Jumat, 15 April 2016

Luruskan Niat Menulis!




viewernya sebanyak 202 orang :)

Saya baru tau bila artikel liputan reportase saya di Kompasiana mengenai LKBB dikategorikan kembali ke artikel PILIHAN. Menurut obrolan dari teman-teman di portal tersebut, kategori PILIHAN ; actual dan sesuai dengan sudut pandang para Admin. Dari sebegitu banyaknya tulisan yang masuk ke redaksi hanya ada dua kategori yang dibaca seluruh adminnya yaitu kategori nomor 1 Headline dan nomor 2 Highlight/Pilihan. Artinya?

Saya senang. Tentu aja. Apalagi dari 9 artikel yang saya tulis, 7 artikel masuk kategori pilihan redaksi. Apalah saya ini hanya emak-emak biasa yang sekolahnya di perguruan kehidupan. Saya toh cuma mengaplikasikan ilmu menulis reportase yang di-share Teh Ani Berta beberapa waktu lalu. Saya bersyukur sekali dipertemukan dengan teman-teman Blogger yang ngga pelit ilmu dan mau berbagi pengalaman.

Dari 9 artikel, 7 artikel masuk kategori pilihan redaksi Kompasiana. Alhamdulillah :)

Niat Awal
Flash back ke awal ngeblog, mana ngerti saya ketika mampir ke blog-blog orang yang  ruameee sekali komentarnya. Saya hanya mikir, koq bisa ya sepopuler itu? Koq blog saya justru sepi banget? Gimana caranya orang-orang itu mau mampir ke blog saya?

Sejalan dengan waktu saya baru tau apa itu Blogwalking. Seperti layaknya berteman, blogwalking merupakan salah satu cara untuk menaikkan traffic blog kita dengan cara saling mengunjungi blog dan saling berinteraksi lewat komentar positif. Bahasa patennya silaturahim.

Pertanyaan, jika sudah blogwalking tapi tetap minus kunjungan, apakah lantas mau mutung dan ngambek terus ngga mau ngeblog lagi? Nah ini dia yang saya mau saya bahas. Apa sih niat semula untuk ngeblog? Kalau saya sendiri, awal-awal saya ngeblog niatnya untuk berbagi. Berbagi kemampuan yang saya punya di bidang Crafts. Itu aja.

Waktu itu tutorial belum banyak sekali bertebaran di Internet. Banyak orang yang mencari ide dari kumpulan tutorial blog orang luar negeri yang hurufnya aja blas ngga tau apalagi bahasanya. Saat itu niat saya mulia sekali (sampai sekarang masih, sih, serius!), cuma pingin membuat tutorial crafts dengan menggunakan bahasa yang mudah dimengerti supaya orang bisa berwirausaha tanpa harus bayar kursus lagi. Ngga semua orang mampu untuk bayar kursus, kan.

Nah, lama-lama niat saya menulis untuk sekedar berbagi tutorial jadi semakin bercabang. Prinsip saya, jika bisa berbagi dalam segala hal kenapa juga saya mengkotakkan diri dengan satu bidang? Dari situ saya mulai banyak mengembangkan diri dengan menulis apa aja, sampai ke reportase atau liputan acara yang saya hadiri. Nah, saat itulah saya diingatkan kembali pada niat awal menulis saya ketika materi dan goodie bag yang bikin ngiler menjadi hal yang dinanti-nanti.

Luruskan niat
Alhamdulillah. Awal Januari kemarin saya menulis mengenai resolusi saya baca yang ini di tahun 2016 dan sepertinya semesta mendukung keputusan saya. Rejeki ada di mana aja, tinggal dipungut asal mau. Kata "Mau" di sini saya harfiahkan, ngga mesti datang ke setiap event pun pasti ada rezeki lain dari arah yang ngga pernah saya duga sebelumnya. Entah dari menang lomba menulis, nge-buzzer atau peluang lainnya yang saya ngga tau itu bentuknya seperti apa. Hadir di event undangan saya usahakan, tapi ngga sesering dulu. Tetap ada yang lebih prioritas.

Tapi saya selalu ingat niat awal saya untuk berbagi. Berbagi lewat tulisan remah-remah yang semoga bisa menginspirasi siapa aja di luar sana. Jadi apabila tulisan saya di Kompasiana mendapat predikat PILIHAN, saya senang karena niat awal saya untuk berbagi informasi mendapat sambutan baik. Nah, sekarang apa niat menulis anda, luruskan dulu yuk!


 saya juga ngga nyangka apabila tulisan ini di-share pula oleh akun Ig penyelenggara acara :)








 

20 komentar:

  1. semakin bertambah penulis bagus, semakin bertambah pula konten bagus didunia blogging indonesia. kalau saya sendiri, dulu masih belum ada arah, menulis di-blog cuma ikut-ikutan, biar keren, tapi makin kesini makin jelas, niatnya sih nggak keren-keren amat, cuma ingin berbagi, dan ingin mengeluarkan unek-unek

    BalasHapus
  2. Hmmm sepertinya okeh juga nih.

    BalasHapus
  3. Saya masih belajar mak, ini lagi BW mencari sesuatu yang berharga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama ri, ilmu bertrbaran di mana mana, tinggal kita mau mungut apa ngga ya hehee

      Hapus
  4. Top mba Woro, Kompasiana ketat lho penilaiannya.
    Apapun niatnya semoga selalu maksimal.
    Yang niat berbagi Oke, yang berniat monetise juga melakukan dengan baik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba, apapun yang dilakoninya tetap sama-sama dijalani dengan sepenuh hati ya mba :)

      Hapus
  5. Mbaa, aku salut sama semangatmu mbaa,
    Aku ditularin dooonng

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo mba, saling menulari virus semangat yaa :D

      Hapus
  6. Alhamdulillah, niat nulis blog ampe skr blm bercabang mbak :D.. masih pure hanya utk nyalurin hobi nulis dan sharing ttg kuliner dan traveling sebagai hobiku ;p .. kalo ga dibikin gitu, ntr tau2 malah ga semangat nulis pas ga ada yg komen ato baca :)..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ya mba, dikau passionnya di traveling dan kuliner. semnagat terus mba, siapa tau ada resto minta direview :)

      Hapus
  7. Jangan berhenti menulis. Siapa tahu pahala menulis ini bisa jadi kawan kita di alam kubur.

    BalasHapus
    Balasan
    1. nyessss, adem banget maaak. aamiin, semoga ya mak haya :)

      Hapus
  8. saya juga pengen belajar nulis, cuman bingung mau belajar dimana, sementara ini cuman belajar nulis di web pribadi aja haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. gapapa mas, lama-lama juga terasah juga jam terbangnya koq :)

      Hapus