Minggu, 26 Maret 2017

Tutorial : Sarung Bantal Quilting Untuk Pemula


Woww, bikin sarung bantal sendiri? Dengan teknik Quilting pula? Memangnya bisa? *gayakin 

Ya bisalah. Nah, sebelum kita mulai mungkin kita perlu tau dulu ya apa sih Quilting itu? Quilting merupakan sebuah proses pembuatan suatu benda patchwork dengan cara menjahit dengan teknik tindas. Patchwork sendiri adalah seni ketrampilan menjahit dengan cara menggabungkan potongan-potongan kain menurut pola yang diinginkan dengan cara dijahit tangan atau mesin. Kemudian, disempurnakan dengan cara dijahit tindas (quilting) sehingga menghasilkan keindahan dan keunikan tersendiri di setiap modelnya.



Kriya Indonesia yang berfokus pada dunia kewanitaan sudah beberapa kali mengadakan workshop menjahit dengan didukung Mesin Jahit Brother. Workshop menjahit yang diadakan selalu mengedepankan program untuk pemula sehingga siapapun yang belum pernah mengoperasikan mesin jahit pasti bisa. Selain belajar langsung di depan mesin jahit, setiap instruksi disajikan step by step oleh Mba Astri founder Kriya Indonesia dan peserta workshop bebas bertanya apa aja. Seru deh.
Dalam workshop yang diselenggarakan di Museum Tekstil Indonesia Petamburan Jakarta Pusat baru-baru lalu, peserta dibuat menjadi dua sesi, yaitu peserta dari Crafter dan umum untuk sesi pagi dan sesi siang diisi para teman-teman Blogger yang tertarik nambah ilmu lagi. 

Okelah, mari kita belajar bikin sarung bantal dengan teknik quilting yuk.

Bahan :

Untuk bagian depan sarung bantal :

Gunting kain katun polos ukuran segitiga 22 x 22 x 34 cm sebanyak 4 lembar. Saya namakan Pola A.

Gunting kain katun bermotif ukuran segitiga 22 x 22 x 34 cm sebanyak 4 lembar. Saya namakan pola B.

Untuk pelapis siapkan kain tricod ukuran 44 x 44 cm.

Untuk bagian belakang sarung bantal :

Gunting kain katun bermotif ukuran 35 x 44 cm. Saya namakan pola C untuk bagian atas sarung bantal. 

Gunting kain katun bermotif ukuran 15 x 44 cm. Saya namakan pola D untuk bagian bawah sarung bantal.

Gunting,

benang sesuai warna kain,

penggaris,

kapur penanda/pensil,

jarum pentul,

pendedel benang,

setrika

Cara membuat :

Satukan segitiga pola A dan pola B lalu jahit di bagian diagonalnya. Sehingga didapat pola persegi berukuran 22 x 22cm.


Kerjakan hal yang sama untuk sisa kainnya sehingga kita mendapat empat buah bentuk persegi.
Susun ke empat bentuk persegi berjajar dua susun tadi hingga membentuk pola kincir atau baling-baling kipas.


Ambil bagian atas, lalu jahit bagian kiri dan kanan dari bagian buruk kain. Sehingga didapat persegi panjang berukuran 24 x 44cm.

Ambil bagian bawah, lalu jahit bagian kiri dan kanan dari bagian buruk kain.  Sehingga didapat persegi panjang berukuran 24 x 44cm.



Satukan bagian atas dan bawah, lalu jahit dari bagian buruk kain. Sehingga didapat pola bagian depan sarung bantal dengan ukuran 44 x 44cm. Sebelumnya, posisikan tiras-tiras lebihan kain membentuk satu arah supaya rapi.




Ambil kain tricod, letakkan bagian kasar menghadap sisi dalam lalu setrika dengan hawa panas. Guna kain tricod untuk menempelkan pola supaya hasilnya lebih rapi dan cantik.



Di tahap ini selesai deh membuat bagian depan sarung bantalnya. Sekarang kita lanjut membuat bagian belakang sarung bantal ya…

Ambil kain pola C, Jahit salah satu sisi memanjangnya untuk membuat lidah untuk memasukan bantal.



Pertemukan bagian depan sarung bantal dengan pola C. Susun bagian baik kain menghadap dalam, tusuk dengan jarum pentul di sisi-sisinya supaya ngga menggeser. Jahit bagian tepi atas sarung bantal.

Ambil kain pola D, Jahit salah satu sisi memanjangnya untuk membuat lidah untuk memasukkan bantal.

Ambil pola D. Tumpuk dengan bagian depan sarung bantal yang sudah dijahit dengan pola C. Beri jarum pentul di setiap sisinya, jahit sekeliling sarung bantal sehinga membentuk sarung bantal dengan ukuran jadi 40 x 40 cm.

Balik jahitan, taraaaa selesai deh sarung bantal quilting untuk pemula yang cantik ini.


Gimana, gampang kan? Selain bisa dipakai untuk mempercantik ruang tamu atau ruang keluarga kita, kita juga bisa menjadikan sarung bantal quilting ini untuk dijadikan kado lho. Unik kan karena bikinan sendiri, ga pasaran deh. Yuk bikin sendiri yukkk… 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar