Jumat, 24 Juni 2016

Review Buku : Kisah Hebat Nabi Muhammad SAW








Judul buku          : Kisah Hebat Nabi Muhammad SAW dan kisah ajaib lainnya
Penulis                : Astri Damayanti
Ilustrator             : Inner Child, Ning (Orang Nira), Ranto (Kumbalaseta)
Editor                  : Mursyidah
Penerbit              : Qibla - BIP
Jumlah hal          : 265 halaman
Terbit                  : April 2016
ISBN                   : Rp 115.000,-


Hobi membaca buku bagi anak jaman sekarang mungkin belum menjadi hobi mengasyikkan. Biasanya hobi yang banyak dipilih adalah bermain dan belajar melalui gadget. Begitu juga dengan anak-anak saya. Terus terang saya miris membayangkan masa kecil saya yang diisi dengan buku-buku bacaan dibandingkan dengan kondisi anak-anak saya sekarang ini. Saya ingin sekali anak-anak saya juga tertarik  dan cinta membaca buku. Tapi buku yang bagaimana? Buku apa yang bisa memberi dampak positif bagi perkembangan mental dan spiritual anak-anak?

Launching buku Kisah Hebat Nabi Muhammad SAW

suasana launching Buku Kisah Hebat Nabi Muhammad SAW dan kisah ajaib lainnya

Bertempat di Gramedia Matraman Jakarta beruntung saya bisa menghadiri undangan launching buku anak Islami berjudul Kisah Hebat Nabi Muhammad SAW tanggal 22 Mei 2016 lalu. Terus terang saya penasaran akan pertanyaan saya mengenai buku yang akan diluncurkan ini, apakah buku ini sesuai dengan yang saya cari selama ini.

Dalam sambutannya, Astri Damayanti penulis buku ini menjelaskan, “Buku ini merupakan buku yang lebih ke pendidikan karakter anak. Saya melihat sekarang ini kondisi anak-anak Indonesia memang membutuhkan bacaan seperti ini.”



Menurutnya lagi, sebelum dia memutuskan menulis buku Kisah Hebat Nabi Muhammad SAW, Astri Damayanti telah membuat riset terlebih dulu. Kira-kira buku anak seperti apa yang belum ada dan misalkan sudah ada, apa sih perbedaannya dari buku tulisannya sendiri. Ditegaskannya, buku yang ditargetkan untuk anak berusia 10 – 15 tahun ini menjadi pembeda dengan buku anak lainnya. Tapi untuk anak berusia dini pun juga bisa, para orang tua jadi mempunyai stok banyak kisah yang bisa didongengkan setiap malam pada anaknya.

Dalam buku ini ada 87 kisah, artinya para Mama punya 87 malam untuk mendongengkan anaknya ~ Astri Damayanti

Diakuinya, kisah-kisah yang ditulis ulang dalam buku ini bersumber dari Alquran, Hadist dan buku-buku islami lainnya. Dia mencontohkan, “Coba deh baca kisah Nabi Danial dan Singa. Di dalam Alquran memang tidak dijelaskan mengenai Nabi Danial, tapi dibenarkan di dalam Hadist yang diriwayatkan para sahabat. Di bagian akhir kisah, tetap saya cantumkan sumber dari mana sumbernya.”

Kesan Pertama


cover depan belakang buku, lihat deh hologram blink-blink-nya. Kesannya mewah ya :)

Okelah, sekarang saya mau mereview buku ini dengan cara saya ya. Memegang buku Kisah Hebat Nabi Muhammad SAW dan kisah ajaib lainnya kesan pertama saya cuma satu. MEWAH. Bagaimana tidak, fisik buku yang berukuran 17cm X 22cm ini sampul bukunya terbuat dari kertas tebal dan mengkilap dengan hologram blink-blink yang menjadi latar dari gambar ilustrasinya.Warna ungu lembut yang mendominasi sampul depan dan belakangnya terasa begitu adem di hati. Wah, pas sekali ini untuk bacaan anak-anak!

Tapi nanti dulu, saya buka secara asal satu-satu demi satu halamannya. Ukuran huruf yang lebih besar dari biasanya dengan proporsi antara tulisan dan gambar yang seimbang mampu bikin saya berkata, “ya, ini dia buku untuk anak yang saya cari-cari.”


Dega sampe bolak balik baca buku ini, hurufnya gede-gede, dia suka :)

Saya perhatikan, di setiap lembar halaman penyusunan gambar ilustrasi tidak melulu ada di bawah kalimat. Terkadang gambar diletakkan di atas, terkadang di tengah, terkadang di bawah, dan terkadang di atas dan di bawah mengapit kalimat. Apalagi gambar-gambar ilustrasi dibuat berwarna-warni dari halaman depan sampai belakang. Bervariasi. Ngga akan bosan membacanya.


Menurut saya, penataan lay out gambar yang dinamis bikin ga bosen bacanya :)

Mulai Tertarik
Lanjut ke isi buku. Membaca lembar demi lembar isinya, saya semakin takjub dan tidak berhenti membaca sampai selesai. Tadinya saya kuatir, buku yang berisi 87 kisah hebat Nabi Muhammad SAW bakal membosankan. Penulis Astri Damayanti yang telah menulis ratusan buku dengan lincah menceritakan satu demi satu kisah dengan gaya yang mengalir ringan. Didukung dengan latar belakang pendidikan yang dimiliki, Astri Damayanti yang aktif sebagai pengajar dan konsultan pendidikan non formal mampu menuangkan kisah-kisah penuh teladan tanpa menggurui si pembaca.


Ada seorang wanita tua yang datang menemui Nabi Muhammad SAW. Dia adalah seorang nenek yang sangat rajin beribadah.
“Aku sudah sangat tua dan merasa bahwa ajalku sudah tidak akan lama lagi. Aku mohon kepadamu ya Rasul, berdoalah untukku agar aku bisa masuk surga,” kata nenek itu ketika bertemu dengan Nabi Muhammad SAW. Paragraf 1 dan 2 halaman 1, judul Nabi Muhammad SAW dan seorang nenek.


Kisah ini menggambarkan sisi lain Nabi Muhammad SAW yang humoris. Selain menceritakan kisah hebat Nabi Muhammad SAW buku ini juga menceritakan kisah-kisah ajaib yang menimpa Nabi Isa AS, Nabi Musa AS, Nabi Uzair AS dan lain-lain. Tauladan pun tidak hanya bersumber dari Nabi Muhammad SAW saja, melainkan dari tokoh binatang seperti berikut ini.  

Tiba-tiba seekor burung datang membawa makanan dan menyuapkannya ke mulut si pedagang. Setelah makanan habis, burung itu pergi. Tak lama, dia kembali dengan membawa air dan memberikannya ke dalam mulut si pedagang untuk diminum. Hal tersebut berlangsung selama beberapa hari. Paragraph ke tiga halaman 11, judul Laki-laki yang terbelenggu.

Kesimpulannya


Kesimpulan saya, Kisah hebat Nabi Muhammad SAW dan kisah ajaib lainnya merupakan solusi terbaik memilihkan bacaan berkualitas untuk anak-anak bertema islami. Banyak petuah dan pelajaran yang dapat kita ambil dari buku ini, terutama bagi anak-anak untuk mengenal lebih jauh sosok Nabi Muhammad SAW. Menariknya, setiap kisah dibuat berdiri sendiri masing-masing dua lembar halaman sehingga untuk bacaan anak yang mudah bosan berlama-lama membaca, buku ini merupakan solusi tepat untuk membaca satu hari satu kisah.

Kekurangan buku ini menurut saya hanya di berat netto buku. Tapi masih masuk akal juga, sih, karena buku ini bukan untuk dijadikan bacaan ringan dalam perjalanan. Justru buku ini layak sekali dibaca menjelang tidur agar suri tauladan Nabi Muhammad SAW terpatri dalam ingatan anak-anak. Jika terpatri kuat, bukan tidak mungkin akan berdampak positif pada perkembangan mental dan spirituil anak-anak. Aamiin.



Buku Kisah Hebat Nabi Muhammad SAW bisa dibeli di MatahariMall.com

Add caption


2 komentar: