Kamis, 05 November 2015

Tips Jual Beli Kendaraan di Mobil123.com

Jaman sekarang apa-apa memang semakin praktis aja. Mau naik ojek tinggal klik, mau belanja tinggal klik, mau cari resto enak tinggal klik. Daaan, transaksi kendaraan kini juga bisa melalui dunia digita jugal, tinggal klik aja. Hemat waktu banget, kita ga usah repot keliling show room, ga usah repot buka-buka iklan di Koran lagi. Masa iya? Yup, beneran J

 
Sambutan dari perwakilan Mobil123.com

Jadi kemarin (Rabu 4 November 2015) saya berkesempatan hadir di Tartine Restaurant FX Plaza Senayan dalam gathering bersama Mobil123.com portal otomotif nomor satu di Indonesia yang mempertemukan penjual dan pembeli yang terpercaya di satu platform. Adapun platform Mobil123.com  itu sendiri terdiri dari listing berkualitas, riset dan juga review kendaraan untuk menciptakan pengalaman jual beli yang terbaik.

 
Berapa lama waktu rata-rata yang dibutuhkan pembeli dalam proses pembelian mobil? 
Berdasarkan riset, proses rata-rata orang saat membeli kendaraan membutuhkan waktu selama 1,9 bulan sampai 3 tahun. Waah, bukan waktu yang sebentar ya? Berbagai pertimbangan mau ngga mau harus diceklist sesuai dengan prioritas kebutuhan dan keinginan kita.

Berdasarkan pengalaman pribadi, hal pertama yang menjadi prioritas itu urusan dana, kalau budgetnya jelas anggarannya berapa baru bisa ditentukan ke jenis kendaraan dan performanya. Kemudian setelah itu tentukan kebutuhan mobil untuk apa lalu sesuaikan dengan jumlah orangnya, misal jika mobil untuk keluarga maka sesuaikan dengan jumlah anggota keluarga. Setelah itu performa kendaraan macam apa yang kita inginkan? jenis manual atau matic? Transmisi kendaraanya gimana? Pemakaian KM-nya berapa? Warna mobilnya seperti apa? kapasitas lahan parkirnya gimana?

Nah, tentunya prioritas ceklist tersebut berbeda-beda pada tiap orang. Ada yang menempatkan dana di urutan teratas, ada pula yang menempatkan performa kendaraan di urutan teratas. Jadi ga heran kan jika memang ga bisa instant saat proses pembelian kendaraan J

Penampilan homepage portal Mobil 123.com sangat gampang sekali digunakan.  Untuk orang yang ga familiar dengan gadget pasti dengan mudah menemukan feature-feature yang dicari. Menariknya, di portal ini pun ada lebih dari 202.127 kendaraan baru maupun bekas yang dijual. Lengkap ya? Waduh, gimana memilihnya tuh ya? Sudah puyeng duluan deh, hahaha..

Naah, jangan khawatir. Simulasinya nih, jika kita buka homepage-nya, kita bisa perhatikan feature Compare Car untuk membandingkan mobil jenis A dan mobil jenis B, misalkan. Di feature ini, kita bisa bandingkan kendaraan yang kita incar sampai dengan 5 pilihan yang diiklankan. Wooww J
 
feature mobil123.com yang sangat mudah digunakan pengguna yang awam sekalipun :)


Kemudian feature Cek Harga adalah untuk menentukan harga kendaraan yang ditaksir sesuai dengan kemauan dan kemampuan kita. Di feature ini, masih ada 3 filter lagi untuk lebih meyakinkan calon pembeli, yaitu : Merknya apa? Modelnya gimana? Tahun kendaraan berapa?

Untuk menjamin kepuasan dan menghindari penipuan, Mobil123.com mewajibkan pemasang iklan atau si penjual untuk mengupload KTP dan SIM-nya. Setelah divalidasi satu demi satu oleh bagian verifikasi maka si penjual baru bisa mengiklankan kendaraannya. Untuk pengiklan yang juga pemilik show room maka diwajibkan mengupload kartu namanya juga.

Selain itu, spek kendaraan bekas yang akan diiklankan/dijual, datanya  tidak bisa diisi seenaknya oleh si pengiklan. Hal tersebut untuk meminimalisasi kesalahan akibat pencantuman spek kendaraan yang tidak standar.

Jadi, mencegah supaya konsumen tidak salah memilih merupakan visi misi Mobil 123.com, satu-satunya yang mengerti kebutuhan konsumen. Siiipp, selamat memilih dan jual beli ya J


Sekarang, setelah mempunyai mobil sebaiknya sih harus paham rambu-rambu saat menyetir. Mba Shinta Ries di sessi kedua membagikan tips berkendara aman dan nyaman. Menurutnya ada 4 Big No- no saat menyetir, apakah aja itu :
 
Tips safety riding by Shinta Rhies :)


1.       Tidak menggunakan bahu jalan apalagi menyalip kendaraan lain dari bahu jalan.
2.       Tidak menggunakan lampu hazard. Lampu hazard hanya digunakan saat emergency saja. Saat hujan sering kita lihat orang menyalakan lampu hazardnya, padahal itu tidak diperkenankan.
3.       Tidak menggunakan ponsel selama menyetir. Jangan pernah tergoda deh karena perhatian kita gampang teralihkan.
4.       Tidak menggunakan sabuk pengaman.

Kecelakaan bermula dari ketidak pedulian seseorang pada diri sendirinya. Jadi jika mau selamat, mau ngga mau syaratnya disiplin pada aturan. Siiippp J
 
Tips seputar SEO by Mas Rizki
Dalam sesi ke tiga, mas Rizki kebagian membagikan tipsnya seputar SEO : Metrik-metrik Penting untuk mendapatkan Peringkat baik di Google. Namanya juga ngundang Blogger jadi tema ini pasti menarik banget disimak. Yuggh J

In learning you will teach, and in teaching you will learn – Phill Collins
Apakah SEO itu?
SEO (Search Engine Optimisassion) merupakan metode atau cara agar sebuah website dapat memperoleh posisi terbaik di search engine.

Faktor apa aja yang mempengaruhi peringkat website di Google?

1.       Dulu, posisi terbaik di Google ditentukan oleh porsi back link. Saat ini sudah ngga lagi karena mudah dimanipulasi, justru porsi dari user signal-lah yang menentukan rankingnya.

2.       Buatlah konten yang relevan antara judul dan deskripsi. Lalu gimana caranya Google menentukan relevansinya? Dari seberapa betahnya user berlama-lama di web kita, apakah lama, sebentar atau langsung keluar. Kenapa begitu? Karena content atau website kita dianggap tidak bermanfaat oleh Google. Owwhhh L

3.       Pastikan keyword ada di dalam judul dan deskripsi. Variasikan keyowordnya, jangan diulang-ulang di setiap kalimat.

4.       Buat konten yang enak dibaca. Bikin nyaman pembaca contohnya dengan pemisahan paragraph.

5.       Google tidak bisa mendeteksi gambar, maka jangan lupa fungsi alt image. Etikanya sih minta ijin lebih dulu kepada si empunya gambar dan cantumkan juga sumbernya. Sebaiknya utamakan gambar milik sendiri ya.

6.       Sisipkan Internal link dan navigasi agar konten kita lebih variatif.

7.        Kecepatan website juga penting utk SEO agar user betah berlama-lama di website kita.

8.       Gunakan template simple dan mobile friendly. Ga usah dikasih assesories blink-blink, lagu-lagu dan lain sebagainya, agar proses loading ga berat kerjanya.

9.       Kualitas content  bagus.  Seperti apa bagusnya? Berapa kata? Menurut mas Riski, tulisan atau content yang dianggap bagus adalah konten yang menjelaskan artikel secara tuntas dan lengkap. Mau berapa kata pun tidak masalah, yang penting tuntas… tas.. tasss…

1.   Content diusahakan semenarik mungkin, tapi juga ngga lebay. Lebih bagus jika ditunjang dengan video, gambar inpographic

1.   Dapatkan Vote/referensi/rekomendasi dari situs lain. Caranya gimana? Buatlah content yang bermanfaat untuk pembaca. Jika kontennya bagus,semakin banyak vote berkualitas, semakin besar kepercayaan dari Google untuk website kita. Naah…

 Mbah Google bersabda, 
“Jika ada sebuah website yang memberikan manfaat kepada penggunanya, niscaya akan aku berikan kepadanya posisi yang mulia. Dan sebaik-baiknya website adalah website yang bermanfaat bagi orang lain.”

Nah, sekarang gimana membuat konten yang dapat memicu popularitas?

1.       Buat konten yang membahas topic yang sedang popular. Misalkan aja, sekarang lagi trend topic mengenai bahasan kabut asap, boleh juga tuh dituangkan dengan sudut pandang lain.

2.       Buat Konten yang memicu kebanggaan diri, misal bahas sisi positif dari suatu topic


3.       Buat Konten yang membahas sesuatu yag belum disadari banyak orang. Apa ya kira-kira?

4.       Buat Konten yang membahas perbandingan antara dua hal atau lebih. Misalkan aja nih, kita membuat konten mengenai kuliner di Jakarta. Seberapa menariknya orang membaca tulisan kita jika hanya menulis satu jenis kuliner di Jakarta aja? Bandingkan jika kita memberikan pilihan aneka jenis kuliner pilihan di Jakarta?

5.       Buat Konten yang membangkitkan perasaan atau bersifat inspiratif, misal kisah sukses pribadi seseorang.

6.       Buat Konten yang lengkap dan panjang. Tapi juga jangan hobi mengulang-ulang kata, jangan copas, lebih baik re-write atau tulis ulang.

7.       Buat Konten yang berisi wawancara dengan pakarnya.

8.       Buat Konten yang mudah dipraktekkan seperti tutorial, tips, “how to”.

 
foto bareng Narasumber dan mobil123.com after gathering :)

Berkah ngeblog, kebagian dorpres juga.. alhamdulillah :)





18 komentar:

  1. asiiik, jadi ngerti juga ya SEO itu kek gimana, mengemudi yang baik itu kek mana,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. asiiikk.. semoga bermnafaat ya mak :)

      Hapus
  2. Dapat ilmu dapat juga doorpressnya... Yeay.. Selamat ibu diahworo

    BalasHapus
  3. Asiiik, tadinya mau dipalak tuh modemnya mbaaak :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. asiiikk.. untungnya udah cuuss duluan ran :D

      Hapus
  4. Yang mau ujian SIM mestinya ikut acara ini ya Mbak Diah. Biar ngerti aturan main berlalu lintas seperti pemilik SIM nembak :)

    BalasHapus
  5. betul banget berkendara tidak hanay bisa mengendarai tapi tahu rambu2 juga taat dijalan

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada tambahan lagi mak, kendaraan harus sering dicek tuh seperti ban udah gundul atau belum, air radiator masih ada atau ngga.. semoga dgn care hal2 sepele aeperti ini bisa meminimalisasi kecelakaan ya :)

      Hapus
  6. Nah postingan seperti ini yg menurut saya bermanfaat banget. Dan sepertinya wajib saya bookmark, buat dibaca lagi kapan-kapan. Tfs mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih maak.. semoga bermanfaat yaaa :)

      Hapus
  7. postingannya ane bookmark bu, oh ya, point ke 4 yg big no itu nggak kliru?

    BalasHapus
    Balasan
    1. siipp makasih mas.. semoga bermanfaat yaa :)

      4 big no-no :
      1. tdk mengunakan bahu jalan
      2. tdk menggunakan lampu hazard
      3. tdk menggunakan ponsel
      4. tdk mengenakan sabuk pengaman

      Hapus
    2. kan yg 4 jadi gini, tidak untuk mengenakan sabuk pengaman, jadi ga pake sabuk pengaman dong, mungkin maksud ibu, tidak untuk tidak menggunakan sabuk pengaman

      Hapus
  8. Gratis dan terperpercaya....itu adalah poin terpenting dalam kenyamanan bertransaksi :)
    Keren ya, mobil123 ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. banget teeh :)

      selain gratis dan terpercaya, di mobil123.com juga banyak banget pilihannya, puas deeh nyari yang sesuai kriteria ya :)

      Hapus
  9. Mbaca dari ataaas ke bawah, trus liat itu hadiah door prizes, waah selamaaaat

    BalasHapus