Minggu, 31 Januari 2016

Miao Mi, Sahabat Anak Indonesia Belajar Bahasa Mandarin








Miao Mi Sarana Belajar Bahasa Mandarin Anak-anak
Yeayy, di channel 38 Indovision (saluran televisi berbayar) sekarang ini sudah ada program anak terbaru lho! Namanya Miao Mi, saluran edutainment Mandarin untuk anak usia prasekolah. Miao Mi sendiri merupakan kucing lucu berwarna oranye dan hobi tersenyum yang berarti 'Wow... Wonderful'!


Seluruh program dalam saluran Miao Mi ditujukan untuk anak-anak berusia 3 – 6 tahun. Bertujuan untuk menghibur, mendidik, dan memperluas wawasan anak Miao Mi menjadi sarana untuk belajar bahasa Mandarin secara interaktif, kreatif dan menyenangkan.Wah, patut diacungi jempol ya mengingat tayangan televisi lokal sekarang ini sangat mengkhawatirkan.


Ofanny Choi dari Celeste Tiger Entertaiment


 Kamis 28 Januari 2016 kemarin saya dan teman-teman Blogger beserta rekan Media diundang untuk menghadiri Launching Miao Mi di wahana bermain anak Lollypop Lotte Shopping Avenue Kuningan Jakarta Selatan. Dibuka oleh Executive Vice President Celestial Tiger Entertaiment,  Ofanny Choi yang mengatakan, “Kami sangat senang atas peluncuran Miao Mi di Indonesia bekerja sama dengan PT. MNC Sky Vision.” Beliau melanjutkan, “dari begitu banyaknya tontonan anak dari Negara Barat yang hadir di Indonesia Miao Mi menawarkan alternatif tontonan berkualitas tinggi yang menghibur, menginspirasi dan mendidik sesuai perspektif Asia bagi anak-anak Indonesia.”








Sebagaimana diketahui, Celestial Tiger Entertainment (CTE) merupakan operator saluran televisi  berbayar di kawasan Asia terbesar dimana kontennya ditargetkan untuk konsumen di Asia. Beberapa saluran andalannya adalah Celestial Movies  yang memutar film Mandarin dan Asia selama 24 jam dan saluran edutainment Mandarin yang diciptakan untuk anak prasekolah di Asia yaitu Miao Mi. Sementara itu PT MNC Sky Vision merupakan perusahaan TV berbayar terbesar di Indonesia yang kita kenal dengan Indovision dan Okevision.


Yudha Wibawa dari MNC Sky Vision

Hal senada disampaikan Yudha Wibawa, Deputy CEO PT. MNC Skyvision, Tbk. Dalam sambutan singkatnya, ia mengemukakan kegembiraan atas launching Miao Mi di Indonesia. Harapannya, melalui saluran Miao Mi anak-anak Indonesia dapat belajar bahasa Mandarin dengan cara yang menyenangkan dan sangat menghibur.

Beliau juga menyampaikan fakta-fakta mengenai prediksi dan prospek bahasa Mandarin ke depannya. Menurutnya, “bahasa yang paling banyak digunakan di dunia adalah bahasa Inggris. Meskipun banyak yang tidak menyadarinya, bahasa kedua yang paling banyak digunakan justru adalah bahasa Mandarin bukan Spannish atau lainnya.”

Beliau melihat, kans ekonomi dan perdagangan di Indonesia sekarang ini semakin pesat pertumbuhannya dengan melihat beredarnya berbagai produk-produk dari China. Untuk itu kemampuan berbahasa Mandarin menjadi salah satu tolak ukur untuk perkembangan bisnis di Indonesia.


Menariknya, Melissa Karim seorang Mom Seleb yang hadir bersama putranya, Jazz ikut angkat bicara. Presenter keturunan Tionghoa ini mengatakan  hal senada, “seperti yang kita ketahui penduduk China kan banyak sekali menyebar di mana-mana. Saya setuju mengatakan bahwa bahasa Mandarin adalah bahasa ke dua setelah bahasa Inggris. Di Venezuela malah ada perkampungan China, jadi bahasa Mandarin memegang peranan penting di dunia saat ini.”

 
Melissa Karim

Melissa mengakui jika dia sama sekali tidak bisa berbahasa Mandarin. Meski sudah les di mana-mana tapi tetap tidak berhasil juga. Untuk itu dengan hadirnya Miao Mi di Indonesia, Jazz bisa belajar berbahasa Mandarin secara menyenangkan dengan dibantu Miao Mi. Katanya, “jika dalam 20 menit bisa belajar dua kata Mandarin, kan, lumayan.”

Meskipun sibuk Melissa tidak ragu sedikitpun menitipkan Jazz pada Omanya. Dia dan Ibunya sepakat untuk hanya memberikan Jazz tayangan televisi berkualitas yang sesuai untuk anak-anak seusianya. “Saya senang dengan adanya Miao Mi, karena membawa nilai-nilai Asia dalam tayangannya, seperti hormat kepada yang lebih tua, “pungkasnya.


Nonton Bareng tayangan Miao Mi

Ragam Pilihan Tontonan Miao Mi

Mengedepankan nilai budaya Asia Miao Mi menjadi ajang untuk mengembangkan kemampuan motorik anak, kemampuan berbahasanya, kemampuan kognitifnya dan juga kemampuan sosialisasinya. Selain itu yang terpenting anak-anak akan belajar mengenai nilai kehidupan dalam ragam pilihan sajian tontonannya. 

Berikut ini beberapa program menarik dalam saluran Mandarin Miao Mi :




Miao Mi Classroom
Hadir setiap hari setiap 20 menit sekali Miao Mi Classroom mengenalkan bahasa Mandarin dengan cara yang menyenangkan dan interaktif. Melalui Flash Card, animasi, music video dan lagu-lagu yang mudah diingat, Miao Mi Classroom mengajak anak-anak prasekolah untuk belajar kata-kata dasar Mandarin.

Rubi – Get It Right
Hadir setiap Senin-Jumat, pukul 05.00 dan 14.00 WIB Rubi-Get It Right menghadirkan petualangan Rubi seorang gadis kecil ceria yang suka menjelajah dunia sekitarnya bersama teman-temannya lewat music dan permainan.

Star Babies
Hadir setiap Senin-Jumat, pukul 05.20 dan 14.20 WIB Star Babies menghadirkan kegiatan para pelajar yang masih balita di sekolah Star Dream. Di sekolah ini Maurizie, Boris dan Belina dengan perangainya yang berbeda-beda belajar untuk memupuk kebaikan serta berfikir kreatif untuk mengatasi kesulitannya masing-masing.

Tayangan Bellbug Popo

Bellbug Popo
Hadir seiap Senin-Jumat, pukul 05.40 dan 14.40 WIB menghadirkan petualangan seekor Bellbug bernama Popo dan teman-temannya yang memberikan banyak pengalaman berharga melalui kisahnya yang mengharukan.


Tayangan Pleasant Goat And Big Big Wolf


Pleasant Goat & Big Big Wolf
Hadir setiap Senin – Jumat, pukul 06.05 dan 15.05 WIB menghadirkan petualangan Pleasant Goat untuk melarikan diri dari rencana jahat kawanan Serigala yang terus memburu mereka di Green-green Grassland. Film kartun animasi ini merupakan film peraih pemenang penghargaan dari Cina dan sangat populer di sekolah anak-anak di Cina.

Happy Friends
Hadir setiap Senin-Jumat, pukul 06.25 dan 15.25 WIB Happy Friends mengisahkan perjuangan Happy S dan teman-temannya untuk menghentikan perkelahian dan melindungi planetnya dari bencana akibat permusuhan planet Puppy dan planet Kitty.






Rubi – Animals And Nature
Hadir setiap Senin-Jumat, pukul 06.45 dan 15.45 WIB Rubi – Animals And Nature menghadirkan kembali petualangan Rubi dan teman-temannya saat menjelajahi alam dan bertemu hewan menarik di setiap episodenya.

Secret Y
Hadir setiap Senin – Jumat, pukul 07.00 dan 16.00 WIB menghadirkan jawaban atas pertanyaan  atau keinginan tahuan pada ilmu pengetahuan dengan penjelasan yang menyenangkan. 

Little Rabbit’s Kungfu Academy
Hadir setiap Senin-Jumat, pukul 07.45 dan 16.45 WIB Tayangan ini menghadirkan persahabatan Rabbit Ye seekor kelinci yang jujur dan baik serta pandai membuat kue dengan Brother Bear seekor Beruang yang pintar namun malas, yang selalu ingin mencari jalan mudah untuk belajar Kungfu.


Keunggulan Miao Mi 

Saluran Miao Mi sepenuhnya disulih suarakan dalam bahasa Indonesia. Namun untuk meningkatkan pengalaman belajar bahasa Mandarin, cukup dengan menggunakan remote control TV kita bisa mengganti pilihan audio yang tersedia dari bahasa Indonesia ke bahasa Mandarin. Menarik sekali ya? 




Nah, selain program-program menarik seperti di atas Miao Mi juga menghadirkan tayangan special di akhir pekan dan hari libur. Jadi terjawab deh pertanyaan saya kenapa semua program-program tadi hanya ada setiap Senin sampai Jumat saja.

Oiya, untuk saat ini program Miao Mi ditayangkan ekslusif hanya di Indovision Ch.38, Okevision Ch.66 dan Play Media Ch.38. Dan Indonesia merupakan Negara pertama di Asia yang mendapat kesempatan untuk menghadirkan Miao Mi di tengah keluarga Indonesia. Langganan Miao Mi yugh segera, pengen bisa berbahasa Mandarin juga deh!














2 komentar: