Senin, 21 Maret 2016

RPTRA - Wujud Kepedulian BliBli.com Terhadap Anak






Bagaimanapun kita memang tak bisa dilepaskan dari ketergantungan akan internet. Sebagai contoh saja, anak sekolah dengan mudah mencari bahan pelajaran sekolah bahkan main game lewat internet. Atau contoh lainnya, ibu rumah tangga pun mencari bahan resep masakan dan tutorial aneka keterampilan untuk membuka peluang usaha lewat internet. Namun sayangnya kemudahan-kemudahan yang didapat dari internet justru mempunyai sisi positif dan sisi negative bagi anak khususnya.

Baik VS Buruk Internet
Bagi orang tua sisi positif dengan adanya internet di rumah yaitu jadi lebih mudah mengawasi anak-anak. Banyak orang tua yang lebih memilih melihat anaknya di rumah dengan fasilitas internet daripada anak keluyuran keluar rumah, ya kan? Nah, dengan kenyataan tersebut anak pun setuju, berkat internet mereka bisa bebas menjelajahi situs apapun yang ingin mereka tahu sampai lupa waktu. Sisi negatifnya, saking asyiknya mereka berselancar di dunia maya sampai terlupakan waktu untuk berinteraksi nyata dengan teman-teman sebayanya.

Lantas, bagaimana jika ekonomi keluarga belum mampu untuk membeli kuota internet sementara banyak hal bermanfaat justru harus menggunakan internet? Kemudian, bagaimana anak-anak bisa bebas bermain dan berinteraksi nyata dengan teman-temannya apabila lahan terbukanya malah tidak ada?

Program CSR Blibli.com
Melihat kenyatan-kenyataan tersebut, Blibli.com situs e-commerce dengan konsep mal online pertama dan terbesar di Indonesia menjawab kegundahan masyarakat Jakarta akan sempitnya ruang public terbuka. Bekerja sama dengan Pemkot DKI Jakarta, mal online yang didirikan oleh PT Global Digital Niaga (DGN) anak perusahaan dari Global Digital Prima (GDP) Venture pada 25 Juli 2011 ini menjadi satu-satunya perusahaan swasta yang menyumbangkan empat RPTRA (Ruang Publik Terbuka Ramah Anak) di Jakarta. Tahap pertama telah diresmikan tanggal 3 Februari 2016 lalu di Krendang (tambora) dan Kedoya Utara (Kebun Jeruk) dan tahap ke dua diresmikan 17 Maret 2016 kemarin di Kramat Pulo Gundul (Tanah Tinggi) dan Meruya Selatan (Kembangan).



Dipusatkan di RPTRA Pulo Gundul Jalan Kramat Pulo Gundul RW 13 Kelurahan Tanah Tinggi, tahap kedua peresmian RPTRA seluas 1.189 M2 ini dilakukan oleh Bapak Gubernur Basuki Tjahaja Purnama dan Istri dan berlangsung dengan sangat meriah. Turut hadir dalam acara tersebut, Walikota Jakarta Pusat bapak Mangara Pardede dan CEO Blibli.com Bapak Kusumo Martanto. 



Dalam sambutannya, Bapak Kusumo Martanto menyatakan, sumbangan berupa pembangunan RPTRA merupakan bentuk dukungan untuk mewujudkan Jakarta sebagai kota ramah anak sekaligus menyediakan ruang interaksi masyarakat ibukota. Beliau melanjutkan, “kami berharap RPTRA ini bisa benar-benar dirasakan oleh warga. Tidak hanya itu, diharapkan masyarakat juga mendapat manfaat retail dimana PKK Mart menjadi tempat penjualan produk PKK dan penyaluran bahan pokok ke anggota dengan harga terjangkau.”

Kini para orang tua bisa lebih sering mengajak anak-anak berinteraksi lagsung dengan melakukan berbagai kegiatan di RPTRA seperti olahraga, main di alam terbuka, atau membaca di perpustakaan. ~ Kusumo Martanto.



Fasilitas RPTRA Pulo Gundul





Dibuka oleh suguhan acara hiburan dari masyarakat setempat, dan setelah meresmikan RPTRA dengan menanda tangani batu prasasti, Bapak Ahok meninjau langsung dengan mengelilingi lokasi RPTRA. Terus terang saya kagum dengan aneka fasilitas RPTRA yang ada. Aula Serbaguna Terbuka terdiri dari bangunan dua lantai yang berisi Ruang Laktasi (menyusui), PKK Mart, perpustakaan, pantry, dan toilet untuk umum dan difabel di lantai bawahnya. Sementara itu, mengelilingi aula serba guna ada lapangan olah raga, taman hati PKK, taman interaksi, taman anak, amphiteater, ruang terbuka hijau, resapan air, composting (tempat pemilahan sampah) dan fasilitas WiFi.


ruang laktasi



area jogging track mengapit taman bermain anak dan komposting sampah


Semua fasilitas yang ada di RPTRA merupakan hasil rembukan Blibli.com dengan warga setempat yang juga melibatkan Universitas Indonesia (UI) sebagai konsultan pendampingan. Selama enam bulan pertama RPTRA akan dikelola tim CSR Blibli.com dan selanjutnya akan diserahkan kepada warga.

Wah, saya jadi membayangkan ke depannya bagaimana asyiknya RPTRA menjadi titik bertemu orang tua dan anak, titik bertemu masyarakat untuk berdiskusi, dan titik interaksi sosial anak dengan teman sebayanya. Kegiatan positif masyarakat seperti yang saya ingat semasa kecil yang saat ini jarang sekali saya lihat tampaknya akan kembali populer kembali. Yah, kegiatan gotong royong, atau siskamling bisa jadi akan populer kembali. Semoga ya.

Mengenai Blibli.com
Blibli.com merupakan salah satu perusahaan e-commerce swasta yang bergerak di bidang penjualan online. Melalui website yang berisi 15 kategori pilihan belanja yang menyenangkan, Blibli.com menjadikan konsep gaya belanja online menjadi bagian dari gaya hidup kekinian. Aneka pilihan handphone&tablet, computer&laptop, kamera, elektronik, perlengkapan ibu&anak, fashion wanita&pria, kesehatan&kecantikan, kuliner, home&living, otomotif, tiket&voucher, mainan&video games dan olahraga dengan berbagai pilihan dapat kita temukan dengan mudah dengan harga terbaik. Metode pembayarannya yang cukup mudah ditambah dengan kemudahan cicilan 0% selama 6-12 bulan, Blibli shoper dapat menikmati fasilitas bebas ongkir ke seluruh Indonesia.

3 komentar:

  1. Program Blibli.com ini sangat bermanfaat ya untuk warga khususnya di Pulo gundul

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul banget dek, semua fasilitas tersedia disesuaikan juga dengan kebutuhan warga sekitar, asyik ya.. :)

      Hapus
  2. Wow! Tempatnya cozy ini. Lingkungannya jadi seger dan edukatif :)

    BalasHapus