Minggu, 23 April 2017

Suzuki IGNIS, Mobil Sporty Untuk Yang Berjiwa Muda


Sudah menjadi hal yang lumrah jika kita lihat banyak sekali mobil dan motor keluaran terbaru yang sliweran di jalan raya. Hal tersebut merupakan pertanda laju ekonomi di Indonesia tumbuh dengan pesat. Berbagai macam pilihan yang ditawarkan produsen kendaraan dan kemudahan proses pemilikannya membuat orang membeli kendaraan yang disesuaikan dengan karakter masing-masing. Boleh dibilang, membeli mobil saat ini bukan lagi berdasarkan fungsinya sebagai alat mobilitas.

Bagi kaum urban waktu sangat berharga sekali, kebutuhan akan kendaraan mau tidak mau harus menjadi prioritas utama. Terlebih di kota besar seperti Jakarta, kemacetan dimana-mana membuat pengendara harus lihai mencari jalan tikus agar segera sampai tujuan. Untuk itu, kendaraan berkemampuan mumpuni yang berukuran kecil menjadi daya tarik tersendiri untuk menembus padatnya kota.


Mengerti kebutuhan konsumen akan mobil yang bisa bergerak lincah di gang sempit dan mampu menanjak di jalan terjal, salah satu produsen kendaraan asal Jepang PT Suzuki Indomobil Sales mengeluarkan genre terbarunya yang berkelas SUV (Sport Utility Vehicle). Kebetulan saya dan teman-teman Blogger diundang khusus ke Mal Kota Kasablanka Jakarta Selatan untuk merasakan test drive dan mencari tau lebih dalam mengenai keunggulan Suzuki IGNIS dibandingkan dengan keluaran sejenis.


Sporty modelnya, sehingga Suzuki IGNIS sangat pas sekali menyasar segmen anak muda atau yang berjiwa muda kaya saya.  Eeh… hehee…


Eksterior Suzuki IGNIS
Nah, sekarang kita ulik keunggulan Suzuki IGNIS mulai dari eksteriornya ya.


kekuatan karakter SUV pada Suzuki IGNIS ditampilkan melalui kotak-kotak kecil pada bagian grill. 

Dari depan kita bisa lihat fitur komponen terkini yaitu lampu LED Projector and Day Time Running Light (Type GX). Selain itu sudah tersematkan lampu kabut yang dihiasi chrome untuk tipe GX. Bagi yang belum tahu, lampu LED berfungsi untuk memaksimalkan pandangan pengendara ke depan dengan menyetel secara manual ketinggian sorotannya sehingga memberi perasaan aman saat berkendara di malam hari. Penggunaan lampu LED juga mengirit biaya karena konsumsi listriknya lebih kecil dibanding lampu halogen. Jadi ga usah heran jika masa pakainya lebih lama dan awet.

Lampu LED yang digunakan membuat cahaya lebih terang, fokus dan tidak menyilaukan

Selain di depan, penggunaan lampu LED juga digunakan pada bagian high mount stop lamp yang ada di bagian belakang mobil. Di bagian belakangnya kita bisa lihat keunikannya pada sensor lampu saat parkir dan rear combination lamps yaitu lampu rem, lampu sign dan lampu mundur.

Nah sekarang kita lihat body-nya. Menggunakan body material yang ringan dan memperhitungkan desain aerodinamika maka saat berkendara dengan laju kecepatan tinggi, udara bukan lagi hambatan yang bisa membuat mobil oleng. Konstant terus.

di bagian belakang terdapat parking sensor juga untuk mencegah tabrakan 

Suzuki IGNIS juga memiliki air intake setinggi 700 mm dengan high ground clearance 180 mm sehingga tetap bisa menerobos genangan air ketika musim penghujan atau jalan berlubang. Kekokohannya semakin terlihat dari ban mobil  yang berukuran cukup besar 175/65 R15, sehingga saat jalan terlihat gagah apalagi saat melaju di permukaan yang tidak rata tetap terasa nyaman.


Pada type GX, Roof rail berbahan dasar material aluminium ditambahkan di bagian atas untuk menampung beban barang yang tidak muat di bagasi. Dari segi fungsi maupun style, penambahan roof rail membuat tampilan IGNIS semakin sporty aja.

Interior Suzuki IGNIS



Sekarang kita lihat bagian interiornya. Dari bagian kabin, kesan lapang, modern, futuristic, unik dan nyaman langsung saya rasakan. Kursi pengendara dengan desain yang mengutamakan estetik ergonomic membuat posisi badan saya terasa ‘pas’ berada di tengah jok. Jok pengendara dan penumpang depan dibuat dengan tampilan sporty model bucket seat dan tetap tampil mewah dengan adanya head rest yang bisa disetel ketinggiannya.

desain head unit yang unik dengan fitur CD player, USB, AUX & Bluetooth Connection
Di bagian kemudi, lingkar kemudinya sudah tersemat control tombol untuk multi information display (MID), audio serta terkonektsi dengan panggilan untuk menerima dan menolak panggilan telepon. Dengan menggunakan electric Power Steering, pergerakan lingkar kemudi memudahkan pengendara supaya lebih ringan bermanuver dan tingkat respon kemudi bisa lebih presisi. Asik ya.

Di balik kemudi, kita bisa melihat kondisi kendaraan karena terpantau melalui meter cluster. Dengan alat ini kita bisa mendapat informasi mengenai keadaan baterai aki, immobilizer, power steering, ABS, hand brake, indicator oli, RPM  meter, speedometer, safety belt hingga airbag.

cutting edge meter cluster denga tampilannya yang atraktif dan sporty. Keren ya :)
Just info aja, Immobilizer merupakan sebuah fungsi keamanan untuk meminimalisir terjadinya pencurian. Pada anak kunci memiliki sinyal sendiri dan tidak dapat dihidupkan tanpa kunci asli.
Suzuki IGNIS merupakan satu-satunya jenis urban SUV yang futuristic dan modern. Dengan system touch screen pada lingkar kemudinya, kita bisa mengakses radio dan pemutar music CD atau USB dengan format MP3 atau WMA. Kita juga bisa mengontrol volume suara dan tidak kesulitan saat mengganti music. Pada tipe GX dilengkapi juga dengan Bluetooth.

Keyless entry & push start/stop button untuk type GX yang praktis sekali dan bermanfaat untuk meningkatkan segi keamanan
Saat duduk di depan kemudi, untuk mengaktifkan mesin berukuran 1250 cc ini kita cukup hanya menekan tombol start/stop saja. Jadi tanpa memasukkan anak kunci, fitur Keyless Entry pada tipe GX ini-yang penting jarak anak kunci berada tak lebih dari 80 cm- memudahkan kita bisa mencapai kabin.

berbagai fungsional dihadirkan untuk memuat barang melalui glove box seperti ini. Selain itu ada center console tray dan dua cup holder serta ruang untuk menyelipkan majalah di pintu depan
Untuk jok penumpang belakang, busanya yang empuk dengan bahan seat cover yang stylish memberi kenyamanan dan suasana yang tidak kaku. Di pintu kanan dan kiri belakang terdapat bottle holder serta terdapat front seat back pocket di bagian lunggung jok penumpang belakang untuk meletakkan berbagai kebutuhan kita. Di bagian pintu depan juga terdapat ruang untuk menyelipkan majalah dan ada  bottle holder juga. Waah, Suzuki IGNIS benar-benar memperhatikan utilitas ya.

di jok penumpang belakang disediakan fitur child seat juga untuk keluarga yang masih memiliki bayi. Jadi kata siapa IGNIS ga nyaman untuk bawa keluarga ya? hihii


bibir pintu bagasi tingginya 715 mm dan lebar 995 mm sehingga akses barang yang dapat ditampung bisa ditumpuk hingga setinggi 950 mm dan lebar 1160 mm. Muat banyak deh :)

Kenyamanan dan Keamanan Berkendara Dengan Suzuki IGNIS
Suzuki IGNIS menghadirkan system pengereman darurat berkat system ABS (Anti Breaking System). Dengan system ini, mencegah roda mengunci saat pengereman mendadak yang bisa membahayakan keselamatan berkendara. Selain itu, dengan adany Electronic Brake-Force Distribution, besaran gaya pengereman dibagi rata ke semua roda. Adanya fitur tersebut, menjamin pengemudi merasa lebih merasa aman dan nyaman berkendara dan saat melakukan pengereman darurat saat mendadak menghindari situasi di depannya.


