Sabtu, 01 April 2017

Tutorial : Membuat Outer Model Batwing Untuk Pemula



Dalam agenda kunjungan Kriya Indonesia bersama Brother di KPM Dewi Sartika baru-baru lalu saya pun mendapat ilmu baru menjahit lagi. Untuk pemula, ngga lebih dari 3 jam sebuah Outer Batwing pun siap membalut tubuh kita dengan cantik. Asik kan, ngga usah beli baju lagi tapi bisa tetap tampil oke. Apalagi kalau hasil karya sendiri itu bener-bener juara. Kita ngga bakal ketar ketir kalau ketemuan dengan orang kalau pakai baju yang sama, hehee…




Penasaran kan, yuk kita mulai 



Siapkan bahan berukuran 150  X 90 cm

Lipat bahan jadi empat bagian menjadi berukuran 75 X 45 cm. Tusuk dengan jarum pentul supaya rapi.

Gunting bagian luar lipatan dari bawah sampai pertemuan sudut lipatan. Jadi guntingan ini gunanya untuk membuat bagian depan outer ya.

Gunting melengkung bagian bawah kain untuk mendapatkan model Outermya berbentuk Oval. Ini kreatifitas sendiri-sendiri aja ya. Boleh juga digunting model miring, sehingga nanti model outernya seperti segitiga. Cantik juga sih 

Setelah digunting, kelim sekeliling bahan. Disini kreatifitas bermain lagi, boleh dikelim biasa boleh juga dibordir. Manfaatkan deh tuh aneka type jenis bordir yang ada di Mesin jahit Brother. Saya sendiri menggunakan bordir jenis keong seperti ini.

Setelah dikelim atau dibordir, atur kain menjadi dua lipatan menjadi berukuran 90 X 75 cm. Posisikan bagian yang digunting tadi ada dibagian depan. Bentangkan rata.


Sekarang kita mulai membuat bagian lengan.

Ukur dari puncak lengan ke bawah 30 cm, tandai dengan kapur jahit.

Ukur lagi ke arah samping dalam 10 cm, tandai dengan kapur jahit lalu jahit horizontal.

Sampai di ujung jahitan, lanjutkan menjahit ke arah bawah sampai ujung bahan.

Lakukan hal yang sama untuk bagian lengan sebelahnya.

Taraaaa, outer cantik pun telah jadi. Gimana? Gampang kan? Yuuk bikin yuk.. 

2 komentar: