Rabu, 13 Januari 2016

Resep Tahu Badarai

Tahu Badarai merupakan kuliner tradisional dari Sumatra Barat. Dari kata Badarai yang kurang lebih artinya berderai, saya artikan tahu badarai berarti tahu yang berderai-derai alias 'ancur berantakan'. 

Bumbunya sederhana banget, cuma cabe dan duo bawang aja. Saya jadi bayangkan seperti Pepes Tahu ala Jawa Barat aja. Bedanya cuma di cara masaknya aja, jika pepes tahu dibungkus daun pisang maka tahu badarai dioseng aja. 

Telur dimasukkan terakhir, oseng lagi sampai kering deh

Rasanya gimana? Nah ini dia, rasanya pedas menggigit, saya sih suka banget dengan paduan nasi hangat, gulai apa aja dan kerupuk. Waaw, nampol deh. Mengenai tingkat kepedasan, ini optional aja ya, kalau suka pedes boleh banyakin jumlah cabenya. Kalau ngga suka yang pedas banget, ya boleh aja dikurangi. 

Yang penasaran dengan resep Tahu Badarai cekidot yaa..

Bahan :
2 tahu cina/sutra
1 telur ayam

Uleg : 3 bawang merah, 2 bawang putih, 20 cabe merah keriting, garam 

Caranya :
1. Hancurkan tahu sampai lumat.
2. Tumis bumbu halus sampai wangi.
3. Masukkan tahu, aduk sampai air tahu surut.
4. Masukkan telur, aduk rata sampai telur menyatu dengan tahu dan matang.
5. Tambahkan garam dan kaldu Ala Nie. Koreksi rasanya.
6. Aduk terus sampai kering. Angkat. 

Nah, penisirin mau nyoba? Bikin deh, bahannya gampang kan dicari? Hehee...

6 komentar:

  1. simple banget ya bu, sering buat kayak ginian waktu ngekos, eh tahunya termasuk kuliner nusantara ya, dulu waktu bikin soalnya asal ngawur aja, hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayanya tiap daerah punya resep begini deh mas, tapi namanya aja yg beda2 hehee

      Hapus
  2. tahu ancur ya mbak kalau di bahasa indonesiakan :) ah jadi bikin lapar aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha.. badarai kaya berderai katanya mak hahaha..

      Ayo bikin mak, yg pedes enak banget deh *sodorinpiring

      Hapus
  3. Balasan
    1. Boleeeh.. rasa dan bahan sama aja kan.. hahaha

      Hapus