Minggu, 11 Juni 2017

Belajar Arti Bersukur Melalui Buka Puasa Bersama 1000 anak Yatim dan Adaro Grup



… Alhamdulillah…
…Wasyukurilah…
…Bersyukur padamu ya Allah…
…Kau jadikan…
…kami saudaraaa…
…Indah dalam kebersamaan…

Sambil bersenandung tanpa sadar leher saya tercekik. Sebuah perasaan yang entah apa namanya mendadak menyelimuti rongga hati saat mengunyah pastel goreng, salah satu isian takjil untuk berbuka puasa saya. Air mata saya menitik tapi bukan disebabkan cabe rawit yang saya gigit barusan. Bukan itu penyebabnya.

Saya menoleh ke belakang dan mata saya tertumbuk pada sosok gadis kecil berusia sekitar 7 tahunan. Perawakannya kecil mungil. Bibirnya terlihat kering dan terkelupas mungkin karena puasa seharian. Dia tampak lahap menikmati snack box takjilnya sambil ngobrol dengan teman sebelahnya. Dia bilang, puasanya belum bolong sama sekali. Alhamdulillah.

senangnya yang dapet hadiah stelah bisa jawab pertanyaan kakak MC :)

Gadis kecil berpakaian putih-putih itu merupakan salah satu tamu undangan PT Adaro Energy Tbk dalam acara Buka Puasa Bersama 1000 Anak Yatim. Tahun ini, acara yang diselenggarakan tanggal 9 Juni 2017 lalu di Ballroom Kuningan City Jakarta Selatan mendatangkan 1000 anak yatim dari wilayah Jakarta dan sekitarnya. Sekilas mengenai PT Adaro, saya intip dari Wikipedia bahwa PT Adaro Energy Tbk merupakan produsen tambang batubara terbesar ke di bumi selatan dan menempati posisi yang ke empat di dunia. Uwoow…

1000 anak yatim dari berbagai panti asuhan di Jakarta dan sekitarnya 

Mba Ira, perwakilan PT Adaro yang duduk menemani saya dan teman-teman mengatakan,”acara buka puasa bersama anak yatim ini sudah menjadi agenda tahunan kami.” Sambil senyum penuh rahasia Mba Ira mengatakan, “Alhamdulillah, setiap tahunnya selalu ada surprise buat mereka. Tahun lalu kami diam-diam mendatangkan CJR dan tahun ini adalah…”

courtessy : Simbok Venus :)

Saya pun penasaran. Surprise apa sih? *MendadakKepo

Kemudian saya jadi mengingat-ingat sejak saya datang tadi.

Hayooo, masih malu-malu maju ke depan ya :)

Seperti biasa datang ke sebuah acara saya pun langsung ke meja registrasi. Di beberapa titik disediakan spot untuk foto-foto. Sayangnya saya sama sekali ngga ‘ngeh’ bahwa ada sebuah spot yang bisa menjawab mengenai surprise yang mba Ira maksud. Aaah, syebel. 

semangat ya adik-adik, buka puasanya sebentar lagi koq :)

Setelah mengisi buku tamu saya dipersilakan untuk menitipkan alas kaki saya di sisi kiri pintu masuk. Sempat juga saya bingung, koq pake dititipin?

Mas Panitianya seperti bisa membaca pikiran saya, kemudian mengatakan, “nanti di dalam kan ada karpet, Bu. Jadi memang ngga pake sepatu, koq!”

Oooo, I see..

di acara puncak, anak-anak sebagai tamu istimewa Adaro dipersilakan maju ke barisan paling depan agar bisa berdekatan dengan JKT 48 :)

Memasuki Ballroom Kuningan City yang luar biasa besarnya, baju putih yang dikenakan anak-anak tampak mendominasi seluruh ruangan mencolok sekali dengan warna karpet merahnya. Semua orang mau anak-anak ataupun orang dewasa sama-sama bertelanjang kaki. Di sisi kiri dan kanan saya lihat panitia sibuk menata meja-meja. Meja-meja itu nantinya akan menjadi tempat snack box, air mineral botolan, teh dalam kemasan tetrapack dan nasi box untuk takjil dan makan malam seluruh tamu yang hadir.

Ayok tangan di atas, jempol digoyang :)

Dari tengah ruangan suara duo MC terdengar menghidupkan suasana. Saya senyum-senyum sendiri melihat anak-anak diminta joget-joget dengan iringan music dangdut biar tidak malu-malu lagi. Gelak tawa dan tepuk sorak menyemangati teman-temannya yang maju ke depan kocak sekali. Yang joget ada yang pasang muka lempeng, ada yang tengok kanan kiri malu-malu dan ada juga yang udah enjoy banget dengan joget-jogetnya. Senang sekali deh melihat kelucuan anak-anak ini.

rukun islam ada berapa? Kalau bisa jawab dapet hadiah lho :)

Selepas joget-joget dilanjutkan dengan kuis. Wuiih, kembali saya bertepuk tangan saat anak-anak yang maju ke depan dengan antusias menjawab satu demi satu pertanyaan dari MC. Mereka agaknya lupa kali ya kalau lagi puasa? Semangatnya itu lho :D

Ustad Meggy 

Setelah kuis, MC mengundang Ustad yang masih kanak-kanak juga yaitu Ustad Meggy untuk memberikan tausiyahnya. Ustad yang diledekin karena mengenakan jam tangan pokemon ini menuturkan, “jaman dulu orang belajar agama melalui nyanyian. Tapi sekarang ini fungsi nyanyian sudah berubah, bukan lagi menjadi media untuk syiar.” Katanya lagi, sekarang ini mah anak-anak hafalnya lagu *kemudian beliau dengan gaya kocak nggemesinnya menyanyikan lagu Anji Dia. *tepokjidat hahaha...

Jangan lupa baca doa berbuka puasa ya :)

Tausiyah singkat ringkas renyah ala Ustad Meggy pun ditutup dengan adzan Maghrib yang berkumandang. Tunai sudah puasa hari ini melalui tegukan air dan snack box takjil yang dibagikan panitia. Tidak ada keributan takut ga kebagian makanan. Subhanallah.

Selamat berbuka puasa :)

Bagi yang merasa kurang, MC tiada henti mengumumkan untuk mengambil sendiri makanan dan minuman di meja-meja sisi kanan kiri ruangan. Pokoknya bebas deh seperti di rumah sendiri. Tidak ada aturan protokoler layaknya sebuah acara. Semua membaur jadi satu. Makanan dan minuman yang dinikmati semuanya sama, tidak ada perbedaan layaknya sebuah keluarga.

duduk sesuai shaf ya, yang laki sama laki yang perempuan sama perempuan :)

Menariknya, ruangan ini dipisah shaf-nya. Untuk lelaki di bagian kiri dan untuk perempuan di bagian kanan. Jadi secara otomatis saya dan teman-teman menikmati takjil kami di tempat yang sesuai dengan muhrimnya. Semuanya perempuan hehehe… 

Selepas berbuka dilanjutkan dengan sholat Maghrib bersama. Yang sedang tidak sholat tanpa diberi diaba-aba langsung menepi ke pinggir karena area tersebut akan digunakan untuk sholat. Tanpa suara berlebihan, kekhusyukan sholat maghrib menjadi semakin menggigit. Subhanallah. Tertib sekali.


Selesai sholat maghrib dengan diiringi lagu-lagu religi kemudian kami menikmati makan malam kami. Sama seperti sebelumnya, MC mempersilakan untuk mengambil sendiri ke meja yang telah disiapkan atau menunggu distribusi dari panitia yang mengedarkan ke seluruh penjuru.

Akhirnya, acara yang ditunggu-tunggu tiba juga. Sempat beberapa kali MC menyinggung siapa sih bintang tamu kali ini yang membuat anak-anak semakin penasaran saja. Siapa sih? Siapa sih?

Bapak Giralbadi Thohir, Presdir Adaro Energy Tbk 

Bahkan saat Presdir Adaro Energy Tbk Bapak Giralbadi Thohir dan Direktur Bapak Sandiaga Uno  memberikan sambutan, suasana sudah semakin pecah dengan histerisnya anak-anak yang penasaran dengan penampilan JKT 48. Pak Boy bahkan sampai menawar waktu ; dari lima menit jadi dua menit saja deh untuk menyampaikan sambutannya. Tidak kebayang oleh saya lho seorang pejabat mau diatur anak-anak ya hahahaa…

Bapak Sandiaga Uno, Direktur Adaro 

Anak-anak yang berulang kali disebut-sebut sebagai tamu VVIP Adaro Energy Tbk dipersilakan maju mengisi barisan paling depan. Sebagai tamu istimewa mereka mendapat tempat kehormatan untuk bisa dekat dan bisa berinteraksi langsung dengan idola mereka JKT 48.

Performance JKT 48. Aitakata.. aitakata :)

Setelah membawakan beberapa lagu-lagunya yang terkenal, personel JKT48 pun memperkenalkan diri masing-masing dan berpesan supaya anak-anak bersyukur dan tetap tegar menghadapi apapun yang terjadi.

“Kakak pesan, kalian harus menghormati orang yang lebih tua dari kalian ya?”

“Iya Kakaaaaaak…”

“Puasanya harus lancar ya. Belajar yang rajin.”

“Iya kakaaaaaakk…”



Dalam perjalanan pulang saya saya termangu. Begitu banyak kenikmatan yang saya abaikan. Duh, kapan ya saya terakhir kali mengucap syukur alhamdulillah dengan apa yang saya miliki? Astagfirullah al adzim.


Di acara buka puasa bersama 1000 anak yatim saya belajar lagi mengenai kata bersyukur dan maknanya. Saya belajar juga arti tawaduk dalam artian sebenarnya di acara yang digelar di karpet merah dengan suasana kekeluargaan. Di moment ini saya juga belajar bahwa semua manusia sama di mata Allah tanpa ada pemisahan siapa si miskin dan siapa si kaya. Dan, bahagia itu sederhana sekali, melihat anak-anak yatim bisa bergembira adalah kebahagiaan luar biasa yang belum pernah saya temui sebelumnya.



Terimakasih banget sudah diajak ke acara ini ya Simbok Venus. Alhamdulillah, senang luar biasa saya. Bukan cuma seneng jadi kaya abege lagi yang norak nonton JKT48, tapi ada teman-teman baru lagi nih *dadah dadah ke Icit, Ippi, Linda, Dita. Dan tentunya ‘makanan untuk jiwa’ yang belum tentu saya dapatkan di acara lain.

Selamat untuk Adaro Energy Tbk semoga semakin sekseis ya, aamin aamiin ya rabbal al aamiin. 


5 komentar:

  1. Terima kasih sudah hadir, mbak. Senang akhirnya bisa ketemu.

    Duh. Anak-anak ini mencuri hatiku... Mbrebes mili baca tulisanmu, mbak.

    BalasHapus
  2. Balasan
    1. :D semoga bisa ketemu lain waktu ya

      Hapus
  3. Asswwrwb. Membaca dan selintas melihat foto-foto kegiatan ini, membuatku termangu. Menyadari bahwa selama ini aku banyak menuntut, kurang bersyukur atas apa yang telah Allah SWT anugerahkan kepada kita. Dengan melihat "ke bawah", kita baru menyadari betapa beruntungnya kita bila dibandingkan dengan anak2 yayasan ini.
    Terima kasih Adaro (telah berbagi dengan membahagiakan mereka), semoga sukses. Terima kasih jeng Diah (tulisanmu membuatku berlinang airmata haru). Membuatku bersyukur krn masih punya orangtua, saudara, kerabat dan media tempat mencari ilmu spt ini. Semoga sukses, Allah akan melipatgandakan karunianya kepada orang yang pandai bersyukur

    BalasHapus