Bila terjadi hal di luar dugaan, keselamatan pengendara dan penumpang depan sudah disiapkan dual SRG airbag. Alat ini akan mengembang ketika mengalami benturan serta menggunakan sabuk pengaman.

nah ini yang saya maksud, perpindahan transmisi mau yang manual atau matic cukup dengan memindahkan tuas ini aja :)

Suzuki IGNIS menawarkan dua tipe transmisi berkendara. Bagi pengendara yang menuntut efisiensi bakan bakar, jenis transmisi manual dengan lima percepatan bisa jadi pilihan. Sedangkan bagi pengendara yang menuntut kepraktisan ada pilhan perpindahan AGS. Transmisi ini memungkinkan pengendara melaju di kepadatan lalu lintas tanpa perlu cape lagi gonta ganti gigi dan menginjak kopling dan bisa juga digunakan secara manual.

injakan kopling, rem dan gasnya empuk lho, ga kaya yang dirumah saya hahaha... 


bahan bakar yang digunakan sangat efisien dengan mesin bensin empat silinder K12M berkapasitas 1.197 cc didukung juga oleh Variable Valve Timing (VVT) dan juga DOHC 
Nah gimana, kumplit kan serba serbi Suzuki IGNIS yang sporty lincah trendy dan dinamis ini. Dengan bandrol harga mulai dari  Rp 139,5 juta untuk tipe GL MT, Rp 159,5 juta untuk tipe GX MT dan Rp 169,5 juta untuk tipe GX ABS ada banyak paket program cicilan mulai dari dengan bunga rendah, cicilan ringan, uang muka murah dan tenor sampai dengan 7 tahun kita bisa mendapatkan mobil Suzuki IGNIS ini dengan cara indent.
tombol hitam kecil di pegangan pintu pengendara berguna untuk membuka pintu tanpa menggunakan anak kunci. Misalnya dalam keadaan ribet mencari kunci di tas, apabila jarak anak kunci ga lebih dari 80 cm maka sensor berkerja dengan baik. 

Pilihan warna yang tersedia ada enam yaitu Silky Silver, Arctic White Pearl, Midnight Black Pearl, Uptown Red Pearl, Tinsel Blue Pearl Metallic dan Glistering Grey Metallic.

Sedangkan untuk tipe GX ada tujuh pilihan warna menarik yaitu Silky Silver, Midnight Black Pearl, Arctic White Pearl, Glistering Grey Metallic, Dual Tone Uptown Red Pearl and Midnight Black Pearl, Dual Tone Tinsel Blue Pearl and Midnight Black Pearl, dan yang terakhir Dual Tone Tinsel Blue Pearl and Arctic White Pearl.

Yang penasaran dengan keunggulan Suzuki IGNIS mampir deh ke IIMS di Kemayoran minggu ini ya. Ya, siapa tau ketemu saya hehee.. 

thank you Suzuki IGNIS (source : FB Suzuki)

18 komentar:

  1. Wah. Kelas 1200 cc bertambah lagi pesaingnya...plusnya adalah tampilan sporty dan irit masuk ke anak muda..cocok juga buat yang tua.. dan mampu menerobos banjir ya (ini yg perlu, secara kakau hujan ngga ada yg bisa prediksi).

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nih bang, suzuki IGNIS memang yg paling paham kebutuhan akan mobil trhadap segala cuaca dan kondisi di kota besar kaya di sini ya

      Hapus
  2. Wah sepertinya menarik.....

    BalasHapus
  3. Ini tuh namanya sekarang cross over yaa, tambah keren dan murah bingit yaaa.. rasanya selangkah lagi punya deh ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin smoga terkabul ya mba. Doain aku juga ya mbaa 😊

      Hapus
  4. Suzuki IGNIS bisa menjadi andalan utk kaum Urban. Wah ulasan yang menarik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. jadi mas agung ambil yang tipe apa nih? hihihih...

      Hapus
  5. Wuihhh.. Lengkap dan terperinci banget review nya mba. Thank you info nya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. masama :)

      kapan bisa ngegas pake IGNIS ya kita hahaha

      Hapus
  6. Cocok niy buat pergi arisan ��

    BalasHapus
  7. Ah cakepnyaa. Cocok buat Mahmud nih

    BalasHapus
  8. Waa.. fitur child seatnya itu bikin mupenggg... tampilannya juga oke

    BalasHapus
    Balasan
    1. tingkat resiko keamanannya maksimal ya :)

      Hapus
  9. Meskipun saya sudah termasuk tidak muda, tapi jiwa masih muda, lah. Makanya tertarik juga pengen punya IGNIS :D

    BalasHapus