Jumat, 26 Mei 2017

Makanan Sehat Di Bulan Ramadhan Untuk Keluarga, Cukup Dalam 30 Menit



Menjadi seorang ibu adalah suatu tantangan sendiri. Gimana ngga ; untuk mengurus keluarga, merapikan rumah hingga memasak perlu energi yang luar biasa. Seringkali, lantaran sudah kehabisan tenaga ngerjain urusan rumah tangga yang lain, memasak malah jadi ga kepegang. Akhirnya, apa boleh buat, terpaksa beli lauk mateng deh!

Menjelang bulan Ramadhan seperti sekarang ini, sudah kebayang gimana repotnya nanti. Waktu tidur jadi semakin singkat karena harus menyiapkan makan sahur, menyiapkan makan berbuka sekaligus beribadah lebih intens. Sebagai ibu, kita juga harus mengutamakan pilihan menu dengan gizi seimbang agar puasa tetap lancar sampai waktunya berbuka tiba. Berat banget pasti.


Beruntung sekali saya bisa hadir dalam Talkshow bertema “Ramadan Sehat Dan Praktis Bersama Philips” di Ballroom Hotel Ayana, Mid Plaza, Jakarta. Dalam acara ini hadir sebagai pembicara Rita Ramayulis DCN, M.Kes, seorang nutrisionis yang telah menulis banyak buku-buku tentang gizi dan Yongki Sentosa, Head of Personal Health Philips Indonesia.

Acara yang berlangsung 15 Mei 2017 lalu ini merupakan acara rutin Phillips setiap tahunnya yang mengangkat tema berbeda-beda. Perusahaan Phillips selama ini berfokus pada peningkatan kesehatan masyarakat mulai dari gaya hidup sehat dan pencegahan, diagnosis, pengobatan hingga perawatan di rumah, jadi ngga heran jika kali ini mengangkat mengenai pola makan sehat saat puasa.



Memilih makanan sehat selama berpuasa
Dipaparkan Rita, “Saat kita berbuka berpuasa sebaiknya kita jangan terlalu banyak makan. Itu salah. Cairan dan elektrolit dalam tubuh harus digantikan terlebih dahulu saat berbuka puasa. Nah, sangat penting untuk memilih makanan yang mengandung Glukosa, fuktrosa, sukrosa untuk dikonsumsi saat berbuka puasa.”

Menurutnya, makanan yang mengandung  glukosa, fruktosa dan sukrosa dapat kita temukan pada kurma. Selain kurma, makanan yang mengandung tiga jenis unsur tersebut adalah pisang, semangka dan pepaya. Jika tidak sempat menyediakan makanan itu, jangan kuatir. Kita bisa menggantinya dengan jus mangga dan kue pisang. Selain itu, air melon, air semangka dan air kelapa sangat baik dikonsumsi saat berbuka karena mengandung elektrolit yang dibutuhkan tubuh.



Kebiasaan keluarga Indonesia seperti keluarga saya yang suka minum teh manis menurut Rita sangat tidak dianjurkan. Karena teh manis menurutnya tidak cukup untuk mengganti cairan yang hilang selama berpuasa. Begitu juga dengan sop buah ataupun gorengan, jika kepingin banget sebaiknya dikonsumsi setelah memasuki waktu Isya.

Untuk pemilihan makanan sahur, Rita menyampaikan beberapa alternatif pilihan. Beras merah sangat baik dikonsumsi dengan didampingi sayuran berkuah yang sifatnya mendinginkan perut seperti sup, sayur bayam atau sayur berkuah lainnya yang tidak mengandung santan. Buah yang berair banyak dan mengandung antioksan tinggi seperti semangka, jeruk dan melon juga sangat baik dikonsumsi untuk mendapatkan gula alami yang dibutuhkan sebagai kalori tubuh.



Pada saat berpuasa, organ pencernaan kita beristirahat selama kurang lebih 14 jam. Kesempatan makan dan minum kita sangat terbatas yaitu hanya saat sahur, buka puasa dan makan malam. Dengan berpuasa, otomatis kerja ginjal, usus, hati, kandung empedu, pancreas dan lambung akan terhenti. Untuk itu, terjadilah proses pembuangan zat-zat racun di dalam tubuh yang akan terbuang secara alami (detoksifikasi). Dengan memperhatikan asupan makanan saat sahur, buka puasa dan makan malam, manfaat puasa untuk memberi kesempatan kita hidup sehat akan tercapai.

Rita menyampaikan, berdasarkan sebuah survei yang dilakukan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Departemen Kesehatan (Balitbangkes) Kementerian Kesehatan disebutkan bahwa menu makan saat puasa sebaiknya tetap mengikuti prinsip seimbang dan beraneka ragam. Rita mengumpamakan dengan piring makanan. Di mana dalam piring yang kita makan harus ada 50% karbohidrat, 25% lemak, dan 15% protein dari total kebutuhan energi, vitamin dan mineral sesuai kebutuhan setiap orang. Sedangkan porsi makan sahur yang dianjurkan adalah 1/3 dari kebutuhan kalori dalam sehari dan tidak terlalu kenyang.

Masak Praktis Bulan Ramadhan
Dengan berpuasa memang terbukti secara klinis manfaatnya bagi kesehatan. Kita pun jadi tau, memilih asupan makanan yang sehat adalah hal yang mudah, namun gimana menjaganya agar tetap seimbang selama sebulan penuh? Sedikit banyak pasti ada aja halangannya mengingat keterbatasan waktu yang kita punya. Untuk sehari-hari aja daripada mengkonsumsi mie instant terpaksa jadi beli lauk mateng aja,  hiekz.

Mengerti akan kebutuhan masyarakat jaman sekarang yang menuntut serba kepraktisan karena terbatasnya waktu tapi ingin kembali ke gaya hidup sehat, dalam acara ini Phillip memberikan sebuah solusi. Di meja seluruh tamu undangan, telah disediakan dua buah peralatan dapur Phillips yang sangat inovatif untuk kita coba yaitu Phillips Blender, Phillips Air Fryer alat menggoreng, memanggang, membakar dengan teknologi udara dan satu lagi yaitu Fuzzy Logic Rice Cooker alat penanak nasi.

Dipandu oleh MC dan Rita Ramayulis, setiap meja ditantang untuk membuat  Bola-bola Ayam Sayur dan minuman Energizer Juice yang bermanfaat untuk mengganti cairan dan elektrolit serta membantu untuk  menaikkan kadar gula darah dengan menggunakan produk dapur Phillips yang disediakan.

Berikut saya salin ya resep bola bola ayam sayur-nya :


Cara membuat :
1.      Masukkan ayam cincang ke dalam wadah, tambahkan potongan wortel, gula, garam dan merica. Aduk rata.
2.      Bentuk adonan menyerupai bola-bola sedang.
3.      Lapisi bola-bola dengan tepung terigu sampai rata.
4.      Lumuri bola-bola dengan telur yang telah dikocok rata.
5.      Balut bola-bola dengan tepung roti.
6.      Goreng bola-bola dengan menggunakan Phillips Airfryer. Masak selama 15 menit dengan suhu 200 Derajat Celcius. Bolak balik adonan dua kali supaya matang lebih merata.
7.      Bola-bola siap disajikan.



Tak perlu waktu lama, bola-bola ayam sayur yang enak dan lezat karena minim penggunaan minyak telah tersaji. Phillips Airfryer dalam pengujian independent merupakan produk yang paling banyak memenangkan penghargaan di seluruh dunia. Rahasia kesuksesannya, sajian lezat dan sehat yang mudah dibuat. Apa iya?


Saya dan teman-teman membuktikan saat mencoba dalam demo masak di acara ini. Pertama-tama, setelah mencapai suhu yang tepat, buka laci dan masukkan adonan ke dalam wadahnya. Mudah koq!

Menggoreng sehat dengan Rapid Air Technology yang unik dari Philips memungkinkan kita menggoreng dengan udara untuk membuat makanan yang renyah di luar dan lembut di dalam. Semua matangnya dengan kadar lemak hingga 80% lebih rendah.




Rapid Air technology yang unik dari Philips memungkinkan kita mempersiapkan makanan dengan hanya menggunakan udara. Berkat kombinasi unik sirkulasi udara panas yang cepat dan akurat, keseimbangan suhu yang optimal, dan elemen pemanggang, kita bisa menggoreng atau memanggang semua jenis makanan lezat. Karena kita hanya menggunakan udara untuk menggoreng, maka metode ini lebih aman dan melindungi kita dan rumah kita dari bau minyak goreng dibandingkan penggoreng biasa.



Dengan bagian alat yang aman untuk mesin pencuci piring, Airfryer juga mudah dibersihkan!
Airfryer Phillips merupakan alat yang mampu membuat aneka masakan. Kita bisa menggoreng, memasak dan memanggang hanya dengan satu alat aja. Dengan menggoreng menggunakan Airfryer kita  dapat menggoreng dengan sehat. Dibandingkan alat penggoreng biasa, hasil gorengan dari Philips Airfryer mengandung lemak hingga 80% lebih sedikit untuk menggoreng French Fries dan hasilnya terasa lezat! Tentu aja, kita juga bebas dari cipratan minyak panas seperti sewaktu menggoreng dengan alat penggoreng umum.



Kita juga dapat memanggang tulang iga atau daging lain dalam Airfryer. Percaya ngga, Airfryer juga bisa memasak Steak lho. Benar-benar multifungsi untuk semua jenis makanan!
Suka makanan manis? Atau suka memanggang kue yang sangat cantik? Tenang, kitapun bisa melakukannya di Airfryer! Kita bisa membuat hidangan penutup seperti crème brûlée, pai apel lezat, bahkan cupcake.

Untuk memanggang daging dan ikan juga bisa dipanggang dengan Airfryer seperti chicken drumstick yang enak. Panggang daging dengan cepat pada suhu tinggi dan nikmati daging yang lembut dan empuk.


Untuk resep ke dua, membuat Energizer Juicer bahan yang diperlukan adalah :
2 potong melon
½ buah mangga manalagi
1 buah perasan jeruk Pontianak, ambil airnya
4 buah es batu kotak

Caranya : campurkan semua bahan dalam blender. Blender selama 30 detik menggunakan Phillips Blender. Siap disajikan.


Phillips Blender merupakan produk inovatif yang lebih dari sebuah blender. Membutuhkan daya listrik sebanyak 600W, Phillips Blender mampu memblender homemade soup, jus segar atau mengkreasikan smoothies yang penuh nutrisi.

Multi kecepatan Memblender dengan beragam kecepatan dan tingkatan melalui pemilihan setelan.


Pisau bergerigi super tajam yang tahan lama. Menghancurkan dan memblender dengan sempurna dengan pisau bergerigi ultra tajam dan awet ini.

Aksesori multi penggiling Multi penggiling untuk menggiling dan mencacah bahan keras dan lembut.





Panel sentuh lembut yang mudah dibersihkan. Mudah dibersihkan dengan mengusap permukaannya.


Selama acara berlangsung banyak sekali info-info kesehatan yang saya dapatkan agar pola hidup sehat sebagai bagian dari gaya hidup bisa diterapkan di rumah. Sejak dari mulai memasuki ruangan, ada booth untuk mengecek kadar lemak.


Di acara ini juga ada booth yang membolehkan kita membuat jus sendiri dengan aneka buah yang telah disediakan. Karena saya type penurut, saya serahkan aja kepada Mas-mas Phillips untuk dibuatkan jus apa. Dalam segelas jus nanas madu yang disodorkan ke tangan saya, saya kaget pas menghitung berapa potong besar nanas yang dijus. Menurut Mas-mas dari Phillips di depan saya, jus yang dibuat dengan Blender Phillips memang dibuat dari buah murni tanpa tambahan gula dan air sama sekali. Rasa manis didapat dari buah nanas itu sendiri dan madu. Jadi ga heran dalam segelas jus nanas di tangan saya sama artinya saya saya telah memakan 4 potong nanas yang kira-kira satu buah nanas ukuran besar. Wowww… 

Menjadi seorang ibu memang harus pandai-pandai bersiasat. Untuk Ramadhan yang tinggal beberapa hari lagi, belajar dari tahun yang sudah-sudah, kesulitan saya menyiapkan menu sahur, buka dan makan malam selama berpuasa Insha Allah sudah tertanggulangi. Bentar lagi suami saya gajian, bentar lagi juga turun THR, geret dia ah beli produk Phillips hahahaa…


Thank you Phillips 

39 komentar:

  1. mantap. menginspirasi banget

    BalasHapus
  2. wihhh..lengkap sekali mba diah...memang dibulan puasa ini harus bisa menjaga makanan agar tetap strong dan sehat tentunya, ini memang lengkap artikelnya mba
    sukses yahh....

    BalasHapus
  3. Ternyata, kebiasaan minum teh manis saat bebuka puasa, nggak tepat :). Membuat menu makanan selama bulan puasa ini memang perlu kreatif. Ditunjang dengan alat pendukung yang membantu, seperti blender dan lainnya menyenangkan banget. Apalagi, menunya sudah tersedia di tulisan ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah, jadi nanti buka puasa pake apa dong win? hehehe

      Hapus
  4. Aahh.....Siang-siang gini lihat makan. Hhmmm....

    BalasHapus
  5. keren banget ya alat2 masak dari philips. jadi pengen punya semua, aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin.. doain aku juga ya mak inna :)

      Hapus
  6. Hari pertama pyasa blender philipsku rusak. Mgkn krn udah tua umurnya. Untung punya stock blender baru...philips juga. Udah cinta ma philips

    BalasHapus
    Balasan
    1. ga bisa ke lain hati ya mawi. Phillips emang kuat kuat produknya. meski agak mahal tapi worth it-lah dengan masa pakainya ya hehee

      Hapus
  7. Waduh kepengen punyaaa blender nih...buat nge jus sehat. Nabung dulu

    BalasHapus
    Balasan
    1. yuk mba, kalo aku naksir sama airfryernya. Blender Phillips masih awet koq dipake selama ini heheh

      Hapus
  8. Waduh kepengen punyaaa blender nih...buat nge jus sehat. Nabung dulu

    BalasHapus
  9. Praktis banget kalo nyiapin buka puasa cuma 30menit ya Mbak :3. Di rumah juga ada blender philips dari zaman baheula masih awet aja. Ini liat2 ada alat2 masaknya yg memudahkan ibuk2 nyiapin buka sm sahur jadi mupeng

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo aya, penganten baru harus banyak ngumpulin perabotan biar ga lama uprek uprek di dapur hehe

      Hapus
  10. kalau punya peralatan philips pasti persiapan buka puasa bisa praktis dan cepet juga enak ya mba.

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah itu, ga kebayang kan bangun lebih pagi setiap hari untuk nyiapin sahur kalau ga ada peralatan dapur phillips seperti ini :)

      Hapus
  11. Kalau punya peralatan masak keren kaya philips masak jadi cepet dan bisa beraneka ragam

    BalasHapus
    Balasan
    1. praktis dan hemat waktu jadinya ya ev :)

      Hapus
  12. Yuk, mulai disiplin konsumsi yangs ehat-sehat

    BalasHapus
    Balasan
    1. yuk, jangan lupa kalau menggoreng sekarang pake aierfyer phillips mba hehee

      Hapus
  13. Jadi pengen punya Philips air Fryernya karena aku suka makan gorengan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. tooosss.. aku juga suka gorengan. buka puasa ga ada gorengan mana bisa? Phillips emang paling ngerti kebutuhan kita ya

      Hapus
  14. Pakai Philips jadi mempermudah n mempersingkat waktu masak di bulan puasa ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. betull, cuma tiga puluh menit kan hemat waktu banget. ga bakal kesiangan sahur dan keburu imsyak lagi deh hehee

      Hapus
  15. Mupeeng Airfryer Philips-nyaaa hehe

    BalasHapus
  16. Salut yaa... Philips terus berinovasi. Bikin emak-emak "Mupeng" terus!

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, makanan sehat bergizi praktis dan hemat waktu langsung tersedia di meja berkat peralatan dapur Phillips hehee

      Hapus
  17. Philips keren. Apalagi yg airfryer nya. Selain memudahkan dan praktis dlm urusan memasak. Juga hemat minyak goreng hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. beli minyak goreng sekarang ga usah banyak-banyak ya kan udah ada airfryer phillips hahaha

      Hapus
  18. Noted ni mak resep2nya :). Mupeng sm philipsnya jg nih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. bola bola ayamnya pasti disukai sm misua kamu deh des. yuk cobain bikin buat buka puasa nanti :)

      Hapus
  19. kalau peralatannya mumpuni, sih masak juga gak butuh waktu lama, ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, jd makin praktis, hemat waktu dan yang pasti sehat mak cie :)

      Hapus
  20. Makin canggih aja alat masak. COcok buat mama yg sok sibuk kayak akyuuu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. sok sibuk? emang sibuk kaleee hahaha...

      yuk THR turun belii hahaha

      Hapus