Selasa, 07 Maret 2017

Wisata Edukasi plus Wisata Belanja Bersama Honestbee



The Man Behind The Gun

Seorang fotogragfer bisa menghasilkan foto-foto cantik berbekal kameranya. Mau kamera jenis apa aja, hasil fotonya pasti cantik-cantik. Begitu juga dengan seorang Chef.  Dengan tangannya yang kreatif makanan enak-enak in a minute terpampang nyata depan mata. Kelihatannya gampang ya, tinggal plung plung garam sekian, tinggal plung plung gula sekian. Tapiiii, gimana soal rasa? Heeem, berdasarkan pengalaman yang udah-udah sih, meskipun resepnya sama tapi hasilnya pasti beda. Kata orang dulu, beda tangannya. Ayo, gulung lengan baju hahaha… .


source : Ig Kriya Indonesia. Tampak Fanny dan Ibu Ari dari Museum Tekstil menjelaskan wastra Indonesia 


Tanggal 26 Februari 2017 lalu, agenda Kriya Indonesia kali ini lain dari yang biasanya. Selain wisata keliling Museum Tekstil yang dipandu oleh si bule Guide cantik Fanny asal Italia yang sudah khatam betul soal dunia tekstil di Indonesia juga ada demo masak. Entah apa alasannya sehingga Ayam rica-rica dan Puding Sarikaya Gula Merah dipilih Jun Joe Winanto, seorang sahabat Blogger yang doya becanda tapi baik hatinya ini untuk acara Wisata Belanja Bersama Honestbee ini. 

Source : Ig Kriya Indonesia. Ki - ka : Gita (MC), Ibu Ari (perwakilan Museum Tekstil), Mba Astri (Founder Kriya Indonesia), Tonny (perwakilan Honestbee), Jun (Chef). 


Bapak dua anak yang masih keliatan kaya anak kuliah ini memang hobi masak. Dia selalu bawa kantong doraemon berisi olahan kuliner racikan tangannya untuk diicip icip teman-teman setiap ada acara Blogger. Boleh dibilang, saya termasuk orang yang cukup sering goyang lidah mencicipi bawaannya dan dengan mata berbinar-binar dan ngga tau malunya, bilang gini, “Enak Jun. Lain kali bawa yang banyak ya, gw mau bawa ompreng!” hihihihi… .

source : Ig Kriya Indonesia 


Skip yaaa..

Kembali ke acara. Selama ini saya suka juga masak ayam rica-rica. Tapi setelah saya bandingkan dengan racikan Jun, banyak bedanya lho. Pertama, pemilihan ayam. Jika Jun lebih suka memakai ayam pejantan saya pakai ayam broiler. Kedua, jika Jun menggoreng ayamnya dulu setengah matang baru dimasak lagi dengan bumbu sampai matang, saya langsung menumis bumbu sampai wangi baru memasukkan  ayam mentahnya dan dimasak sampai matang.

Catatan buat saya, tekstur ayam pejantan jauh lebih alot dari ayam broiler jadi ngga gampang hancur kalau bolak balik diangetin ya. Thanks ya Jun.


Ketiga, jika Jun cukup menggeprek sereh dan merobek daun jeruk purut, kalau saya diiris halus semuanya. Keempat, Jun sama sekali ngga memakai kemiri dan tomat, sementara saya selalu memakai kemiri supaya bumbunya lebih kental dan rasa asam segar tomat terasa. Bisa jadi nih ya, pemakaian kemiri dan tomat bisa membuat ayam rica jadi cepat basi. Karena, dari pengalaman yang udah-udah, ayam rica-rica saya ga sampe bertahan lama. Itulah sebabnya saya setiap masak ayam rica saya ga mau banyak-banyak. Takut basi. Sayang  duit kalo kebuang sia-sia booo… hahahah… .

Nah, penasaran kan sama resepnya? berikut saya kasih sontekan Ayam Rica-rica Ala Jun ya …

 1 ekor ayam pejantan dicuci bersih lalu digoreng stengah matang. Sebelum digoreng boleh didiamkan dulu sebentar dan dibaluri garam dan bawang putih.

10 bawang merah, 5 bawang putih, 15 cabe merah keriting, 10 cabe rawit merah, kunyit dihaluskan.

Dua batang sereh, 5 daun jeruk

Caranya :
1.       Tumis bumbu halus sampai wangi dan terpisah, lalu masukkan ayam. Aduk rata.
2.       Tambahkan air kira-kira 500 cc untuk mengempukkan ayam. Beri garam dan gula sesuai selera.
3.       Masak sampai airnya menyusut tapi tidak sampai kering alias habis airnya. Angkat. Hidangkan.

Jun mengatakan, meski memasak merupakan passionnya, tapi kesehatan juga menjadi fokus utamanya. Untuk itulah dalam setiap masakannya, Chef yang juga mantan Editor ini menghindari penggunaan vetsin atau penyedap rasa. Menurutnya, untuk memperkuat rasa masakan jangan pernah takut pake banyak bumbu seperti bawang, cabe dan lain-lain. Penting nih, thanks ya Jun. 

source : Ig Kriya Indonesia


Selama menunggu ayam rica matang, segera Jun menyiapkan menu kedua, dessert Puding Sarikaya Gula Merah. Kelihatannya sih gampang, lha wong cuma ngocok telur lalu dicampur dengan santan dan gula merah aja lalu dikukus koq. Simpel. Tapi eh tapi, rupanya ada trik lho supaya amisnya telur ga tercium.

Jun yang ga pelit kasih info ini bilang, “supaya aroma amisnya telor ga tercium, kita kucurin air jeruk lemon ya di adonan pudingnya sebelum dikukus. Selain bikin ga amis, pudding juga jadi lebih lembut dan wangi.” Kaya aku ya Jun? Eeeaaaa… :D

source : Ig Kriya Indonesia 


By the way, Jun belanja sebagian besar bahan-bahan untuk masaknya ini melalui aplikasi Honestbee lho. Saya sendiri juga baru nyoba aplikasi belanja online ini dan memang terbantu banget lah untuk belanja kebutuhan sehari-hari mulai dari Toiletress, food grade, fruits, frozen food, medicine, etc. Aneka  promo menarik dapat kita temukan di sini. Kebetulan saya kebagian harga murah untuk minyak ukuran 5 liter, detergen cair dan kecap. Alhamdulillah, bisa borong deh buat stok.

source : Ig Kriya Indonesia 


Melalui aplikasi Honestbee, kemudahan belanja semakin asik aja. Ga perlu habis waktu untuk dandan, parkir kendaraan dan habis bensin, staf Honestbee-lah yang akan membelanjakan daftar barang pesanan kita di store-store yang sudah kita pilih sebelumnya. Di hari yang sama dan range jam yang sudah ditentukan, cukup duduk manis aja maka barang pesanan kita diantarkan ke alamat pengiriman. Pembayarannya juga cukup mudah, mau pakai credit card bisa, mau cash on delivery juga ayo.

Oiya untuk pengguna baru ada banyak promo menarik juga. Misalkan aja, kode kupon HALO JAKARTA bisa digunakan untuk pembelanjaan 300 ribu mendapat diskon 75 ribu dan bisa digunakan dua kali lho. Promo kode kupon ini adalah bagian dari promo launch wilayah area pengiriman untuk Jakarta, Depok, Tangerang, Bekasi. Asik banget kan, ihhiiyyy….




Di acara Wisata Belanja ini, teman-teman yang hadir mencoba aplikasi Honestbee dan memesan barang dengan lokasi pengiriman di Museum Tekstil. Sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui begitu kali ya perumpamaannya.  Bisa wisata edukasi untuk nambah ilmu serba serbi dunia wastra Indonesia, bisa nambah ilmu masak sekaligus icip-icip dan satu lagi bisa belanja keperluan sehari hari melalui smartphone seketika melalui Honestbee. Mantab jiwa.
Ditunggu lain kali ya keseruannya…

source : IG Kriya Indonesia 




8 komentar:

  1. Penasaran sama rasa masakan chef Jun, kapan kapan kalau ada lagi jadi kepingin ikutan ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener yaa ri.. awas kepelet sm masakannya jun hahaha

      Hapus
  2. Ini acaranya seru banget ya. Bisa nambah wawasan tentang museum tekstil, bisa nonton demo masak, eh bisa sekalian belanja juga. Keren deh.. :)

    BalasHapus
  3. waaa Diaaah, "Bapak dua anak yang masih keliatan kaya anak kuliah ini memang hobi masak"

    dia udah laku yaaa.... aakakkakaakaa....

    BTW - setuju dengan tangan emasnya meracik makanan, maknyuuussss, biarpun bolunya 2 kali FAILED

    BalasHapus
    Balasan
    1. udah punya dua anak mbaa hahaha...

      noted mba, segala yg dibikin dengan cinta emang hasilnya beda ya mba.. contohnya masakan, lebih nyus gituu hahaha

      Hapus
  4. Ahay, bumbu si ayam rica rica maknyus dibuat masakan nasi goreng...

    BalasHapus
    Balasan
    1. oiya ya.. abang fadli sm fara aja doyan ya.. :D

      Hapus