Minggu, 19 April 2015

TIPS aman naik Taksi dengan Blue Bird Taxi Mobile Reservation

Belum hilang dari ingatan ketika saya meminta pak supir untuk membuka bagasinya sebelum saya menaiki Taksinya. Bahkan saya sempat pernah memotret wajah pak supir dan mencatat nomor lambung Taksi untuk kemudian meng-sms suami. Rasa takut pada kriminalitas membuat saya seperti orang yang tidak punya sopan santun. Tapi itu dulu, sekarang sejak mengetahui ada Taxi Mobile Reservation, tindakan konyol seperti itu sudah saya tinggalkan.


Apa sih Taxi Mobile Reservation itu?
Dulu kita pasti pernah atau sering ‘bete’ saat menghubungi operator untuk memesan taksi. Hal tersebut bisa dimaklumi mengingat jumlah order yang masuk ke Operator banyak sekali. Belum lagi di jam sibuk atau pas cuaca sedang tidak bersahabat, bisa dipastikan sulit sekali mendapat taksi. Membaca kondisi tersebut, Blue Bird tidak tinggal diam. Mereka terus berinovasi untuk meminimalisasi ketidakpuasan pelanggan khususnya di kota besar. Saat ini Blue Bird telah meluncurkan system pemesanan taksi dengan menggunakan Smartphone namanya BLUE BIRD TAXI MOBILE RESERVATION. Cukup dengan sekali klik, selesai deh ordernya.

Dengan cara singkat aplikasi Taxi Mobile Reservation ini bisa didapatkan dengan Smartphone berbasis GPS teknologi. Aplikasi tersebut bisa didownload gratis lewat app store seperti Google Play, App Store, Blackberry World, Windows Store dan Ovi Nokia Asha. Bisa kan cara mendownloadnya?

Kelebihan Taxi Mobile Reservation dibanding cara biasa.

Praktis
Saat kita mengorder dengan menghubungi operator, kita harus verifikasi data dulu yang memakan waktu sekian menit. Operator akan mencari armada yang berdekatan dengan lokasi tempat penjemputan, selanjutnya kita akan diberitahukan nomor lambung taksi yang akan menjemput kita. Bayangkan step demi step yang harus dilalui untuk mengorder taksi dengan cara biasa. Meskipun kita sudah berulang kali memesan, namun data pelanggan akan bolak bolak mesti kita ulang kepada Operator. Ribet kan… ?

Dengan Taxi Mobile Reservation system, dalam  waktu singkat (tidak sampai lima menit) setelah input data, kita sudah mendapatkan informasi Tracking order seperti ini :





sumber foto : Google 


Untuk lebih detail, kita juga bisa cantumkan ciri-ciri atau pakaian yang kita gunakan untuk mendefinisikan diri kita ke pak Supir. Jadi di tempat ramai pun, kita dan pak Supir sama-sama saling bisa mengidentifikasi. Dalam tracking order ini pun, tertera nomor ponsel pak Supir. Jadi kalau ketinggalan barang dijamin aman deeh... 

Akurasi alamat penjemputan
Dengan cara pemesanan taksi biasa, misalnya lokasi penjemputan kita agak sulit diketahui, kita harus memberitahukan ancar-ancar atau perkiraan arah bagi pak sopir agar mereka mudah menjangkau lokasi penjemputan.

Dengan Taxi Mobile Reservation system, akurasi alamat penjemputan melalui kecanggihan alat Fleety di dashboard sopir memudahkannya mencari lokasi alamat penjemputan. Kita tidak perlu khawatir jika kita sendiri tidak hafal ancar-ancar lokasi dimana kita minta dijemput. It’ so easy…

Jejak akurasi 
Dengan cara pemesanan taksi biasa, kita tidak bisa tau di mana lokasi taksi yang menjemput kita, apakah sudah dekat atau masih jauh. Kita hanya bisa memperkirakan waktu datangnya berdasarkan informasi dari operator saat kita menelpon sebelumnya.

Dengan Taxi Mobile Reservation, kita bisa dengan mudah melihat jejak posisi Taksi (Tracking position Taxi) yang akan menjemput kita sudah sampai di mana.

Kondisi lalu lintas
Dengan cara pemesanan taksi biasa, kita tidak bisa tau bagaimana kondisi jalan raya saat itu, apakah lancar atau macet.

Dengan Taxi Mobile Reservation, kita bisa melihat kondisi lalu lintas untuk melihat jejak posisi taksi (lihat atas) yang kita pesan. Cara ini sangat membantu sekali jika kita sedang dalam kondisi dikejar waktu dan membutuhkan jalan alternative agar cepat sampai tujuan.

Mudah memesan taksi 
Masih banyak kelebihan yang bisa kita dapatkan dengan aplikasi system Taxi Mobile Reservation ini lho. Di pusat keramaian seperti Mal atau gedung perkantoran, kita bisa memesan taksi di lobby atau ruang tunggu ber-ac daripada berdiri panas-panasan atau hujan-hujanan di pinggir jalan menyetop taksi lewat.

Dengan system ini, kita tidak perlu ikut berbaris antrian memesan taksi di area pesan taksi gedung tersebut. Untuk itu, saat taksi pesanan kita datang, pelanggan lain tidak bisa menyerobot seenaknya. Asyiik kaan..

Tentunya dengan system Taxi Mobile Reservation ini, resiko kriminalitas bisa diminimalisasi. Tidak perlu parno lagi untuk memotret wajah pak supir, mencatat nomor lambung taksi atau mengecek bagasi, karena semua sudah ada datanya di history order kita.  Semua terlacak jelas. Amaan…

Caranya gimana?

- Instal aplikasi Taxi Mobile Reservation di smartphone.
- Registrasi nomor telephone


Setelah selesai memasukkan nomor telepon, tunggu verifikasi sms di nomor telepon yang telah didaftarkan tadi.


Langkah berikut, memasukkan ulang kode verifikasi sms. Dalam waktu singkat, di layar tertera seperti ini. Input kembali nama, tanggal lahir dan alamat email kita. 

Sumber foto : dokumen pribadi

Selanjutnya, di layar akan ada penampakan seperti ini. Artinya proses registrasi telah selesai dan kita siap membooking taksi. Yeeayyy... :-) 



sumber foto : Google 

Seperti iklan motor, Blue Bird memang selalu terdepan dalam pelayanan dan kualitas. Meskipun banyak armada taksi lain yang meniru warna biru Bue Bird untuk mengecoh pelanggan, namun dengan adanya system BLUE BIRD TAXI MOBILE RESERVATION ini,  tindakan pengecohan tersebut bisa kita minimalisasi.  

Saat ini Taxi Mobile Reservation telah menjangkau beberapa kota besar seperti Jakarta, Medan, Surabaya, Semarang dan Bali. Dalam waktu dekat, kota-kota lain pun akan bisa menikmati system layanan ini. Tunggu saja ya…

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut, mampir di Blue Bird Mobile ya... :)







16 komentar:

  1. Wih sekarang lebih praktis ga perlu telpon, cukup sekali klik udah bisa pesan taxi

    BalasHapus
  2. asyik ya mak
    good luck.buat lombanya
    @guru5seni8
    http://hatidanpiliranjernih.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, aman dan nyaman pastinya sekarang.. Ga deg degan lagi deh :-)
      Makasih sudah mampir ya mak :-)

      Hapus
  3. Suamiku jg sering nyoba ini kalo mau pesan taksi blue bird :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waah.., gimana mak? Gampang kan? :-)

      Hapus
  4. kalo dulu register via sms ya mbak. jd tiap kita telpon utk pemesanan data kita lgsg terbaca. tp saya ada cerita lucu lho. dl saya tinggal di perumahan. nah rumah saya itu ga ada nomornya (ga ditenpel gitu). tiap pesen taxi operatornya pasti bilang "yang ga ada nomernya itu ya bu?". akhirnya krn malu saya kasi nomer pakai kertas ditempel. eh pas pesen taxi berikutnya dibilangin "oh yg nomer rumahnya pake kertas itu ya?" haduuuh...

    BalasHapus
  5. Keren ya mak. Semua sekarang serba canggih dan yang pasti aman nih.
    Ga kebayang dulu mak diah gimana ngomongnya ke sopir suruh buka bagasi. Hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mak, parno abis sumpah deh.. Sekarang mah udah ngga laah hihhi

      Hapus
  6. kalo ojeg = gojeg
    kalo taki = blue bird
    kalo delman ?? :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo delman di kota besar sudah tidak ada... :)

      Hapus
  7. Balasan
    1. iya mbak.. aman deh sekarang kalo perempuan kemalaman di jalan, ga takut kenapa napa lagi.. :)

      Hapus
  8. Praktis dan aman..
    Sayangnya di Kendari belum ada blue bird..xixix

    BalasHapus
  9. sabar mbae... :) Blue Bird saat ini memang baru menjangkau 5 kota besar yaitu Jakarta, Medan, Surabaya, Semarang dan Bali, tapi akan menjangkau kota-kota lain di seluruh Indonesia koq. Kenyamanan pengguna Taksi Blue Bird menjadi prioritas.. jadi siap-siap aja deh kota Kendari menjadi kota berikutnya.. :)

    BalasHapus