Rabu, 10 Agustus 2016

Tips Mengobati Stress Dengan Berkreasi Tanpa Batas





Dunia anak itu dunia yang paling indah. Rupa-rupa warna menghiasi kehidupan mereka. Cerah. Ceria. Penuh gelak tawa. Berbeda sekali dengan dunia orang dewasa yang tingkat stress-nya tinggi. Penuh dengan kekuatiran akibat beban hidup bertumpuk.

Oleh karena bahayanya pengaruh stress pada kehidupan, banyak cara dilakukan untuk menghilangkannya. Mulai dari berkebun, olahraga, menekuni hobi sampai ikut terapi. Bahkan mewarnai-hal yang disukai anak-anak-pun kini diminati sebagai obat pelepas stress.

Mewarnai jadi obat stress

suasana Work Shop Emak Blogger
Dalam workshop ‘Kreasi Tanpa Batas’ bersama Faber Casstle yang berlangsung di Lippo Kemang Village, Minggu 7 Agustus 2016 kemarin, saya dan teman-teman dari Kumpulan Emak Blogger diajak membuat kreasi dari berbagai media. Menurut Mba Rahayu yang akrab disapa dengan Mba Yayu, menggambar dan mewarnai merupakan salah satu cara yang dilakukannya untuk pelepas stress. Dulu sewaktu masih kerja kantoran, Mba cantik yang sudah menelurkan beberapa buku menggambar bunga untuk dewasa dan buku menggambar Doddle sering sekali coret-coret kertas agar terhindar dari stress.
asyik banget anak-anak ini coloring and Crafting di booth pameran Faber Casstle :)

Sambil bercerita Mba Yayu mengajak kami melepas stress dengan membuat project. Sebagai Ibu, mulai dari mengurus rumah, keuangan sampai menulis blog yang kadang dikejar deadline tingkat stressnya sangat tinggi. Untuk itulah Ibu membutuhkan relaksasi.

Kebetulan saat itu ada dua project. Project pertama menghias salah satu media yang ada ; Mug, piring kecil dan topeng dengan menggunakan Creative Marker Permanen Faber Casstle. Project berikutnya adalah membuat mainan edukatif dengan Connector Pen Craft. Oke sekarang saya ulas dulu ya mengenai kedua alat ini.
ini dia yang namanya Connector Pen Faber Casstle

Connector Pen Faber Casstle merupakan sejenis spidol warna warni berisi 20 warna dalam kemasannya. Ada tiga keunikan yang menarik perhatian saya :

1.       Pertama, tutup pen-nya berbentuk klip. Unik sekali. Kita bisa merangkai satu demi satu Connector Pen sehingga bertautan satu sama lainnya supaya ngga mudah hilang.

2.       Kedua, ada delapan buah connector clips dalam kemasannya yang berfungsi sebagai mainan edukatif seperti Lego. Berbagai kreasi bisa dibuat dengan mengutak atik connector pen dan connector clipnya ini.

3.       Ketiga, meski tintanya terisi penuh tapi fungsi Click sealnya juga berguna untuk mencegah spidol dari kekeringan. Awet sekali penggunaannya.
nah yang ini namanya Creative Marker Faber Casstle

Creative Marker Faber Casstle merupakan sejenis spidol permanen yang khusus digunakan untuk menghias benda di sekitar kita. Tersedia dalam 10 warna cerah, Creative Marker permanen ini bisa digunakan di berbagai permukaan seperti gelas, kanvas, logam, plastik maupun kertas. Tidak seperti Marker permanen lain yang susah kering dan baunya menyengat, Creative Marker permanen Faber Casstle dalam pengaplikasiannya cepat sekali keringnya.

Teknik mewarnai

Mba Yayu

Mas Rizal
Nah sebelum mengerjakan project sesungguhnya Mba Yayu dan Mas Rizal yang dua-duanya jago dalam bidang gambar memberikan teknik mewarnai yang harus kami kuasai agar bisa diaplikasikan di project kami nanti.

1.       Teknik Pointilism
Merupakan teknik mewarnai bidang gambar dengan membuat titik-titik tidak beraturan.

2.       Teknik Countoring
Merupakan teknik mewarnai bidang gambar dengan membuat alur sesuai pola. Misalnya bidang yang akan diwarnai berbentuk segi tiga, maka di dalam bidang tersebut kita membuat segitiga berulang-ulang yang bentuknya semakin mengecil.


3.       Teknik Shading
Merupakan teknik mewarnai bidang gambar dengan membuat garis-garis diagonal seperti mengarsir.

4.       Teknik Patterning
Merupakan teknik mewarnai bidang gambar dengan membuat pola seperti anyaman tikar atau seperti ulir lingkaran obat nyamuk.

5.       Teknik Squiggling
Merupakan teknik mewarnai bidang gambar dengan membuat lingkaran-lingkaran seperti gelombang kecil. Teknik ini menurut mba Yayu sangat bagus untuk anak-anak yang sedang belajar menulis. Pasalnya teknik ini bisa melatih jari tangan anak agar lentur dan gampang menulis angka dan huruf.

6.       Teknik Mosaic
Merupakan teknik mewarnai bidang gambar dengan membuat pola beraturan seperti polygon. Setelah semua bidang terisi dengan bentuk polygon langkah selanjutnya adalah mewarnainya seperti mosaic.

Trik agar pewarnaan yang dibuat menjadi rapi, pilih warna muda dulu untuk diaplikasikan sebelum menggunakan warna yang lebih tua. Mba Yayu menyarankan, tone warna yang digunakan masih dalam satu nada, misal biru muda dengan biru tua, hijau muda dengan hijau tua atau oranye dengan coklat tua. Usahakan peletakan warnanya ditata agar menarik, supaya kesan gambar tiga dimensi menjadi nyata.

Project Kreasi
Project pertama menghias Media
Finally dimulai juga deh projectnya. Namanya juga menghias, tentunya mug keramik, piring keramik dan topeng plastik yang disediakan Panitia langsung diserbu saya dan teman-teman untuk dijadikan media hiasan kami. Melihat kami yang sempat kebingungan mau menggambar apa Mba Yayu memberi ide untuk membuat gambar bunga-bunga lalu diwarnai dengan menggunakan Creative Marker permanent Faber Casstle. Tapi itu cuma ide, kalau ada ide lain silakan aja katanya. Intinya, berkreasilah tanpa batas.
bikin bunga menggunakan Creative Marker

Lantaran bentuk mug yang ngga rata seperti piring membuat saya sempat kelabakan. Bayangkan aja, bentuk bunga-bunga yang saya buat nyaris melenceng ngga ada indah-indahnya sama sekali. Belum lagi saat pewarnaan, belepotan semua. Hiekz, tapi ngga papa deh namanya juga pengalaman pertama menggunakan Creative Marker permanent *hiburdiri

Project kedua membuat Mainan Edukasi.
Gambar kupu-kupu dan roket yang disediakan panitia terlebih dulu harus kami warnai berdasarkan panduan tutorial mba Yayu dan Mas Rizal tadi. Tapi sekali lagi tidak ada batasan. Mau diwarnai dengan warna apa dan tekniknya seperti apa, suka-suka aja.
Project kedua bikin mainan Edukasi menggunakan connector Pen

Nah, setelah diwarnai, gambar digunting dengan melebihkan sekitar 0,2 cm dari pinggirannya. Setelah itu kami diminta mengambil 2 buah Connector pen dan  4 buah Connector Clip warna apa aja untuk dijadikan mainan edukasi.
gambar roket ditekuk lalu disatukan dengan Connector pen dan dijepit lagi dengan tutup Connetor Pen

Pertama kami diajarkan membuat Roket. Caranya simple sekali. Gambar roket yang telah digunting tadi dilipat sesuai garis tepinya. Kemudian selipkan bagian tengah roket ke batang Connector pen yang dijepit kembali dengan tutupnya. Nah, jadi deh roket yang siap meluncur.
dijepit lagi ya dengan tutup Connector Pen

roket siap meluncuuuurrrr

Cara membuat Kupu-kupu terbang juga simple. Gambar kepala kupu-kupu yang telah digunting dan diwarnai tadi lalu disatukan dengan tutup Connector pen dimana posisi bukaannya ada di bagian atas. Atur posisinya sehingga bagian bulatan mata bawah persis berada di bagian atas bukaan tutup Connector pen. Setelah itu jepit bagian bawah leher dengan Connector Clip dan putar bagian bawahnya.
bentuk kepala kupu-kupu setelah dijepit tutup Connector Pen
nah kepala kupu-kupu setelah disatukan dengan Connector Clipnya lalu diputar, jadinya kaya gini :)

Langkah selanjutnya, ambil bagian badan kupu-kupu lalu satukan bagian tengahnya dengan connector pen. Setelah itu jepit dengan tutup Connector pen dan terakhir gabungkan kepala kupu-kupu dengan badannya. Jadi deh kupu-kupu tiga dimensi ala saya hahahaa…
kupu-kupu siap terbang. Wuuuussss...

Kreasi tanpa batas

Pikiran manusia memiliki dimensi tanpa batas. Kreativitas sebagai bagian dari proses pikir ini juga tidak memiliki batas, tergantung sejauh mana sang pemilik pikiran mampu dan mau mengembangkannya ~ Yandramin Halim (Presdir PT Faber Casstle International Indonesia)

Perkembangan negara maju menunjukkan proses kreatif telah berubah dari Creative Thinking ke Creative Making. Artinya, kreativitas bukan lagi diukur dari ide tetapi produk secara nyata. Untuk itu Faber Casstle berinisiatif mengadakan pameran bertema Kreativitas Tanpa Batas. Pameran yang dibuka untuk public ini menampilkan berbagai kreasi yang sama sekali tidak pernah terlintas dalam benak kita.

Saya terkagum-kagum dengan display gaun pesta mewah di pameran yang berlangsung di empat kota ini yaitu Jakarta, Bandung, Yogyakarta dan Surabaya. Gaun pesta yang dibuat dari 5 ribu buah pensil Faber Casstle 9000 yang berwarna hijau khas ini disusun dengan sangat apik oleh desainernya Kerstin Schulz dari Jerman.


abaikan yang depan ya.. hahha.. *tepokjidat
Dunia anak adalah dunia yang paling indah. Penuh warna. Proses berpikir kreatif mereka dapat dilatih setiap saat. Salah satunya adalah dengan mengajaknya sering bersentuhan dengan produk dan suasana kreatif.

Untuk melepaskan stress, salah satu cara yang paling mudah dikerjakan adalah menggambar dan mewarnai. Berkonsentrasi selama melakukan aktivitas tersebut bisa dijadikan obat pelepas stress. Nah, mulai sekarang, ngga usah sungkan ikut-ikutan anak kita mewarnai yuk…

4 komentar:

  1. mewarnai bikin lupa waktuu...tapi memang jadinya rileks dan santai

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul mama azka.. konsentrasi untuk fokus mewarnai bikin santai ya apalagi kalau ada musiknya.. wuiiiihhh :D

      Hapus
  2. Mbak duduk dmn kmrn? Wah ga ktm kita :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. yeee.. dikau di mana? aku duduk di pojokan paling kiri :D

      nyebelin ihh, kenapa bisa kita ga liat2an siih?? :(

      Hapus