Kamis, 20 April 2017

Masak Jadi Mudah Berkat Honestbee

Setiap pagi rumah saya selalu heboh. Bisa bayangin kan, saat anak-anak adu cepat rebutan kamar mandi sementara itu saya juga lagi rempong nyiapin sarapan dan bekal sekolah mereka. Semua sibuk, semua riweuh, senua pengen buru-buru. Hadeuuh, ibu-ibu pada umumnya ngalamin hal kaya saya ga sih?

Perkara nyiapin masakan khususnya sarapan, sebenarnya bukan soal yang susah. *Cieeeh.. Hihi....* Untuk mengisi kulkas, setiap hari minggu saya belanja sayur mayur di pasar Cileungsi. Sebelumnya trelebih dulu saya sudah menyusun menu seminggu. Jadi ga ada istilah 'bingung mau masak apa' sih. Tempe, tahu atau ayam misalnya langsung saya ungkep, nanti tinggal goreng saat mau dimakan. Sayur mayur juga dibersihkan dan disiangi, jadi saat mau masak ga perlu waktu lama lagi.

Nah, yang jadi soal, kalau stok bumbu dan sembako seperti kecap, garam, minyak dan terigu yang habis. Waduh, mendadak jadi bingung deh. Saya harus mikir kilat, dengan bahan baku yang seadaanya gimana caranya harus jadi sesuatu yang bisa dimakan. Deuuhh...

Padahal nih, bahan-bahan tersebut dibelanjakan setiap suami habis gajian. Belanja bulanan namanya. Dan tentunya, sebelum belanja juga sudah dicek apa yang kira-kira mau habis barulah dibeli. Tapi, kembali lagi, namanya juga stok, bisa cepat habis bisa juga lambat habisnya. Wis nyengir aja deh, saatnya sim salabim, abrakadabra... hahahaha...

Seperti kemarin... 

Tadinya saya mau masak tumisan tapi sayur mayur di kulkas sudah layu. Untung aja masih ada ikan bandeng di kulkas. Awalnya saya bingung juga masak ikan bandeng secara anak-anak kurang suka ikan dikarenakan ribet dengan durinya. Apalagi ini untuk sarapan dan bekal sekolah. Hmmm, ketar-ketir juga deh. 

Kemudian saya longak longok persediaan bumbu, alhamdulillah saya masih menemukan bumbu ikan goreng instant, maka jadilah menu Oseng bandeng garing ala dapur saya. Berikut resepnya : 



Oseng Bandeng Garing

Bahan :

2 ekor bandeng ukuran sedang, potong serasi
1 sdt garam
2 sdm cuka masak

Iris halus :
6 siung bawang merah
5 siung bawang putih
1/2 buah bawang bombay

2 cabe merah (iris menyerong)

1 bungkus kecil asam jawa
100 ml air

1 sdt kaldu bubuk
Minyak goreng untuk menggoreng dan menumis

Cara Membuat :

Cuci ikan bandeng, pegang kepala dan buntut ikan lalu tarik sampai bunyi 'kretek' tanda terpisah duri-durinya. 
Potong-potong lalu baluri garam dan cuka, sisihkan.
Rendam dan larutkan asam jawa dengan air, sisihkan.
Panaskan minyak goreng (jangan sampai terlalu panas), goreng ikan dengan api kecil hingga garing, sisihkan.
Panaskan minyak goreng, tumis bawang merah, bawang putih dan bawang bombay hingga matang dan wangi.
Masukkan cabe iris, air asam jawa dan kaldu bubuk, aduk rata, biarkan hingga mendidih.
Masukkan ikan bandeng yang telah di goreng, aduk rata.
Angkat, hidangkan.

Catatan :
1 bungkus kecil asam jawa setara dgn 18 gr atau 6-7 mata asam jawa

Honestbee
Yeaayy, ngga nyangka, anak-anak suka lho. Malah katanya, temen sebangkunya ikut cuil-cuil dibantuin ngabisin bekalnya. Okelah, besok-besok dibawain yang banyakan yaaa...

Ngomong-ngomong soal bumbu ikan goreng instant, kebetulan saya membelinya melalui aplikasi Honestbee. Nah, bingung kan apa itu Honestbee? 

Honestbee merupakan aplikasi layanan belanja online yang nyaman untuk kebutuhan rumah tangga kita. Berbagai kebutuhan fresh meat and seafood, dairy, eggs and chilled food, food cupboard, snack and sweets and frozenfood.  ada lebih dari 60 ribu produk yang bisa kita pesan. Shopper dari Honestbee akan membelanjakan order pesanan dan mengantarkan ke rumah kita dengan cepat. 

Untuk merasakan kenyamanan berbelanja pertama-tama terlebih dulu kita harus instal aplikasi honestbee melalui playstore. 








Setelah proses install selesai, kita harus registrasi dulu sebelum melakukan proses belanja. 



Jika proses registrasi selesai, kita mulai sign in dan memberitahukan lokasi kita di mana. 

Setelah selesai langkah ini dikonfirmasi, lalu kita bisa mulai memilih pesanan belanja kita lalu lanjut ke fitur add chart untuk ditambahkan ke keranjang belanja kita. 




Setelah selesai berbelanja, kita kita bisa mengecek kembali daftar belanja kita sebelum check out. Ya kali aja namanya abis add chart terus menerus ga sadar belanja kita jadi bablas hehehe... 




Selesai tahap ini, kita lanjut ke pembayaran. Kita harus mengisi kembali alamat pengiriman yang jelas, hari dan jam pengiriman kapan, nomor kontak yang bisa dihubungi dan pilihan system pembayaran, apakah cash on delivery atau melalui credit card. 







Jika sudah di step ini, ada pemberitahuan order sekaligus track order kita dan akan tertera foto dan nama Shopper alias asisten belanja dan delivery atau pengirimnya. 




Gimana, gampang kan? Belanja jadi mudah, masak jadi mudah juga berkat Honestbee. Dengan garansi one hour delivery, delivery man atau kurir Honestbee akan datang ke lokasi pengantaran yang kita minta. Asisten belanja Honestbee pun telah melalui training ketat terlebih dulu untuk memberi layanan maksimal kepada pengguna aplikasi Honestbee.

Lomba Masak Online Honestbee
Nah, ada info asik nih...
Honestbee dan Kriya Indonesia akan mengadakan lomba masak online lho, dimana lomba tersebut berlangsung selama 6 periode dari tanggal 26 April sampai 20 Juni 2017.
Periode 1 dan 2 berlangsung selama dua minggu sedangkan periode 3 sampai periode 6 masing-masing berlangsung selama satu minggu.

Untuk tema lomba akan diumumkan setiap Kamis, dan lomba dimulai setiap hari Jumat, lalu pengumuman pemenangnya akan diumumkan setiap hari Senin.

Setiap periode lomba akan dipilih 5 pemenang yang akan mendapat hadiah voucher belanjad Honestbee masing-masing senilai 250 ribu rupiah. Woowww, aseeekkk...

Berikut ini mekanisme lomba masak online ya :
Setiap peserta wajib memfollow akun Ig dan Fanspage @Honestbee_id dan @KriyaIndonesia.
Peserta wajib membagikan info lomba dan mention lima orang temannya.

Peserta boleh mengikuti semua periode lomba tapi teman yang dimention dalam share tidak boleh sama ya.

Peserta wajib belanja bahan masakan yang dilombakan melalui aplikasi Honestbee, lalu screen shoot bukti share info lomba dan bukti belanja. Kirimkan via email untuk kemudian mendapatkan voucher belanja Honestbee senilai 50 ribu rupiah (free ongkir) sebagai pengganti bahan belanja.

Hasil masakan berikut resepnya diposting di Instagram dan Facebook dengan hastag @MasakJadiMudah, jangan lupa mention ke IG dan Fanspage @honestbeeid dan @kriyaindonesia.

Pemenang akan ditentukan berdasarkan kreatifitas dan cara memasak yang mduah. Jumlah like juga akan menjadi nilai tambah tersendiri.

Juri lomba dari pihak Honestbee dan Resep Dapur Ayah.

Catatan, peserta lomba masak online Honestbee diikuti oleh peserta yang berdomisili di Jakarta, Depok, Tangerang dan Bekasi.

Yuk ah leyeh-leyeh dulu. Saya lagi nunggu mas Bee dateng nih. Jangan lupa install Honestbee dan ikutan lomba masaknya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar