Selasa, 17 Desember 2013

Tutorial : cara gampang bikin rak display dari kardus

Sumpeh kepingin banget beli rak display untuk mejeng2in karya yang udah jadi, tapi sayangnya lagi2 kenceng nih dompetnya.. L kayanya sekali lagi harus kreatif nih dengan memanfaatkan limbah2 yang ada di sekitar rumah .. nah apa ya kira2??
Oia,  Pernah liat sih di blog siapa ya, bahwa dia pernah bikin lemari perkakas untuk wadah aneka alat jahitnya dengan menggunakan kardus tebal. Sepertinya kardus tebal  berwarna coklat bekas rokok, mie instant dan lain2 layak dicoba juga deh..
Akhirnya dengan percobaan gunting menggunting dan robah2 pola lantaran ga presisi, maka jadilah pola yang insya Allah bisa dipertanggung jawabkan..cieeee… hehehe…
Yugh, langsung lanjut ke proses pengerjaannya.. mareeeee…
Ini dia Bahan2 yang kudu ada :
-          1 bh kardus tebal ukuran sedang warna coklat bekas mie instant/kopi/softener dll
-          4 lembar kertas kado
-          solatif bening, lem tembak, gunting, penggaris, pinsil
nah beginilah caranya, cek this out.. heheheh…
pertama, buat pola seperti ini yaa…



 -  lapisi salah satu sisi tiap2 kardus tebal dengan kertas kado, seperti ini contohnya ya..



 sekarang lanjut ke proses pembuatan rak dasarnya.


RAK DASAR :  bagian B dilem  dengan bagian C di sisi lengkungnya dengan lem tembak. Tekuk bagian A tengahnya, lalu gabungkan dengan bagian C di sisi yang membentuk sudut segitiga.

-          Nah, ini penampakan dari bawahnya yaa..  



Setelah jadi, lanjut bikin rak tengah..
RAK TENGAH :  Bagian D ditekuk tengahnya lalu gabungkan dengan mengelem di atas rak pertama.



jadinya seperti ini



Tumpuk lagi dengan bagian C untuk rak kedua. Lem sekelilingnya dengan lem tembak. Ulangi lagi langkah membuat rak tengah untuk membuat rak ketiga/rak atas.

Setelah rak tiga susunnya jadi, maka langkah selanjutnya adalah memasang bagian E diatas rak. Setelah raknya jadi, langkah akhirnya tinggal melapisi sisi bagian belakang dengan kertas kado lagi. Naah bentuknya kira2 seperti ini niihh.. gimana, cantik kaah? Cantik lah yaaooo.. J


 terakhir, sisi belakang kan belum cantik tuuh, lapisi lagi dengan kertas kado lagi yaa.. naaahh, cantik deeh...

selamat mencoba, salam inpirasi :)







5 komentar:

  1. makasiih mak.. :) pas lagi dompetnya udah kering pas liat di rumah banyak kardus bekas, ya akhirnya begini lah jadinya.. :)

    BalasHapus
  2. hihihi.. lantaran kepepet sebenernya mbak :)

    BalasHapus
  3. Creatif mba, tpi kuat'a nambung berat berapa kilo? :D

    BalasHapus