Kamis, 17 September 2015

Kulit Pisang Jangan Dibuang

Siapa sangka ya kalo pisang itu punya banyak manfaat. Tadi pagi di siaran televisi mana ya tadi, (hhmmphh, kebiasaan, gampang lupa!) selain mengandung berbagai kandungan gizi bila dikonsumsi buahnya, kulit pisang juga mengandung berbagai manfaat. Contohnya :
1. Melembutkan kulit wajah dan menyembuhkan jerawat. Caranya, kulit pisang bagian dalan dioles-oleskan ke kulit wajah sampai merata. Diamkan selama 15 menit. Seka dengan handuk yang dibasahi air hangat. Lakukan secara rutin.
2. Memutihkan gigi. Caranya, kulit pisang bagian dalam digosok-gosokkan ke permukaan gigi. Lakukan secara rutin. Agar efektif, sebaiknya hindari minuman yang menyebabkan noda pada gigi seperti teh dan kopi. Ini mah tambahan dari saya aja, sih. Masuk akal kan? :)
3. Menyembuhkan luka iris kena pisau. Caranya, potong kulit pisang kira-kira seukuran lebar luka. Tempelkan di atas luka menggunakan plester luka atau isolasi biasa. Dijamin getah pada kulit pisang akan segera menyembuhkan luka.
4. Menghilangkan kantung mata. Caranya, kulit pisang dipotong berbentuk setengah lingkaran lalu tempelkan di bawah mata. Mata sembab atau mata panda segera go go go :)
Selain alternatif khasiat kulit pisang dari televisi tadi, saya juga mempunyai tips lain seputar pemanfaatan kulit pisang. Apa ajakah itu? Yuggh..
1. Kubur kulit pisang di halaman atau pot bunga. Cara ini bisa memicu pertumbuhan tanaman. Asiik kan, bisa berhemat dana pupuk dan perawatan tanaman :)
2. Gosokkan kulit pisang bagian dalam di kulit yang gatal. Permukaannya yang lembut dan bergelombang itu bisa menghilangkan gatal-gatal lho. Alami, ngga perlu lotion anti nyamuk kan :)
3. Nah, jika punya tanaman imitasi dari plastik, cara membersihkannya dengan kulit pisang bagian dalam. Tanaman plastik kembali kinclong seperti baru deh.
Jadi, sekarang jangan buang lagi kulit pisangnya ya habis di makan. Apalagi jangan dibuang sembarangan juga, kasihan kan jika ada yang terpeleset.. ;)

<span data-iblogmarket-verification="SFhEV1roa~by" style="display: none;"></span>

Tidak ada komentar:

Posting Komentar