Sabtu, 26 Maret 2016

Ruangguru.com Tempatnya Bimbingan Belajar Online Anak Sekolah





Minggu-minggu ini Mba Nala dan Mas Tsaka lagi gampang emosian. Try Out pertama dilanjutkan dengan UTS sekolah lalu bersiap kembali untuk Try Out 2 benar-benar bikin kusut pikiran. UAN tingkat SMP pada 9 Mei nanti dan UAN tingkat SD di bulan yang sama belum-belum sudah bikin deg-degan saya dan anak-anak.

Terus terang persiapan optimal sudah kami lakukan. Pertama beli buku-buku bank soal kedua ikut bimbel. Bimbel yang diambil mas Tsaka sepulang sekolah dengan gurunya sepertinya tidak banyak membantu karena mas Tsaka masih sering bolak balik bertanya kembali pada saya. Jam belajar yang hanya dua kali seminggu dengan waktu pertemuan 1 jam per meeting menurut saya sangat tidak efektif.

Sementara itu Mba Nala yang ambil Bimbel selepas Maghrib di komplek perumahan juga sering bolos dikarenakan dia sudah kecapean dengan kegiatan akademisnya yang bejibun. Guru bimbelnya bagus sih, dia proaktif sekali pada murid-muridnya. Plusnya lagi, dia suka mengambil materi dari banyak sumber sehingga kekayaan soal yang diterima anak-anak makin bertambah. Tapi ya gimana, kalau mba Nala sudah cape boro-boro bisa menyerap ilmu. *sigh

Nah, beruntung sekali saya berkesempatan hadir dalam gathering emak-emak blogger yang diselenggarakan oleh aplikasi Ruangguru di Omah Sendok Taman Senopati Jakarta Selatan tanggal 23 Maret 2016 kemarin. Problem yang saya dan teman-teman alami mengenai kendala mengenai kesulitan belajar pada anak dapat terselesaikan dengan adanya aplikasi Ruangguru. Yeaayy….

Apa itu Ruangguru.com?
Ruangguru.com merupakan startup yang menyediakan layanan pendidikan berbasis teknologi. Adapun layanan dari Ruangguru.com adalah :
1. sebagai penyediaan jasa ruang guru privat berkualitas baik secara online maupun offline.
2. menyediakan platform test online yang memfokuskan pada tryout online sebagai persiapan menjelang ujian,
3. Layanan terbaru mereka, yaitu aplikasi Ruangguru sebagai platform belajar online yang menghubungkan murid dan guru secara real time. Adapun konten persiapan ujian yang disesuaikan dengan kurikulum nasional serta manajemen belajar terpadu


Iman Usman, Co Founder & CEO Ruangguru.com


Ruangguru.com dirilis pertama kali pada April 2014 lalu. Walaupun usianya masih kinyis-kinyis jangan salah lho, aplikasi Ruangguru rupanya telah meraih banyak penghargaan dari dalam dan luar negeri seperti dalam Bubu Awards 2015 mendapat penghargaan sebagai situs pendidikan terbaik di Indonesia. Dalam Kaizen 2016 di Dubai mendapat penghargaan untuk Honorable Mention for Best Education Startup serta beberapa penghargaan lainnya. Penghargaan-penghargaan tersebut tidak lepas dari dukungan penuh CEO Ruangguru.com Muhammad Iman Usman, pria lulusan Fisip UI yang melanjutkan study di Columbia University yang mengambil jurusan International Education Develompent.



Di Ruangguru.com, telah bergabung sekitar 27.000 guru berkualitas yang masing-masingnya memiliki kemampuan dan keterampilan yang berbeda-beda yang siap membantu kapan pun dan di mana pun. Kita bisa mencari guru-guru yang compatible mulai dari guru pelajaran sekolah atau pelajaran di kampus sampai guru kesenian seperti guru les piano, guru mengaji dan lain sebagainya. Nah, darimana kita tau kualifikasi guru yang katanya berkualitas, biasanya kan kita mencari guru berkualitas dari system 'gethuk tular alias tanya kanan kiri kan. Dalam situs Ruangguru.com, profil guru tertera lengkap dengan pendidikan dan bidang yang dikuasainya. Jadi kita ngga perlu was-was lagi mengenai kualifikasi guru di Ruangguru.com sebagaimana yang kita inginkan.

Solusi Belajar online
Karena anak-anak saya sudah les, jadi ya nampaknya saat ini saya tidak akan menjadi guru privat. Nah, tapi, biasanya nih anak-anak sering lupa mau nanya apa ketika les dengan gurunya. Sepulang dari les mulai deh saya dicolek-colek lagi dengan pertanyaan yang luput dia tanyakan ke gurunya. Teng tong.

Nah, untunglah saya dikenalkan dengan aplikasi yang membantu sekali proses belajar anak-anak yang sering terkendala oleh berbagai hal. Lewat belajar online cukup dengan mengunduh aplikasi Ruangguru.com lewat Google Play Store tanpa buang waktu lagi untuk pergi ke tempat les, tapi jadi terhubung dengan guru secara online, anak-anak bisa belajar dengan mudah dan  nyaman mau kapan pun dan dimana pun berada. Asyik banget, kan? :)

Layanan Test Online
Eh, tunggu dulu, di aplikasi Ruangguru masih banyak lagi lho fasilitas yang sayang sekali jika dilewatkan. Nih ya, seperti guru bimbelnya mba Nala yang suka memberi pengayaan soal menjelang ujian, di Ruangguru.com juga ada layanan test online. Layanan ini memungkinkan kita bisa mengunduh soal-soal yang telah disediakan di dalam platformnya dengan gratis seperti soal ujian semester, ujian nasional maupun ujian masuk perguruan tinggi. Wah, tentunya hal ini merupakan penghematan tersendiri nih buat saya yang suka ketar ketir juga apabila membeli buku-buku pengayaan soal ujian di toko buku.

Oiya, meski masih dalam tahap pengembangan, aplikasi Ruangguru.com dapat kita unduh dengan cara begini :


1.       Buka Google Play Store dan download aplikasi Ruangguru

2.       Registrasi dan mengisi data akun

2.       Pilih pelajaran yang kita tanyakan



3.       Foto dan upload soal yang ingin ditanyakan
4.       Selanjutnya aplikasi akan mencari guru yang sesuai dengan bidang studi yang kita tanyakan
5.       Dan setelah itu, murid akan terhubung dengan guru via chat atau audio call untuk bertanya dan berdiskusi.


Nah, kebetulan sampai dengan 15 April 2016 layanan aplikasi Ruangguru bisa kita dapatkan secara gratis. Ke depannya, pembayaran belajar online dengan guru privat ini bisa dilakukan dengan kartu kredit, transfer antar bank atau internet banking. Menariknya, penghitungan waktu dimulai dari mulainya chatt antara guru dan murid. Jadi ketika baru mengunggah foto, dan guru belum terkoneksi artinya belum ada biaya yang dibebankan ke kita. Fair banget kan?  



Mau tau Behind the scene keseruan gatheringnya? 


Nah, begini ceritanya. Dari mulai kedatangan, tim ruangguru.com menyambut saya dan teman-teman layaknya sahabat. Jamuan camilan yang disukai emak-emak seperti tahu sumedang goreng dan pisang goreng tepung sukses diserbu sambil ngobrol-ngobrol sebelum acara dimulai. Jadi jangan heran aja ketika sadar-sadar semuanya sudah lenyap dari piring saji. Alamaak…

Banyak spot cantik baik Interior maupun eksterior Omah Sendok yang mewakili kekhasan Indonesia. Namanya emak-emak ya begitu deh kelakuannya, satu demi satu spot keren dibidik emak-emak yang doyan selpie, welpie atau foto bareng buat yang malu-malu. Nah, saya termasuk yang rada ngga tau malu nih untuk nodong panitia minta fotoin juga hihihihi..


Melihat emak-emak doyan foto-foto yang mendapat wadah untuk bernarsis ria, gayung pun bersambut. Kebetulan lomba foto instagram mengenai seru-seruan gathering secara dadakan diadakan. Yeaayy, sibuklah emak-emak menyusuri dari depan resto sampai belakang resto. Dari selasar di sisi kiri sampai area kolam renang, semua tak luput dari sesi foto-foto. Daan, makan siang kami yang boleh milih sesuai selera pun turut difoto-foto. Pokoknya happy. Pokoknya narsis. Pokoknya ngga puyeng lagi soal belajar anak sekarang mah. 



Kan sekarang solusi kesulitan belajar anak-anak sudah tertanggulangi dengan aplikasi ruangguru.com. Tanpa harus pergi ke tempat les, dengan mudah saya dan orang tua lain bisa mengawasi belajar anak dengan guru-guru berkualitas di ruangguru.com. Saya ngga perlu kuatir apabila malam-malam harus ‘mengganggu’ guru di ruangguru.com untuk berkonsultasi mengenai pelajaran anak dengan mudah dan efektif. Dan, menariknya lagi, bukan hanya anak saya yang bisa belajar, saya juga bisa belajar lho di ruangguru.com. Belajar bahasa inggris conversation misalnya, ya kan hehee..













4 komentar:

  1. Ahh...cantik banget foto di jendela itu....kenapa kemarin aku gak terpikirkan ya buat foto disana juga..mupeng

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, sayang banget mba..ayo diulang lagi yuk hihihi

      Hapus
  2. emak sama anak juga bisa sama-sama belajar nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget mak.. makin praktis ya :)

      Hapus