang heksagonal membuat tangan anak-anak kukuh menggenggam ditunjang dengan sistem SV bonding dalam produk seri ini membuat ujung pensil tidak mudah patah saat digunakan. Dan dari segi keamanan sama sekali tidak beracun, jadi aman ya memberikan pensil warna Faber Castell untuk anak-anak kita.

Sedangkan untuk orang dewasa bisa memilih kemasan berwarna biru yang dibuat untuk level pemula dan kemasan berwarna hijau yang dibuat untuk level ekspert yakni untuk seni dan grafis baik untuk hobi maupun profesional, namanya Polychromos dan Albrecht Durer.

Kelebihan dua produk ini, nuansa spektrum warna yang dihasilkan sama-sama berkualitas prima. Setiap goresan warna tidak bakal pudar, bahkan sampai ratusan tahun sebagaimana hasil karya abadi seniman dan desainer ternama Vincent Van Gogh, Paul Klee, Karl Lagerfield dan Neo Rauch.

Menjawab kebutuhan yang sekarang menjadi trend di jaman kekinian ini, dimana kreatifitas orang dalam membuat karya gambar dan lukis profesional semakin berkembang, Faber Castell meluncurkan inovasi terbarunya di seri Creative Studio yakni Golfaber Faber Castell.

Dalam seri Goldfaber ada empat macam pencil yang diperuntukkan untuk keperluan yang berbeda.
Goldfaber Sketch Set digunakan untuk membuat sketsa gambar dimana dalam seri ini ada empat warna yang digunakan yakni hitam, putih, merah dan sepia yang penting digunakan untuk para pemula di bidang seni grafis.

Goldafaber Graphite Pencils adalah pencil yang dijual satuan yang ideal untuk membuat sketsa, menggambar dan menulis hand lettering. Dalam seri ini ada 10 tingkat ketajaman hasil.

Goldfaber Aqua merupakan pensil warna dengan pigmentasi warna tinggi dengan lead 3,3 mm. Daya tahan warnanya memuaskan, lembut saat diaplikasikan tapi menutupi bidang warna dengan sempurna. Goldfaber Aqua juga tidak mudah patah dengan pilihan warna sampai 48 warna dan warnanya larut sempurna dalam air.

Yang terakhir adalah Goldfaber. Memiliki keunggulan seperti Goldfaber Aqua akan tetapi produk ini tidak bisa digunakan sebagai cat air seperti halnya Goldfaber Aqua.



Untuk membuktikannya, bersama teman-teman dari Kumpulan Emak Blogger kami ditantang untuk membuktikan kepiawaian kami selain selama ini cuma bisanya mewarnai kelopak mata atau mengarsir bulu alis aja hehehe...


Ada tiga teknik mewarnai yang diajarkan oleh Mas Rizal.  
1. Blending, teknik ini merupakan teknik yang paling banyak digunakan dari anak-anak hingga dewasa. Gerakkan pensil searah supaya menghasilkan nuansa yang indah dan untuk menampilkan kesan dimensi hidup kita bisa menggunakan dua warna seturunan yakni warna muda lalu ditimpa dengan warna tua searah dengan sinar cahaya.

2. Hatching, teknik ini dinamakan seni mengarsir. Maka cara mengaplikasikannya, gunakan pensil yang bermata tajam lalu posisikan pensil setengah berdiri untuk mendapatkan garis arsir yang tajam. Buat garis arsir menutupi bidang dengan lebar garis arsir yang sama. Untuk mendapatkan kesan dimensi hidup, bisa menggunakan dua warna seturunan.


3. Cross Hatching, teknik ini dinamakan arsir menyilang. Jadi setelah membuat garis-garis paralel yang menutupi bidang warna dilanjutkan lagi dengan menimpa di atasnya dengan membuat arsir garis-garis paralel yang berlawanan yang saling berpotongan.




Tanpa terasa agenda workshop mewarnai bersama Faber Castell yang dilangsungkan di Faber Castell Store Plasa Senayan usai sudah. Wajah-wajah penuh kepuasan dan rasa lega terbias melalui binar mata kita saat dioleh-olehi produk-produk Faber Castell. Terimakasih Faber Castell.





Sepertinya saya akan mampir lagi dalam waktu dekat nih bareng anak-anak ke Faber Castell Store Plasa Senayan yang resmi dilaunching pada 5 Mei 2017 lalu. Karena selain sebagai showcase, kita juga bisa mendapatkan produk yang mungkin belum atau tidak dijual di toko-toko alat tulis lainnya. Tau sendiri kan, rentang produk yang ditawarkan sangat luas sekali, mulai dari kebutuhan alat tulis gambar anak sampai kebutuhan seni dan tulis untuk konsumen berusia dewasa semua ada di sana.

Dan, semoga saja, ketika saya bawa anak-anak ke sini, bukan cuma bisa belanja produknya aja tapi juga ada knowledge produk-nya. Tujuannya, supaya anak-anak jadi terlatih kreatifitasnya, ya kan :)



6 komentar:

  1. belajar yg having fun ya mbak 👍

    BalasHapus
  2. Kemarin nyobain pensilnya lembut banget,seru lagi bisa mewarnai bareng-bareng

    BalasHapus
  3. Kemarin nyobain pensilnya lembut banget,seru lagi bisa mewarnai bareng-bareng

    BalasHapus
  4. Seruuu ya, aku mau lg kalo ada hahah

    BalasHapus
  5. Mewarnai itu seru ya mbak. Kita bisa menuangkan imajinasi kita. Kalau aku biasanya mewarnai bunga-bunga gitu mba dirumah. Jdi warnanya bisa pilih yang warna favorit semua hehhe

    BalasHapus
  6. Beneran deh Goldfaber nyaman dipakai. Sekali arsir, pigmen warnanya langsung keluar. Emang cocok buat yang hobi mewarnai nih.

    BalasHapus