Senin, 06 Juli 2015

Hobi Menulis? Salurkan saja di Serempak.or.id

30 orang Blogger, tim Pokja Serempak dan perwakilan KPPA bersinergi memajukan perempuan dan anak Indonesia
Bertepatan dengan bulan yang sarat makna ini, pada 29 Juni 2015 lalu KPPA (Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Anak) dan Kelompok Kerjanya yang diketuai Martha Simanjuntak menggelar rangkaian acara bertajuk MAJU BERSAMA SEREMPAK. Bertempat di ruang Nyai Ahmad Dahlan Gedung KPPA Jalan Medan Merdeka Barat No. 15 Jakarta, Maju Bersama Serempak menjadi wadah untuk mengajak sekaligus memaksimalkan potensi menulis yang bisa dieksplor penuh oleh para Blogger undangan dan juga masyarakat pada umumnya. Dalam acara ini juga pengenalan lebih jauh visi dan misi portal online Serempak.or.id adalah untuk memajukan perempuan Indonesia.

Ibu Martha Simanjuntak Ketua Tim Kelompok Kerja portal Serempak 

Portal online Serempak.or.id merupakan wadah milik masyarakat yang difasilitasi oleh KPPA. Wadah ini merupakan forum yang berisi berita-berita/issue/info yang terkait dengan perempuan dan anak. Di situs ini berbagai kriteria bacaan disuguhkan untuk menarik minat baca dan mencari alternatif solusi bagi semua masyarakat. Ada berbagai kanal menarik yang telah dikelompok-kelompokkan seperti hukum dan kebijakan, IPTEK, wisata budaya & kuliner, ibu & anak, dan yang terakhir adalah karir & pengembangan usaha.

Portal online ini bisa diakses di www.serempak.co.id dengan mudah. Setiap orang berhak untuk mengisi artikel di sini baik lelaki maupun perempuan, namun artikel yang ditulis hanya mengenai perempuan dan anak saja. Sebagai contoh, permasalahan seputar parenting, KDRT, penelantaran anak, ide ataupun artikel, sharing masakan, opini, dan perempuan inspiratif sangat menarik untuk diangkat menjadi bahan tulisan.

Setelah mengisi registrasi, artikel bisa ditulis dalam fitur kirim artikel. Di fitur ini, tulisan yang akan dipublish tidak dibatasi jumlahnya. Fitur ini merupakan fitur tidak berbayar, murni ajang berbagi dari dan untuk masyarakat. Sementara itu, ada juga peluang menulis berbayar yaitu menjadi kontributor. Tertarik? Silakan mengajukan lamaran dan porto folionya ke email di atas. Menarik bukan?

Mengambil tema “Be a Content Writer”, Ani Berta aktivis perempuan berdarah Sunda Batak yang memantapkan diri menjadi Blogger ini mengatakan,”kebutuhan jumlah penulis di Indonesia terus meningkat. Ada berbagai peluang yang bisa dijadikan mata pencaharian seperti menjadi freelancer media cetak maupun online. Menjadi kontributor Web Perusahaan, organisasi, atau institusi pemerintahan. Atau bisa juga menjadi Ghost Writer.”
Ani Berta Koordinator  portal Serempak

Dilatar belakangi dengan pertumbuhan era digital yang semakin pesat, kebutuhan informasi yang meningkat, dan publikasi kegiatan bagi perusahaan-perusahaan, dimana kondisinya sangat berbanding terbalik dengan fakta, bahwa tidak semua orang punya kemampuan menulis. Untuk itulah maka peluang pekerjaan menjadi penulis sangat menggiurkan.

Jangan ditanya keuntungan yang bisa didapat dengan menggeluti bidang ini. Perempuan yang dikenal dengan sapaan Teh Ani ini menjelaskan berbagai keuntungan yang didapat dari menulis. Perempuan yang sangat rendah hati ini memaparkan, selain branding yang tersemat jika orang mengingat nama kita, porto folio/pengalaman kita juga semakin bertambah, kepekaan kita pun akan terasah pada permasalahan sosial yang terjadi dan jangan lupa, menulis menjadi hobi yang menghasilkan uang pula. Selain itu, dengan menulis relationship yang luas pun akan kita dapatkan, bertambahnya ilmu setiap saat dan juga meningkatnya wawasan dan skill kita.

Sebelum menutup pembicaraan, ia pun  membagikan tips dan langkah-langkah seputar menjadi Content Writter.

Do :

-          Isi artikel minimal 500 kata, maksimal 1000 kata.
-          Sesuaikan gaya tulisan dengan ciri khas website/portal.
-          Tulisan reportase harus merujuk 4W+1H (What, Who, Where, When, How) dengan kaidah jurnalisme lainnya. Misalnya tidak memasukkan unsur opini dan perasaan, kecuali jika tulisannya adalah untuk feature story.
-          Atur jadwal update sesuai kesepakatan kerja sama.
-          Isi kanal-kanal website sesuai kategori yang dikuasai.
-          Masukkan key word yang tepat.
-          Baca kembali draft tulisan sebelum dipublish.
-          Gunakan foto high resolution.

Don’t :

-          Plagiat.
-          Menggunakan bahasa alay atau menggunakan banyak singkatan.
-          Memasukkan opini terlalu personal.
-          Memasukkan unsur kepentingan pribadi.
-          Menyebut brand secara hard selling tanpa persetujuan pemilik Web.
-          Men-diskreditkan orang lain.
-          Keluar dari idealisme.
-          Menuliskan berita/opini tidak sesuai fakta atau tidak terverifikasi keabsahannya.

semangat Blogger tertuang dalam tulisan-tulisan untuk Serempak dan kemajuan perempuan dan anak Indonesia 


courtessy by Ruffie Lucretia 







12 komentar:

  1. Tulisannya keren.. saya belum berhasil registrasi ke serempak nich... penginnya ngerasain langsung dulu,,, serempak sepertinya sulit untuk log ini registrasi... ibu diah sudah reg ke serempak belum ???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih bang :)

      Saya belum berhasil register, katanya website serempak sedang dalam perbaikan, jd mati suri sementara deh :)

      Hapus
  2. Wahh. Mantap. Serempak memajukan Peran Wanita di Indonesia.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan lupa, peran serta kita dalam kanal2 website di Serempak ada andilnya juga lho untuk memajukan perempuan dan anak indonesia :)

      Hapus
  3. waaa seru sekaliiii, tipsnya oke banget. akan coba aku praktekin ah untuk kedepannya :)))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silakan mba, berbagi ilmu meskipun sedikit tentunya akan bermanfaat ya kan :)

      Hapus
  4. Jadi ingin menulis juga di serempak.co.id :) tema untuk perempuan dan anak memang tidak pernah habisnya ya mba. Salam kenal ya mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal kembali.. :)
      Ga usah jauh2 cari bahan tulisan, cukup keluarga sendiri pun bisa dijadikan source tulisan yang sangat menarik lho..

      Hapus
  5. akan banyak peluang ya mba untuk menulis dan mengirimkan artikel, karena memang saat ini yang paling dicari adalah artikel di media social, bukannya jaman Tanya langsung ke sesepuh. Yeheeehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yups, tinggal sesuaikan dengan passion saja. Saya nulis fiksi sering mentok, karena feelnya sering bablas.. hahhaa

      Hapus
  6. Ayuuk, majukan serempak dengan gagasan-gasan para blogger perempuan hehehe
    Mbaa, blogmu makin keren

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo mba.. kita bukakan dunia dengan tulisan kita ya ahahhay..

      Sssttt, yg bikin keren mak almazia pratita. Bajak buruan mak hehhe

      Hapus