Jumat, 28 Oktober 2016

Wisata Kuliner Pertama di Malaysia Bersama Air Asia

Siapa sih yang tak ingin ke luar negeri? Selain penasaran bisa mengunjungi tempat yang berbeda, Anda juga bisa mendapat pengalaman dari cerita seru perjalanan saat liburan. Jika ditanya pengalaman wisata  keluar negeri, sebagian besar orang Indonesia mungkin sudah pernah mengunjungi negara yang satu ini, Malaysia. Negara tetangga yang memiliki beberapa kesamaan, terutama bahasa dan juga ragam budayanya, bahkan kulinernya. 

Mengunjungi beberapa negara dan travelling juga bukan menjadi hal baru dan ambigu. Apalagi di tengah perkembangan tekhnologi saat ini, Anda semakin dipermudah melakukan kunjungan ke luar negeri dengan semua fasilitas yang dibutuhkan, mulai dari tiket pesawat, hingga penginapan. 



sumber : wisegeek.org
Beragam promo dan potongan harga juga sering kali memborbardir kabar maskapai kita. Salah satu perusahaan penerbangan yang sering kali menawarkan promo adalah Air Asia. Bahkan mungkin Anda pernah mendengar informasi tentang Promo kursi gratis, karnaval dua juta kursi untuk Tiket Pesawat Air Asia dan masih banyak lagi. Tentunya, masih terbuka kesempatan yang sama untuk Anda sampai saat ini. Wanna try?

Tujuan liburan tentu bukan sekedar melepas penat, bersenang-senang, dan menghabiskan banyak uang, namun lebih dari itu. Anda akan membuka banyak ruang dan pengalaman untuk bereskplorasi dan belajar banyak hal baru. Liburan seru juga tak selalu mengharuskan memilih tempat yang jauh, namun sebagai awalan, tentukan tujuan ke negara terdekat saja seperti halnya Malaysia dan Singapura. 

Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan icon kedua negara tersebut. Malaysia dengan menara kembarnya, dan Singapura dengan Merlionnya. Nah, jika ingin suasana dan pengalaman berbeda, Anda bisa mengunjungi beberapa tempat menarik. 

Tempat menarik yang tak pernah ketinggalan diburu para pelancong adalah kawasan kulinernya. Di Malaysia, selain bisa mengunjungi Street Art di George Town, pastikan Anda juga menyempatkan untuk menikmati aneka santapan di kawasan Penang. Penang memang cukup populer dengan wisata kulinernya, dan yang pasti masih sesuai dengan lidah Indonesia. Selain kawasan Penang, sekitar Jalan Alor juga terkenal sebagai lokasi wisata kuliner bagi wisatawan. 

Beberapa orang mungkin jarang yang melakukan wisata kuliner, apalagi wisatawan dari Indonesia seperti Anda yang sudah terbiasa dengan masakan serba bumbu. Anyway, di Malaysia yang masih satu rumpun dengan Indonesia ini ternyata juga memiliki kuliner yang bahkan menyerupai makanan khas Indonesia. Penasarankan? Let's check it out. 

Laksa
Laksa adalah salah satu jenis makanan gabungan dari dua kebudayaan, yakni Melayu dan Tionghoa. Makanan ini berupa olahan mie dengan campuran kuah berbumbu yang lezat. Ada juga makanan sejenis dengan variasi rasa, seperti halnya Penang Asam Laksa. Tak jauh berbeda dengan laksa pada umumnya, namun dengan rasa asam yang lebih terasa segarnya. 


sumber : rasamalaysia.com


Onde-onde
Saat anda melihat penampakan luarnya, pastilah akan langsung mengenalnya karena cukup familiar, terutama bagi pecinta jajanan pasar. Namanya pun tak jauh berbeda, yakni Onde-onde. Namun mungkin anda bertanya-tanya apa bedanya dengan onde-onde di Indonesia? Dan ternyata onde-onde yang disebut di Malaysia ini serupa dengan klepon yang ada di Indonesia. Rasanya juga tak jauh berbeda, manis dan legit saat gulanya pecah di mulut Anda. 

Murtabah
Sepintas nama Murtabah ini terdengar seperti kata Martabak. Tebakan Anda sedikit tepat, karena jenis makanan satu ini memang sangat mirip dengan Martabak, begitu juga dengan rasanya yang nikmat, apalagi dengan tambahan bawang Bombay yang cukup banyak. Tidak hanya rasanya nikmatnya yang lezat di lidah, tetapi juga aroma wanginya yang ditimbulkan akan menambah selera makan Anda. 


sumber : pinterest.com

Nasi Lemak
Nasi lemak selalu menjadi favorit wisatawan, khususnya dari Asia dan Indonesia. Aroma makanannya cukup tajam dengan tambahan berbagai lauk dan juga sambal yang pedas. Tampilan dan rasanya sebenarnya mirip dengan Nasi Uduk yang ada di Indonesia, tetapi jika Anda penasaran, langsung coba saja saat berada di sana ya!

Nasi Ulam
Selain dikenal dengan nasi lemak, Malaysia juga memiliki beragam jenis makanan lain yang terbuat dari nasi, salah satunya adalah Nasi Ulam. Bahkan namanya sama dengan nasi yang dikenal di Indonesia. Tampilannya juga hampir serupa, berisi nasi campur dengan tambahan lauk dan beragam sayuran seperti daun pegagan, kemangi. Nasi ulam ini cukup populer di Malaysia apalagi dengan rasa bumbu khasnya, dan terkadang dicampur dengan ikan yang dihaluskan. Jenis makanan ini juga akan Anda temui di negara lain selain Indonesia, yakni Thailand Selatan.

Penang Ice Cendol 
Nah, selain makanan enak yang pas di lidah, ada juga minuman segar untuk melengkapi menu pilihan Anda, yakni Es Cendol. Lagi-lagi memiliki kesamaan nama ya! Eittsss, menu minuman satu ini memang tak kalah lezat dengan pilihan menu lainnya. Meskipun namanya sama dengan jenis menu yang ada di Indonesia, namun rasanya cukup berbeda karena ada tambahan beruapa kacang merah berukuran cukup besar.

Es Mata Kucing
Jenis minuman ini sangat populer, bahkan pernah masuk dalam daftar minuman terenak menurut CNN, namun apakah masih kalah enaknya dengan minuman Bandrek asal Indonesia? Jawabannya tergantung selera Anda!
sumber : forumku.com

Dari namanya saja, Anda sudah mulai bertanya-tanya bagaimana tampilan minumannya, apalagi rasanya? Penamaannya sendiri berasal dari buah kelengkeng yang memiliki sebutan buah mata kucing yang menjadi bahan utama minuman ini.

Tujuh jenis makanan lezat di atas tentu bisa Anda nikmati saat melancong ke negara tetangga Malaysia. Kenangan indah memang tak hanya bisa Anda lihat melalui tampilan rupa saja, tetapi juga hal penting lainnya. Anda bisa menikmati keunikan rasa masakan dan juga suasana kebersamaan dan pengalaman saat mengeksplorasi lokasi wisatanya.

Tak ada yang salah dengan keragaman dan kesamaan, karena poin terpentingnya, kita bisa saling belajar menghormati dan menjaganya. Happy travelling everyone!










8 komentar:

  1. Aiihhh jadi pengen jalan-jalan kuliner ke Malaysia �� lebih pengen ke Penang sih sebenernya. Heheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dekat ya mba dr indonesia jd ga berasa kaya kesasar hehe

      Hapus
  2. Kulinernya hampir samanya mbak dengan kuliner kita di Indonesia. Boleh juga tu jalan-jalan Ke Penang kalau ada rejeki nanti.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya rii, biar irit cari harga promosi tiket pesawatnya aja

      Hapus
  3. aih kapan ay bisa ke malaysia, jalan2

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisalaaahh.. Biar irit cari harga promosi tiket pesawatnya aja mba.mayan kan dananya bisa buat kulineran hihi

      Hapus
  4. Waduh nasi lemak singguh mengoda

    BalasHapus