Minggu, 05 November 2017

Ingin Sehat Dan Bahagia? Hargai Diri Sendiri, Yuk!



Sepertinya waktu berjalan cepat sekali. Tidak terasa sudah memasuki bulan November aja. Artinya, sebentar lagi tahun 2017 akan kita tinggalkan. Hari demi hari, bulan demi bulan, sibuk terus. Sampai-sampai waktu untuk diri sendiri hampir tidak ada. Saya lelah tapi bahagia. Saya bahagia tapi seperti ada yang hilang. Ada yang salah tampaknya. Apa kabarnya dengan resolusi tahunan saya? Huhuhuhuhu...

Bicara soal resolusi, dalam perjalanan waktu mencapai goal target saya, ada hal-hal yang saya sesali, pun ada yang tidak. Jadi baper deh ya bila ngomong soal penyesalan. Menyangkut hati soalnya. Saya tidak pernah menyesali perjuangan saya untuk jadi ibu ketiga anak-anak saya yang kini sudah besar-besar. Pun saya tidak menyesali lingkar perut saya yang semakin gede karena melahirkan. Akan tetapi, saya baru menyadari bahwa tidak selamanya saya sehat terus. Itulah penyesalan saya. Andai waktu bisa diputar kembali.

Flash back ke beberapa hari yang lalu soalnya saya baru menerima kiriman berkas dari RS. Kanker Dharmais. Dokumen tersebut adalah hasil laboratorium setelah saya melakukan test mamografi di unit mobil Mamografi milik YKPI (Yayasan Kanker Payudara Indonesia). Campur aduk perasaan saya membaca hasilnya. Membuat saya jadi stress. Saya ingin sehat :’(

Keterkaitan Stress Dengan Penyakit Masa Kini
Besarnya pengaruh stress terhadap kesehatan menjadi sesuatu yang menarik untuk dibahas dalam Blogger Gathering dengan tema The Secret Recipe Of Healthy And Happy Woman. Beruntung sekali saya bisa hadir dalam event yang diselenggarakan oleh Kalbe H2 Health and Happiness ini pada 28 Oktober 2017 di The Maja Restaurant, Mayestik, Jakarta Selatan.


Sampai sekarang, apresiasi terhadap pekerjaan ibu rumah tangga masih kurang. Ini fakta lho. Di tengah banyaknya tekanan dan pekerjaan yang harus dilakukan setiap hari, stigma kerjaan rumah tangga adalah kerjaan Babu alias ART membuat ibu rumah tangga rentan mengalami stress.

Akan tetapi sebagai perempuan kita harus bangga karena memiliki otak kanan dan kiri yang bisa digunakan berbarengan dengan maksimal. Ini yang sering kita dengar namanya “kemampuan multitasking”. Sudah banyak cerita kalau perempuan memiliki peran ganda dalam kehidupan pribadi maupun keluarga. Disamping harus menjaga kesehatan dan gaya hidup seluruh keluarga, peran lainnya adalah juga membantu finansial keluarga karena tuntutan kebutuhan yang meningkat.



Peran ganda ini membuat perempuan cenderung hanya memperhatikan orang lain ataupun keluarganya. Sementara penampilan dan kesehatan diri sendiri justru tidak sempat diperhatikan. Akibatnya, muncul masalah kesehatan seperti masalah obesitas yang kemudian menyebabkan kolesterol, nyeri sendi, diabetes, darah tinggi dan bahkan masalah yang kelihatannya sepele yaitu masalah kulit yang dapat menimbulkan hilangnya rasa percaya diri pada suami.

ki - ka : dr. Mely, Donna Agnesia, Kassandra Putranto, FX. Widiyatmo

Kesehatan Adalah Investasi
Ada banyak faktor yang membuat kulit menjadi tidak sehat. Bagi yang tinggal di perkotaan kemacetan di jalan adalah hal yang biasa. Akan tetapi, polusi akibat macet dapat menimbulkan radikal bebas. Nah, radikal bebas inilah yang dapat merusak kulit. Sehingga menimbulkan flek hitam, jerawat dan kulit kusam.

Kulit adalah investasi, jadi semakin dini dijaga akan semakin baik. Dr. Melyawati Hermawan, Sp.KK menegaskan, “jangan harap minum suplemen tiga hari hasilnya akan terlihat. Kita harus realistis. Untuk mendapatkan kulit yang sehat selain mengkonsumsi suplemen alangkah baiknya jika diimbangi dengan makan makanan yang bervariasi, sayuran hijau dan buah beraneka macam juga banyak mengkonsumsi air putih.”

Ciri-ciri wajah sehat seperti apa sih?

indikasi kulit sehat warnanya merata tidak belang baik di wajah maupun di leher. Terlihat segar dan bercahaya, kenyal, teksturnya halus, mulut dan lembut juga bebas noda. 


Don’t Worry Be Happy
Kulit sehat adalah investasi. Karena kecantikan akan terpantul dari kulit sehat dan itu bisa menambah rasa percaya diri. Untuk itu kita perlu menghargai diri sendiri dan sesekali merayakannya agar aura kecantikan terpancar dan mengurangi rasa cemas yang seringkali melingkupi diri kita.

Sudah kodrat memang bahwa perempuan itu sifatnya gampang cemas. Belum punya pasangan, cemas. Sudah punya pasangan, cemas kenapa tidak hamil-hamil. Sudah punya anak, cemas memikirkan anaknya nanti kenapa-napa. Begitu terus.

Menurut Psikolog Kassandra Putranto, mempunyai perasaan cemas adalah wajar. Akan tetapi kalau berlebihan baru tidak wajar. Misalnya, punya harapan tinggi tapi kenyatannya tidak sesuai dengan apa yang diharapkan. Dan yang dikhawatirkan, lantaran kecewa, maka perempuan sering melarikan diri ke makanan misalnya. Untuk itu, jika mengalami stress perlu adanya usaha untuk memanajemen stress atau kelola stress.

Karena kalau stress tidak dikelola dengan baik maka hormon stress (adrenalin, kortisol) akan meningkat dan menjadi racun pada saraf dan organ tubuh lain, kemudian mengakibatkan daya tahan tubuh menurun. Akibat stress dampaknya jadi susah tidur yang mengakibatkan masalah lain misalnya pada lambung, pernapasan dan kulit. Hal yang paling terlihat pada kulit adalah struktur kulit jadi menciut. Mengkerut. Jelek deh.

Untuk mendapatkan hidup sehat memang tidak gampang. Hal yang paling simple dilakukan adalah dengan mengubah pikiran di otak. Ciptakan terus pikiran bahwa stress itu menyenangkan, sarannya. Don’t worry be happy. Kuncinya, pencapaian goals harus diikuti dengan planning yang tepat.

Me Time
Pencapaian goals harus diikuti dengan planning yang tepat telah dijalankan Donna Agnesia seorang public figur yang banyak kesibukan. Sudah sibuk mengurus suami dan ketiga anaknya, dia masih harus mensiasati waktu agar fisiknya tetap sehat dan bugar. Menurutnya, menjaga kesehatan itu penting karena kesehatan adalah investasi. Kalau badan sehat tentu kita bisa beraktivitas maksimum.



Menghargai diri kita di tengah kesibukan memang susah sekali. Untuk itu Donna menerapkan ‘me time’ dengan cara sederhana. Tidak harus ke salon atau spa seharian, tidur siang tanpa gangguan adalah me time berkualitas ala Donna. Istri Darius Sinatrya ini menyarankan, lakukanlah apa yang disukai. Bila suka masak lakukanlah, bila suka menulis lakukankah. Karena apa yang dilakukan sesuai dengan passion tentu hasilnya akan ‘berbeda’ dibandingkan dengan yang tidak.

Fakta : tidur kurang dari 7 jam setiap malam akan mengurangi peluang hidup anda

Tips sehat ala Donna selain tidur cukup adalah olahraga seminggu kali dengan cara jalan pagi, minum air putih dan menjaga makan. Katanya, makan adalah caranya untuk menghayati hidup (*Tsaah, akhirnya ada teman juga saya hehheee). Yang penting makannya tidak berlebihan. Untuk mengontrol apa yang dimakan, Donna mengkonsumsi suplemen H2 Superba Krill Oil.

H2 Health And Happiness



Bicara soal suplemen, giliran Bapak FX. Widiyatmo Head of Business Development PT. Kalbe Farma, Tbk angkat bicara.  Menurutnya, penyakit jaman sekarang umumnya disebabkan oleh perubahan gaya hidup. Karena kesibukan yang menyita waktu sehingga kita asal saja memilih makanan misalnya makanan junk food. Melihat itu, seharusnya penyakit yang disebabkan oleh lifestyle maka pemberian obatnya jangan yang tipikal. Obat sederhana yang paling aman dan  murah adalah dengan mengubah lifestyle kita. Kenapa begitu? Yang Maha Pencipta telah menciptakan tubuh kita itu dahsyat sekali. Tubuh kita bisa menyembuhkan diri sendiri, lho.


Atas landasan itu, H2 Healthy and Happiness hadir mewujudkan mimpi Irawati Setiady PresKom PT Kalbe yang sangat concern pada penyakit yang sering terjadi sekarang ini. melalui campaign Anda Berharga – Anda Berhak Merasa Bahagia ini, H2 Health and Happiness mengingatkan kembali akan esensi hidup sehat melalui :



Asupan makanan yang seimbang disertai dengan olahraga dan penanganan stress yang baik merupakan kunci sehat dan bahagia. Apabila asupan makanan kurang mencukupi, maka konsumsi suplemen yang tepat dianjurkan sekali. Sebagaimana yang dikatakan bapak Widi, daripada mengkonsumsi obat tipikal untuk mengatasi penyakit, maka mengubah lifestyle adalah yang terpenting atau mengkonsumsi suplemen dengan bahan dasar alami yang mengandung dampak resiko seminimal mungkin bagi kesehatan.

Salah satu suplemen makanan yang baik dan penting untuk dikonsumsi adalah

H2 Superba Krill Oil

picture source by kalbestore


H2 Superba Krill Oil adalah produk import dari Amerika dengan kandungan minyak krill (sejenis udang kecil yang hidup di laut dalam di perairan Antartika) yang berisi omega-3 fosfolipid, EPA, DHA serta astaxanthin. Omega-3 fosfolipid dengan EPA dan DHA berguna untuk menjaga kesehatan jantung, menurunkan kadar kolesterol serta menurunkan inflamasi/bengkak pada persendian.




H2 Fair Skin

picture source by kalbestore

H2 Fair Skin adalah produk nutrisi untuk kesehatan kulit dengan kandungan L-Cystein, Hytolive dan vitamin C yang dari penelitian Jepang membuktikan bahwa kombinasi tersebut dapat mencerahkan kulit setelah dua minggu. Selain itu kandungan Collagen TM (collagen dan elastin) membantu memperbaiki kerusakan kulit akibat sinar UV seperti flek hitam dan kulit kusam dapat disamarkan.





PT Kalbe Farma Tbk atau lebih dikenal dengan KALBE berdiri sejak tahun 1966 dan merupakan salah satu perusahaan farmasi terbesar di Asia Tenggara. Melalui anak perusahaannya yang bergerak di bidang obat bebas, kita mengenal merk Fatigon, Promag dan brand H2 Health and Happiness untuk produk suplemen kesehatan tubuh dan kecantikan kulit.

Didukung lebih dari 17.000 karyawan, kini Kalbe telah tumbuh menjadi penyedia layanan kesehatan terbesar di Indonesia, dengan keunggulan keahlian di bidang pemasaran, branding, distribusi, keuangan serta riset dan pengembangan. Kalbe Farma juga merupakan perusahaan produk kesehatan publik terbesar di Asia Tenggara, dengan nilai kapitalisasi pasar Rp71,0 triliun dan nilai penjualan Rp19,4 triliun di akhir 2016.


Kesimpulan
Tidak ada kata terlambat untuk memulai hidup sehat. Untuk resolusinya, saya harus memulai menata hidup dan prioritas. Bagaimanapun hidup harus berjalan seimbang. Karir, penhasilan dan kekayaan tidak ada apa-apanya jika kesehatan mental kita terganggu. Dengan menerapkan FENUS semoga masalah kesehatan saya dapat teratasi. Doakan baik-baik saja ya, aamiin. 



13 komentar:

  1. harus bisa mengelola stres ya

    BalasHapus
  2. Wah, saya kok susah banget mengubah mindset ya.. Mindset sehat yes tapi... Pas ngejalanin hiks.. hiks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emang butuh kerja keras sih mba. Akupun masih on off aja belum disiplin dan konsisten. Liat kopi masih pengen, liat gorengan masih pengen. Bahaya emamh deh apa apa mau hihi

      Hapus
  3. Pola pikir sehat itu berdampak ke semuanya berarti ya..

    Men sana in corpore sano

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyes mba, karena penyakit jaman sekarang datengnya dr lifestyle sih bukan penyakit degeneratif lagi

      Hapus
  4. Tidur emang harus cukup ya.
    Kalau kurang tidur jadi nya gak sehat dan gak cantik pasti

    BalasHapus
    Balasan
    1. Katanya, sel sel beregenerasi saat kita tidur. Jadi klo mau sehat dan cantik tidur cukup dalam semalam. Yuk kita jd putri tidur mba

      Hapus
  5. Saya tidurnya kurang dari 7 jam, habisnya itu Toko online musti di melekin gimana dong mba?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ga bisa diganti atau dituker jd sianh lho mas. Sel sel tubuh melakukan regenerasi sel saat malam ketika kita tidur. Jd mending melekin toko onlinenya siang aja hihi

      Hapus
  6. Nah semenjak aktif nulis aku ada masalah ama tidur nih mbak... Jam tidur jadi kurang teratur... Tapi aku jelas ga mau dong jadi tidak sehat dan tidak cantik... Mmm kudu diubah ya...

    BalasHapus
  7. Bahagiakan hati sendiri aja deh,dijamin sehat

    BalasHapus
  8. aku dah coba suplemen h2. enak dan cocok :)

    BalasHapus