Minggu, 28 Mei 2017

Tips Menghilangkan Bau Amis Ikan


sourcw : pixabay.com

Banyak orang yang ngga suka bau anyir ikan. Jika tercium eh terendus untuk beberapa saat aja, sebagian orang ada yang merasa pusing kepalanya dan mual-mual. Saya sendiri setiap ke lapak ikan laut di pasar Cileungsi juga suka merasa begitu, makanya saya pake masker untuk ngurang-ngurangi bau amis ikan. 

Sebenarnya, pada saat baru diangkat dari laut, ikan sama sekali tidak berbau karena dagingnya masih segar. Aroma atau bau amis mulai menguar beberapa jam berikutnya karena telah mengalami proses penguraian atau pembusukan akibat suhu panas udara. 




Bau amis pada ikan juga disebabkan oleh adanya zat asam amino pada tubuh ikan yang mempunyai segudang manfaat untuk melindungi kita dari kolesterol jahat. Sayangnya, asam amino di tubuh ikan lebih mudah teroksidasi dibandingkan asam amino yang ada di tubuh unggas atau hewan berkaki empat lainnya. Oksidasi pada lemak akan mengubahnya menjadi asam organik yang menyebabkan bau amis tersebut. Untuk meminimalisasi proses penguraian kita disarankan untuk menyimpan ikan di frezer atau merendam dalam batu es supaya tetap dingin dan terjaga kesegarannya. 

Nah, untuk mengurangi bau anyir ikan kebanyakan orang menggunakan perasan jeruk nipis atau lemon. Ada juga yang menambahkan garam di perasan air jeruk nipis tersebut. Efeknya memang langsung terasa dalam sekejap. Bau anyir pun hilang seketika.

Tapi gimana caranya jika stok jeruk nipis atau lemon ngga ada? Adakah cara lain untuk menghilangkan bau anyir ikan?

Ada. Nah, apa aja bahan-bahan di sekitar rumah yang bisa kita gunakan untuk mengurangi bau anyir ikan.



1. Kunyit. Caranya, haluskan seruas jari kunyit lalu balurkan ke badan ikan sampai rata. Diamkan beberapa menit, yeaaay bau anyir ikan pun hilang. 

2. Susu cair. Caranya, rendam ikan yang telah dicuci dan disiangi sisiknya ke dalam susu cair murni. Diamkan beberapa menit, bau anyir ikan hilang. 

3. Minyak wijen. Caranya, oleskan minyak wijen ke seluruh badan ikan. Diamkan beberapa menit maka bau pun hilang.  

4. Abu gosok. Caranya, cukup balurkan abu gosok ke seluruh badan ikan. Diamkan beberapa menit lalu cuci bersih. Cara ini juga ampuh untuk menghilangkan lendir ikan lele. 

5. Gula pasir. Caranya sama, gosok ke badan ikan lalu diamkan beberapa menit lalu cuci hingga bersih sebelum diolah.



6. Garam pun mempunyai manfaat untuk menghilangkan bau amis ikan. Caranya, lumuri badan ikan dengan garam sampai rata, diamkan beberapa saat lalu cuci bersih. Cara ini juga membuat daging ikan lebih terasa gurih saat dimasak karena rasa asin garam yang meresap ke dalam badan ikan. 



7. Jahe yang diparut atau ditumbuk kasar juga bisa dijadikan media untuk menghilangkan amis ikan. caranya sama, setelah diparut atau ditumbuk, balurkan jahe ke seluruh bagian badan ikan sampai rata. Diamkan beberapa saat lalu cuci bersih. 

8. Tepung Terigu. Ga nyangka kan kalau tepung terigu juga bermanfaat untuk mengurangi bau amis ikan? Nah, caranya sama. Balurkan ke seluruh badan ikan dengan tepung terigu sampai rata. Diamkan beberapa menit lalu cuci bersih. 

Di banyak daerah, jika ditelisik lebih jauh masih banyak sekali alternatif yang digunakan untuk mengurangi bau amis ikan. Di Lampung masyarakatnya sudah biasa menggunakan cabe yang ditumbuk untuk menghilangkan bau amis ikan. Lain lagi di kalangan masyarakat Sunda dan Batak yang umum sekali menggunakan kecombrang untuk menghilangkan bau amis ikan. 

Namun, sekali lagi sebelum mengolah ikan tetap kita harus mengutamakan kesegarannya. Amis ikan tidak bisa kita hindari tapi memilih ikan yang kadar amisnya lebih ringan merupakan cara untuk mendapatkan ikan yang lebih segar. Yuk, makan ikan :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar