Sabtu, 09 Januari 2016

Jangan Tempe Lombok Ijo




Bahan :

Satu papan tempe, dipotong korek api
5 buah bawang merah
3 buah bawang putih
15 buah cabe ijo besar dipotong serong (jika suka pedas, tambahkan aja sesukanya)
2 lembar salam
1 ruas lengkuas digeprek
1/2 butir kelapa diparut dipisahkan santan encer sebanyak 4 gelas dan santan kentalnya 1 gelas.

Cara : 

1. Uleg halus bawang merah dan bawang putih.
2. Campur jadi satu dalam wajan, bumbu halus, daun salam, lengkuas dan santan encer. Rebus sampai rasa langunya hilang.
3. Tambahkan tempe dan cabe ijo. Masak lagi hingga setengah matang. Kecilkan api.
4. Tambahkan santan kental, garam, gula sedikit dan kaldu ala Nie. Aduk terus supaya santannya ngga pecah.
5. Koreksi rasanya. Aduk terus hingga matang. Angkat.

Jangan Tempe merupakan masakan tradisional khas Jawa Tengah. Meskipun warnanya monokrom begitu, namun soal rasa bagi penggemarnya, selalu ngangeni. Apalagi makannya pake nasi hangat dan kerupuk. Wes, lewat deh itu yang namanya 'Setik' hehehe...

Masakan favorit Ibu saya salah satunya adalah Jangan Tempe. Tapi sejak terkena serangan Stroke, ibu dilarang makan Jangan Tempe lagi. Kata Doker, masakan bersantan merupakan makanan yang harus dihindari penderita Stroke.

Waktu Ibu kangen pengen makan Jangan Tempe, untuk mengakalinya saya mengurangi kepekatan santan, pemakaian cabai, dan penambahan garamnya. Untuk menambah rasa gurih, saya campurkan kaldu Ala Nie ke dalam masakan saya.

Kenapa harus kaldu Ala Nie? Jadi begini, Kaldu ala Nie itu dibuat dari daging ayam pilihan tanpa tulang, bumbu dapur alami dan tanpa menggunakan MSG sama sekali. Kaldu Ala Nie juga diproses dengan standarisasi yang ketat untuk menjaga keamanan dan cita rasanya. Itulah makanya kaldu Ala Nie pas banget jadi pilihan Ibu-ibu seperti saya yang pengen bergaya hidup sehat.

Sebagaimana kita tau, MSG sangat berbahaya bagi kesehatan. Dari susahnya berkonsentrasi, sakit Radang Amandel bahkan Kanker dicurigai bahwa MSG adalah pemicunya. Bisa dibayangkan kan gimana dampak MSG dalam tubuh kita dalam jangka panjang?

Ibu saya yang sedang sakit ini tentunya membutuhkan asupan makanan sehat. Dengan menambahkan kaldu Ala Nie dalam masakan, sama seperti menambahkan potongan daging ayam dalam masakan. Sehat. Beneran. Mau coba?

1 komentar:

  1. Saya tertarik dengan tulisan anda. Saya juga mempunyai tulisan serupa yang anda bisa lihat di www.pariwisata.gunadarma.ac.id

    BalasHapus