Rabu, 15 Juli 2015

Tahu Schotel Request Ibu

Sejak ibu sakit, nafsu makannya sering up and down. Saya sering kebingungan memilihkan makanan apa yang ibu suka dan diperbolehkan oleh dokter. Hipertensi dan diabet yang ibu derita merupakan kegagapan tersendiri bagi saya untuk menyuapkan sesuatu makanan. Kebanyakan garam maka hipertensinya akan kumat, sebaliknya jika kebanyakan gula maka gula darahnya akan naik. Serba salah.

Sudah tiga hari ini ibu menggelengkan kepala setiap saya tawarkan sesuatu. Kemarin-kemarin saya suapkan Lemper Mon Ami ibu suka, tapi kali kedua ibu emoh. Kemudian, ia minta bakso kuah, segera saya siapkan tapi selanjutnya emoh lagi. Saya buatkan nasi goreng, ibu mengacungkan jempolnya, tanda suka. Tapi berikutnya ia menggelengkan kepala lagi. Aah ibu, makan yang banyak dong, biar cepat sembuh... 

Setelah beberapa waktu, dengan bahasa tarzannya, saya bisa menerjemahkan makanan yang ibu mau. Alhamdulillah, rupanya ibu meminta tahu schotel buatan saya. Tahu schotel ala saya sebenarnya masakan yang saya buat jika saya lagi malas atau memang lagi ngga ada waktu banyak. Cukup bikin tahu schotel lalu simpan di kulkas, jika mau dimakan tinggal digoreng sebentar, jadi deh cemilan bergizi ini.

Oya, resep standarnya sebagai berikut :
3 tahu putih besar diremas sampai hancur
3 batang sedang wortel, parut kasar atau dicincang
1 kaleng kornet (biasanya saya pakai daging cincang atau bakso cincang atau sosis cincang)
2 batang daun bawang diiris sedang
Segenggan makaroni direbus matang
5 butir telur ayam dikocok lepas
Bumbu uleg : garam, merica dan 5 butir bawang putih dan kaldu ayam.
Semua bahan diaduk rata lalu dimasukkan ke loyang yang sudah diolesi minyak dan dilapisi plastik atau daun pisang. Tata rapi lalu kukus selama 45 menit. Kalau sudah matang, dinginkan, potong-potong. Goreng sampai matang, lalu sajikan.
Loyang yang saya gunakan di rumah ibu adalah loyang plastik untuk agar-agar yang berlubang tengah. Biasanya di rumah saya memakai cetakan kue mangkuk yang kecil-kecil, hasilnya lucu deh.
Nah, sambal yang cocok dengan tahu schotel ini adalah sambal kecap yang dikucuri air jeruk nipis. Endeesss deeh :) :) :) 
Silakan mencoba 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar