Jumat, 06 Desember 2013

Bazaar.. bazaar..

Haaah..bazaar??

yups.. bazaar..

dimana??

Di museum nasional  atau museum gajah di medan merdeka deket monas Jakarta itu lho… hehhe..

hebatt, keyeeen, mangstappp, ploookk..plookk..plookkk… (baca : suara tepuk tangan)

____________________________________________________________________________

itulah sebagian dari komentar teman-teman, sodara-sodara bahkan anak-anak dirumah ketika mendengar aku mau ikutan jadi peserta bazaar. Jangankan mereka, aku aja ngerasa something different gitu deh ketika memutuskan untuk ikut even bazaar tersebut. Ada perasaan penuh semangat, ada perasaan takut dan minder, macem-macem banget deh rasanya.. tapi kan bukan aku banget gitu lho kalo milih mundur ga menghadang tantangan di depan nanti.. kuatkan hati, maka jadilah nekat..yugghh mareee.. hehehe..

hari selasa  aku putuskan untuk jadi peserta bazaar, sementara bazaarnya sendiripun di hari sabtunya. Gila kan, dengan persiapan minim banget yang Cuma beberapa hari saja segera deh aku akrobat loncat sana loncat sini dan camat comot informasi dari teman-teman yang udah pakar di perbazaaran. Semua info udah dicatetin biar ga kelupaan, sementara itu dari waktu yang tersisa, aku masih bisa nambah-nambah produk yang mau dibawa nanti. ckckckck… makin berjuta-juta keraguan dan kenekatan yang saling berjibaku di dalam dada deh saat itu..wiiyyhh…

Hari H, janjian sama Vita sahabat sesama crafter juga untuk berbagi meja ceritanya (baca : berbagi rasa minder :P) Tapi sampai disana, Vita udah datang duluan dan udah milih meja, sementara aku datang belakangan tapi malah cari meja juga.. akhirnya setelah rapi-rapi meja dan nelepun Vita terus sayang-sayang kalo di pindah- pindah lagi akhirnya sendiri-sendiri aja deh mejanya, ga jadi berbagi..bye-bye Vitaa.. heeheee..

Omzet udah lumayan banget deh waktu itu menurut aku, secara ini adalah bazaar pertama yang aku ikutin.  Mungkin juga karena pangsa pasarnya pas banget yaitu anak-anak sekolah kali ya, terus harga-harga produk yang aku bawa juga sesuai sama uang jajan mereka, jadilah aku kegirangan setengah mati  ketika mejaku bolak balik didatengin customer. Ada yang udah pergi, balik lagi.. ada yang langsung ngeborong sampe 2 kresek..ada juga yang Tanya-tanya aja , eeh ternyata rupanya dari meja seberang yang pengen ngintip-ngintip mejaku..hehehe..  duileeh..apapu itu, pokoke seneng pisan deeh.. 

Display sederhana yang sehari sebelumnya aku bikin emang lumayan ngebantu sih buat menampilkan produk-produk supaya eye catching.  Tuuh liat deh fotonya.. aku bikin Cuma dari kardus bekas indomie yang aku bentuk seperti tangga dua tingkat terus dilapisi kertas kado, udah lumayan lah.. irittt.. hehehe..



Berdasarkan pengalaman pertama dan hasil comot info dari teman-teman crafter, maka rangkuman persiapan bazaar bisa aku terjemahkan disini yaa..

Persiapan beberapa hari sebelumnya :

·         Pertegas ukuran meja bazaar ke panitia, untuk mengira-ngira berapa banyak kain yang dibawa untuk menutupi meja

·         Siapkan uang kembalian

·         Siapkan plastic kresek

·         Siapkan kartu nama untuk disisipkan di plastic kresek. Oia, aku bikin kartu nama dengan cara ngeprint di warnet yang menyediakan jasa print dengan kertas glossy harganya 15ribu dapet kartu nama seukuran label nama sebanyak lebih dari 200 lembar. Gimana, irit kan?? 

·         Display juga jangan diabaikan yaa. Aku bikin dari kardus bekas indomie, judulnya irit 

·         Kalo ada catalog, banner, brosur boleh tuuh, kalo aku sih belum bikin, tapi aku arahkan mereka untuk mengunjungi online store aku

·         Paku payung, staplers, bon nota, pulpen, gunting, solatif, lem uhu buat jaga-jaga

·         kalau sempat, tinjau lokasi bazaar juga perlu deh, biar bisa diprediksi waktunya butuh berapa lama perjalanan ke lokasi, biar ga nyasar-nyasar salah tempat malah nanti 

 Persiapan Hari H :

Usahakan datang ke lokasi lebih awal, pengalamanku kemarin, kalo ga tau jalan tikus, bisa-bisa aku ga jadi ikutan deh, karena kejebak macet lantaran jalan sudirman thamrin di hari minggu pagi ditutup untuk car free day 

Senyum manis jangan lupa untuk tamu yang mengunjungi meja kita, sambut mereka dengan sapaan ramah. Jangan pernah kita asik dengan gadget ketika ada tamu yang datang ke meja kita ya, walaupun itu Cuma anak-anak.. terbukti banget deh dengan pelayanan yang ramah mereka akan jauh lebih nyaman berlama-lama di meja kita.

Yaah, ga ada gading yang ga retak, begitupun aku. Insya Allah, dengan persiapan lebih matang, untuk bazaar selanjutnya aku bisa nambah-nambah informasi untuk yang masih maju mundur ikutan bazaar..hehehe..

Salam inspirasi 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar